Cara Memperkecil di Mac

Daily web browsing berarti sesekali menemukan teks atau gambar yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk ditampilkan dengan benar. Jika halaman web tampak terlalu besar, masuk akal jika Anda ingin memperkecil tampilannya untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik. Tapi bagaimana Anda bisa melakukannya di Mac?

Artikel ini akan mencoba menjelaskan hal itu. Kami akan memberikan tips yang dapat ditindaklanjuti sehingga Anda dapat memperkecil konten apa pun di Mac Anda menggunakan keyboard, mouse, trackpad, atau browser. Tanpa basa-basi lagi, mari selami.

Cara Memperkecil di Mac Keyboard

Jika Anda ingin memperbesar jendela atau halaman web tertentu di Mac, Anda dapat menggunakan pintasan keyboard. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan “Opsi,” “Perintah” dan tombol plus atau minus. Berikut cara melakukannya.

Pertama, jika Anda ingin memperkecil seluruh layar, dan bukan hanya satu jendela, aktifkan fitur “Zoom Aksesibilitas”. Begini caranya.
Buka menu “Apple” dari kiri atas dan navigasikan ke “System Preferences.” Pilih “Aksesibilitas.” Di bilah samping “Zoom”, centang kotak “Gunakan pintasan keyboard untuk memperbesar”.
Jika kotak sudah dicentang, artinya fitur tersebut sudah diaktifkan.

Selanjutnya, gunakan pintasan keyboard:
Tekan “Command” plus “Option” plus  “-“ (tanda minus) untuk memperkecil. Tahan tombol “Command” atau terus tekan tanda minus sampai Anda memperkecil konten ke ukuran yang diinginkan.
Cara Memperkecil di Mac Dengan Mouse

Jika Anda menggunakan mouse dengan Mac, Anda cukup memperkecil dengan mengaktifkan fitur zoom layar.
Arahkan ke “System Preferences” dan lanjutkan ke “Aksesibilitas.” Buka bagian “Zoom” dari bilah sisi. Pastikan kotak “Gunakan gerakan gulir dengan tombol pengubah untuk memperbesar” dicentang. Pilih tombol pengubah yang diinginkan dari menu tarik-turun (“Kontrol,” “Perintah ,” atau “Opsi”)
Anda juga dapat menggunakan gerakan gulir di trackpad untuk memperkecil tampilan di Mac.

H cara Memperkecil di Mac Dengan Trackpad

Memperbesar dan memperkecil trackpad adalah salah satu cara paling mudah untuk menyesuaikan konten di layar sesuai kebutuhan Anda. Untuk menggunakan opsi zoom dengan trackpad Anda, Anda harus mengaktifkan dukungan gerakan di “Pengaturan” terlebih dahulu. Berikut cara melakukannya.
Navigasi ke “System Preferences,” lalu “Trackpad.”Buka tab “Scroll and Zoom”. Centang kotak “Smart zoom”.
Setelah mengaktifkan fitur ini, Anda dapat memperbesar gambar dengan meletakkan dua jari di trackpad Anda dan menyatukannya. Perkecil dengan mendorong jari terpisah.

Cara Memperkecil Mac di Chrome

Apakah Anda menggunakan Chrome di perangkat Mac dan ingin tahu cara memperkecil di situs web tertentu? Cukup ikuti petunjuk yang sesuai dengan tindakan yang ingin Anda selesaikan di bawah.

Perkecil Halaman Saat Ini

Ikuti langkah-langkah ini jika Anda ingin memperkecil halaman web Anda saat ini di Chrome.
Buka aplikasi Chrome di Mac Anda.Klik pada tiga titik vertikal di kanan atas jendela Chrome. Temukan opsi “Zoom” dan pilih perintah yang Anda inginkan. Anda dapat mengecilkan semua yang ada di layar dengan mengeklik “Perkecil” atau tanda “-”.
Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard untuk memperkecil konten Chrome di Mac. Cukup tekan tombol “Command” dan tanda “-”. Terus tekan tanda minus hingga Anda mencapai tampilan yang diinginkan.

Perbesar Tingkat Zoom Situs Web Tertentu

Anda dapat mengubah tingkat pembesaran situs web tertentu di Chrome. Berikut cara melakukannya.
Luncurkan aplikasi Chrome. Pilih “Lainnya” di kanan atas dan navigasikan ke “Pengaturan.” Arahkan ke “Privasi dan keamanan”, lalu “Pengaturan Situs”, lalu “Tingkat zoom”. Klik ” X” untuk menghapus pengubahan ukuran dari situs web tertentu.
Setel Font atau Ukuran Halaman untuk Semua Halaman Web

Jika Anda ingin mengubah ukuran semua halaman web yang Anda kunjungi, termasuk gambar, font, dan video, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Buka Chrome dan arahkan ke menu “Lainnya”. Buka “Pengaturan,” lalu “Tampilan.” Untuk mengubah semuanya, klik panah bawah di sebelah “Perbesar halaman” dan pilih opsi yang Anda suka. Untuk mengubah ukuran font, klik tombol panah bawah di sebelah “Ukuran font” dan pilih ukuran font yang Anda inginkan.
Cara Memperkecil Mac di Safari

Safari OS memungkinkan Anda untuk memperbesar halaman Anda dengan beberapa trik sederhana.

Gunakan Keyboard

Cara termudah untuk memperkecil di Safari adalah dengan menggunakan pintasan keyboard. Untuk memperkecil, cukup tahan tombol “Command” dan tanda “-“ (minus). Tekan tanda minus sebanyak yang diperlukan.

Anda juga dapat menambahkan tombol zoom ke toolbar Safari. Berikut cara melakukannya:
Klik kanan pada ruang kosong di bilah alat Safari Anda. Pilih “Kustomisasi Bilah Alat.” Klik tombol “Zoom” dan seret ke permukaan bilah alat. Tekan “Selesai” untuk menyelesaikan.
Anda juga dapat memperbesar keluar dari halaman dengan membiarkan gambar berukuran sama. Untuk melakukannya, tekan “Option,” + “Command,” + “-” untuk memperkecil.

Zoom Seluruh Layar

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperkecil seluruh layar di Safari.
Buka Safari dan arahkan ke “Safari” di kiri atas -tangan layar.Buka “Preferensi,” lalu “Situs Web,” lalu “Zoom Halaman.” Tandai semua situs web dari “Situs Web yang Dikonfigurasi” dan pilih “Hapus.” Arahkan ke menu “Saat mengunjungi situs web lain” dan pilih persentase yang diinginkan.
Perbesar Konten untuk Situs Web Tertentu
Buka Safari di Mac Anda.Buka “Safari” di kiri atas dan navigasikan ke “Pengaturan untuk Situs Web Ini.”Buka “Lihat,” lalu “Zoom.” Aplikasi akan mengingat tingkat zoom Anda saat berikutnya Anda mengunjungi kembali situs web itu.
Buat Teks Lebih Besar untuk Situs Web Tertentu
Luncurkan halaman web di Mac Anda.Klik “Lihat” di kiri atas layar dan tekan tombol “Opsi” pada Anda keyboard. Pilih opsi “Buat Teks Lebih Besar” dari menu tarik-turun. Safari akan mengingat ukuran teks pilihan Anda untuk situs web itu saat Anda kembali lagi.
A Melihat Permukaan Menurut You

Mac dikenal sebagai perangkat yang sangat mudah beradaptasi. Berkat berbagai pintasan dan alat bawaan, Anda dapat memperkecil hampir semua konten di layar Anda dengan mudah. Baik itu halaman web sederhana atau seluruh layar, Anda dapat mengelola pengaturan zoom sesuka Anda.

Semoga artikel ini membantu Anda melakukan hal itu. Anda telah belajar memperkecil tampilan di Mac menggunakan mouse, trackpad, keyboard, atau browser favorit Anda.

Metode mana yang paling cocok untuk Anda? Bagikan pemikiran Anda di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: