Cara Memulihkan File Excel yang Belum Disimpan

Excel dianggap sebagai standar emas program spreadsheet. Ini adalah salah satu alat Microsoft paling populer yang digunakan oleh perusahaan dan individu untuk menyimpan dan memproses data penting. Itulah mengapa kehilangan entri berharga ini secara tidak terduga dapat membuat stres.

File Excel dapat tidak disimpan karena beberapa alasan. Seringkali, ini adalah kesalahan sederhana dengan menutup file secara tidak sengaja tanpa menyimpan perubahan. Di lain waktu, ini bisa berupa crash Excel yang tiba-tiba, baterai laptop Anda habis, atau masalah serupa.

Untungnya, tidak satu pun dari ini yang mewakili skenario malapetaka, dan ada cara untuk memulihkan file Excel yang belum disimpan dengan beberapa langkah mudah.

Cara Memulihkan File Excel yang Tidak Tersimpan di Windows 10 PC

Excel adalah bawaan dari Windows 10 karena keduanya dibuat oleh Microsoft. Jadi, ini biasanya alat analisis data masuk di antara pengguna Windows. Ini dikenal sangat andal, jadi tidak mengherankan bahwa beberapa orang lupa untuk menyimpan file saat mereka sedang mengerjakannya.

Meskipun ini bukan ide terbaik, beberapa pengguna bekerja di spreadsheet Excel tanpa pernah menyimpan file sampai mereka dilakukan untuk hari itu. Tetapi secara tidak sengaja mengklik “Jangan Simpan” saat menutup file atau mengalami pemadaman listrik tiba-tiba dapat berarti semua pekerjaan itu hilang. Atau apakah itu?

Masuk ke mode panik adalah hal yang wajar, tetapi Microsoft memiliki fitur untuk mengurangi bencana tersebut. Semua program Microsoft, termasuk Excel, memiliki sistem pemulihan bawaan yang memungkinkan pengguna untuk mengambil file yang belum disimpan dan terus mengerjakannya. Begini cara kerjanya:
Buat buku kerja Excel baru dan pilih opsi “File” dari bilah alat. Dari panel sisi kiri, pilih “Buka” diikuti oleh “Terkini.” Temukan tombol “Pulihkan Buku Kerja yang Belum Disimpan” di bagian bawah dan klik di atasnya. Sebuah kotak dialog akan muncul. Cari melalui Buku Kerja yang belum disimpan untuk menemukan yang Anda butuhkan. Setelah Anda memiliki file kembali, simpan menggunakan fungsi “Simpan Sebagai” di Excel.
Namun, ada cara lain untuk mencapai hasil yang sama di Windows. Program Microsoft seperti Excel menyimpan salinan file yang belum disimpan di lokasi tertentu secara default:

“C:Users[YourSystemName]AppDataLocalMicrosoftOfficeUnsavedFiles”

Anda dapat mencari folder ini secara langsung dan membuka salinan file yang belum disimpan. file di browser. Juga akan ada opsi “Simpan Sebagai” di bilah notifikasi browser, yang dapat Anda gunakan.

Menggunakan Riwayat File untuk Memulihkan File Excel

Untuk pengguna Windows 10, ada rute lain untuk memulihkan file Excel yang belum disimpan. Windows 10 memiliki fasilitas sistem asli yang disebut File History, dan cukup mudah digunakan. Begini cara kerjanya:
Di bilah pencarian Windows 10, masukkan “pulihkan file”. Klik “Pulihkan file Anda dengan Riwayat File.” Temukan file Excel yang belum disimpan dan klik “Pulihkan ke” untuk menyimpannya ke lokasi tertentu.
Penting: Agar metode ini berfungsi, Anda harus menginstal drive Windows yang benar. Pastikan Anda melakukannya sebelum mengandalkan Riwayat File untuk memulihkan file di Windows 10.

Cara Memulihkan File Excel yang Tidak Tersimpan di Mac

Pengguna Mac juga dapat memanfaatkan Excel, karena ada versi Microsoft Office yang ditulis khusus untuk macOS.

If Anda perlu memulihkan file Excel yang belum disimpan sebelumnya, ada dua cara untuk melakukannya di Mac Anda. Opsi pertama adalah menggunakan alat pemulihan bawaan di dalam Excel:
Mulai buku kerja Excel baru dan navigasikan ke opsi “File” pada bilah alat. Pilih “Buka” dari panel sisi kiri lalu pilih “Terbaru”. bagian bawah, temukan dan klik opsi “Pulihkan Buku Kerja yang Tidak Disimpan”. Ketika kotak dialog baru muncul, temukan file Excel yang hilang. Klik opsi “Simpan Sebagai” untuk menyimpan file Excel secara permanen.
Berita baiknya adalah bahwa pengguna Mac memiliki opsi lain untuk memulihkan file Excel yang belum disimpan atau file lainnya.

Metode ini mengharuskan Anda menggunakan Terminal, sistem baris perintah di macOS. Ini adalah proses yang relatif sederhana dan memerlukan langkah-langkah berikut:
Pada komputer Mac Anda, buka “Aplikasi” dan kemudian klik “Utilitas.” Sekarang, klik aplikasi “Terminal”. Masukkan perintah “buka $TMPDIR”, yang akan buka folder dengan file sementara. Pilih folder “TemporaryItems”, pilih file Excel yang belum disimpan dan pilih “Pulihkan.”
Anda mungkin mengalami masalah tidak yakin file mana yang Anda cari karena file tersebut tidak disebutkan namanya . Memeriksa tanggal pembuatan adalah cara termudah dan tercepat untuk menemukan file Excel. Selain itu, pastikan untuk menyimpan file Excel di folder yang berbeda.

Cara Memulihkan File Excel yang Tidak Tersimpan di Office 365

Beberapa pengguna Excel senang bekerja dengan versi Excel lokal, tetapi yang lain memilih versi Office 365 berbasis cloud. untuk memulihkan file Excel yang belum disimpan, program spreadsheet bergaya langganan ini bekerja sama seperti Microsoft Office 2019. Jadi, jika Anda berurusan dengan kehilangan file Excel yang belum disimpan, berikut cara mendapatkannya kembali:
Buka Excel, mulai Workbook baru, dan lalu buka tab “File”. Pilih “Open” diikuti oleh “Recent.” Klik pada “Recover Unsaved Workbooks” di bagian paling bawah jendela. Temukan file yang belum disimpan di kotak dialog dan pastikan untuk menyimpannya di lokasi baru.
Memahami Fitur Simpan Otomatis di Office 365

Karena Office 365 berbasis cloud, pengguna dapat menyimpan file mereka di OneDrive, layanan penyimpanan berbasis cloud yang disertakan dengan langganan. Salah satu bagian terbaik dari paket ini adalah fitur AutoSave yang tersedia untuk World, PowerPoint, dan Excel.

Dengan memanfaatkan AutoSave, Anda tidak perlu khawatir tentang file yang belum disimpan, dan semua yang Anda kerjakan secara otomatis disimpan di OneDrive. Namun, Anda perlu memastikan bahwa Anda masuk ke akun Office 365 Anda untuk memastikannya berfungsi. Inilah yang Anda lakukan sejak saat itu:
Buka Buku Kerja Excel baru dan pindahkan tombol “Simpan Otomatis” di sudut kiri atas dari “Nonaktif” ke “Aktif.” Anda akan diminta untuk menyimpan file di OneDrive. Beri nama file dan klik “Simpan.” Jika Anda perlu memeriksa versi sebelumnya dari file Excel tertentu, ketuk nama file di bagian atas jendela dan pilih “Riwayat Versi.” Di sisi kanan jendela, Anda ‘ll melihat semua versi file, bersama dengan siapa yang mengubahnya dan kapan.
Jadi, Office 365 tidak hanya membantu Anda menyimpan data tetapi juga memberikan gambaran umum yang jelas tentang setiap versi file dan modifikasinya. Namun, fitur Simpan Otomatis hanya akan berfungsi jika Anda menyimpan file Excel di OneDrive.

Cara Memulihkan File Excel yang Tidak Tersimpan Setelah Memulai Ulang atau Crash

Menemukan salinan file Excel yang belum disimpan relatif mudah, karena program membuat cadangan yang berguna. Tapi apa yang terjadi jika Anda telah menyimpan file tetapi kemudian komputer Anda mogok?

Banyak hal yang bisa salah, seperti pembekuan Excel atau komputer Anda restart tiba-tiba. Entah bagaimana ini sepertinya selalu terjadi pada waktu yang paling buruk.

Untungnya, Microsoft Office memiliki protokol pemulihan untuk situasi seperti itu. Saat komputer Anda kembali aktif, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka Excel dan atau buku kerja Excel apa pun di komputer Anda. Saat terbuka, Anda akan melihat panel “Pemulihan Dokumen” di sisi kiri. Temukan versi terbaru dokumen dengan memeriksa stempel waktu. Simpan file Excel dengan nama baru.
Tingkat kehilangan data – seberapa banyak file yang telah disimpan – akan bergantung pada pengaturan AutoRecover. Anda dapat memilih interval waktu fitur AutoRecover dengan melakukan hal berikut:
Buka Workbook Excel dan pergi ke “File.” Pilih “Options” dan kemudian pilih “Save” dari kotak dialog. Centang “Simpan informasi AutoRecover setiap X menit kotak. Masukkan jumlah menit yang Anda inginkan antara penyimpanan otomatis sebagai ganti “X.” Centang kotak “Simpan versi AutoRecovered terakhir jika saya menutup tanpa menyimpan”.
Mengambil langkah pencegahan ini akan memastikan bahwa Anda akan kehilangan paling sedikit data bahkan jika terjadi crash atau restart.

Mendapatkan Kembali Buku Kerja Excel Anda

Bekerja dengan data di Excel biasanya membutuhkan banyak konsentrasi dan perhatian terhadap detail. Namun terlepas dari banyaknya fitur berguna dalam program yang mencegahnya, kehilangan data terkadang terjadi. Namun, tidak semua perlu hilang karena Microsoft telah memastikan Anda dapat menemukan file Excel yang belum disimpan dengan beberapa langkah cepat.

Tombol “Pulihkan Buku Kerja yang Tidak Tersimpan” adalah penyelamat dan dapat menyelamatkan Anda dari begitu banyak pekerjaan berulang. Namun, jika Anda berlangganan Office 365, tombol SimpanOtomatis memastikan bahwa setiap kata dan angka yang dimasukkan disimpan meskipun komputer mogok.

Selain itu, pastikan untuk menyetel penyesuaian yang benar terkait fitur PemulihanOtomatis, seperti yang dapat dilakukan meminimalkan kehilangan data. Terakhir, pengguna Mac dan Windows 10 memiliki opsi alternatif untuk pemulihan file yang juga dapat mereka coba.

Pernahkah Anda kehilangan file Excel yang belum disimpan sebelumnya? Apakah Anda bisa mendapatkannya kembali? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: