Cara Memulihkan Foto yang Dihapus di Android

Jarang ada perasaan yang lebih buruk daripada membuka aplikasi Galeri Anda hanya untuk menemukan bahwa foto berharga yang Anda pegang hilang. Apakah Anda tidak sengaja menghapusnya atau sesuatu terjadi dengan ponsel Anda dan foto Anda hilang, Android memberi kami beberapa cara untuk menyimpan dan memulihkan foto.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara memulihkan foto yang dihapus. Sayangnya, ada kalanya foto Anda hilang selamanya, tetapi waktu itu sebenarnya cukup langka.
Periksa Folder Sampah Anda

Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah memeriksa folder Sampah Anda. Saat Anda menghapus foto dari galeri ponsel, foto tersebut akan disimpan di folder sampah selama 30 hari. Jadi, dengan asumsi bahwa Anda baru-baru ini membuang gambar tersebut, gambar itu seharusnya ada di sana.

Berikut cara mengakses folder sampah Anda:
Buka aplikasi Galeri di ponsel Anda dan ketuk ‘Gambar’ lalu ketuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas. Pilih ‘Sampah.’ Foto Anda yang hilang akan muncul di folder ini. Jika ya, Anda dapat memulihkannya dengan mudah dengan mengetuk ikon pulihkan di sudut kiri bawah.
Jika foto Anda tidak ada di folder ini, jangan khawatir, kami akan membantu Anda terus mencari.
Periksa Google Foto

Google Foto adalah aplikasi penyimpanan foto yang dimuat sebelumnya di ponsel Anda. Saat Anda masuk ke akun Gmail di ponsel, Anda juga masuk ke Google Suite (aplikasi Google asli ponsel Anda). Ini berarti ada kemungkinan besar bahwa foto Anda disimpan di aplikasi Foto Google.

Untuk sebagian besar, Foto Google hanya akan mengunggah gambar ke drive saat ponsel Anda terhubung, terhubung ke wifi, dan aplikasi terbuka. Jadi, jika Anda ingin menggunakan ini sebagai opsi cadangan, pastikan untuk secara berkala memastikan bahwa persyaratan tersebut terpenuhi.

Namun, kami kemungkinan akan menemukan foto Anda yang dihapus di aplikasi ini. Berikut cara memeriksanya:

Buka aplikasi Google Foto di ponsel Anda. Pastikan untuk masuk ke akun Gmail Anda menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang sama dengan yang digunakan untuk menyimpan foto Anda. Ini sangat penting jika Anda telah melakukan reset pabrik pada perangkat Anda. Jika Anda membuat akun Gmail baru, foto lama Anda tidak akan muncul di aplikasi.

Dengan asumsi Anda masuk ke akun yang benar, foto yang dihapus akan muncul di aplikasi. Seperti yang Anda lihat di sini, kami telah berhasil menemukan foto kami yang dihapus:

Meskipun Anda mungkin harus menggulir sedikit, Google Foto membuatnya relatif mudah untuk mempersempit pencarian Anda. Katakanlah Anda tidak sengaja menghapus foto dari liburan Anda. Ambil tab tarik di sisi kanan dan gulir cepat ke tanggal tersebut. Dengan asumsi Anda telah menemukan gambar yang hilang, Anda akan ingin memulihkannya kembali ke galeri ponsel Anda.

Berikut cara memulihkan Foto Google dan menyimpannya di galeri ponsel Anda:

Buka Foto Google dan ketuk gambar yang Anda inginkan pulih. Kemudian, ketuk tiga titik di sudut kanan atas. Jika Anda ingin membagikannya dengan aplikasi lain, ketuk ikon bagikan di bagian bawah.

Sekarang, ketuk opsi ‘Unduh’ di menu yang muncul. Jika opsi pengunduhan tidak muncul, mungkin ada tulisan seperti ‘Hapus dari perangkat’. Ini berarti Google Foto masih mendeteksi foto itu di galeri ponsel Anda.

Semoga foto Anda sekarang sudah pulih, dan Anda siap melakukannya . Tetapi, jika Anda masih belum menemukan gambar yang sulit dipahami, ada beberapa hal lagi untuk dicoba. Jangan lupa untuk memeriksa Google Drive juga; terkadang foto disimpan di sana.
Periksa Cloud

Sebagian besar produsen ponsel memiliki semacam cadangan cloud terpisah yang dapat menyimpan foto, video, teks, file, dll. LG memiliki cadangan LG, Samsung memiliki Samsung Cloud. Jadi mari kita periksa cloud pabrikan untuk gambar yang hilang.

Pertama, buka Pengaturan di perangkat Anda (ini akan berfungsi terlepas dari layanan cloud yang kami cari) dan ketik ‘Cloud’ ke bilah pencarian.

Dari daftar pilihan yang muncul, pilih layanan penyimpanan yang paling dekat hubungannya. Dalam hal ini, Samsung Cloud.

Now, Anda harus masuk jika belum. Dalam kasus kami, informasi login berbeda dari Akun Google kami karena Samsung Cloud sepenuhnya terpisah dari Google Suite.

Jika Anda menggunakan perangkat Galaxy, cukup klik Galeri. Namun, opsi ini bervariasi tergantung pada pabrikan ponsel Anda, jadi pilih ‘Foto’ atau opsi mana pun yang diberikannya kepada Anda.

Jika foto Anda yang hilang ada di sini, Anda dapat memulihkannya. Cukup ketuk ‘Unduh.’

Salah satu masalah yang lebih umum dengan metode ini adalah mengingat informasi login Anda. Setiap pabrikan meminta Anda untuk membuat akun saat pertama kali menyiapkan ponsel. Ini bisa menjadi masalah jika Anda tidak memperhatikan atau Anda sudah lama menggunakan telepon.

Saran terbaik kami; cari akun email Anda untuk ‘LG,’ ‘Samsung,’ ‘HTC,’ atau pabrikan apa pun yang Anda gunakan. Ketika Anda mendaftar untuk layanan ini, Anda mendapatkan email konfirmasi. Itu akan membantu mempersempit nama pengguna Anda. Kemudian, Anda cukup mengatur ulang kata sandi Anda.

Pada titik ini, kami sangat berharap Anda telah menemukan dan memulihkan foto Anda yang hilang. Tapi kami belum selesai jika Anda belum melakukannya. Mari terus jelajahi beberapa metode yang telah kami gunakan di masa lalu untuk memulihkan gambar yang hilang.
Periksa ‘File Saya’ dan Kartu SD Anda

Satu hal yang kami sukai dari Android adalah kemampuan untuk menyesuaikan; kebanyakan model akan mengambil kartu penyimpanan eksternal untuk lebih banyak ruang. Jika Anda memilikinya, mudah-mudahan, foto Anda yang dihapus ada di sana. Tapi, bagaimana cara memeriksanya?

Mulailah dengan mencari folder ‘File Saya’ di laci aplikasi Anda jika Anda belum tahu di mana letaknya. Setelah terbuka, Anda akan melihat beberapa folder. Ketuk opsi ‘Kartu SD’ (pada tangkapan layar di bawah, itu hanya mengatakan tidak ada kartu yang dimasukkan, jadi kami tahu opsi penyimpanan eksternal adalah cucian). Jika ada Kartu SD yang dimasukkan, ketuk file dan temukan foto Anda.

Jika gambar Anda muncul di sini, cukup ketuk ikon ‘Bagikan’ atau ‘Unduh’ untuk mengembalikan foto ke galeri ponsel Anda.

Dengan asumsi Anda tidak memiliki SD Card, ada folder lain di sini untuk diperiksa, dan itu folder ‘Gambar’. Saat Anda mengetuk folder ini, Anda akan melihat semua album foto Anda. Mirip dengan petunjuk di atas untuk memulihkan foto Anda dari sampah, ketuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas dan ketuk ‘Sampah’. Jika muncul di sini, cukup pulihkan seperti yang kami lakukan di atas.
Periksa Google Play

Jadi ini orang mungkin tampak sedikit aneh, tapi percayalah, itu berhasil di masa lalu. Jika Anda masih bersama kami, itu berarti Anda belum memulihkan foto Anda, jadi ada hal lain untuk dicoba.

Kami akan mencari aplikasi pihak ketiga yang menyimpan foto dan yang telah Anda unduh sebelumnya. Buka Google Play Store di ponsel Anda dan ketuk tiga garis horizontal di sudut kanan atas. Di sub-menu yang muncul, ketuk ‘Aplikasi & Game Saya.’

Selanjutnya, ketuk ‘Perpustakaan’ dan mulai menggulir. Dalam pencarian kami, kami menemukan beberapa aplikasi galeri, Shutterfly, aplikasi stempel waktu foto, Dropbox, dan bahkan Instagram. Semua ini memiliki opsi untuk menyimpan foto. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduhnya, masuk, dan memeriksa gambar Anda yang hilang.

Jika menurut Anda metode ini membosankan, memang demikian. Tetapi, jika itu satu-satunya cara untuk memulihkan foto anjing masa kecil Anda, maka itu pasti patut dicoba. Tentu saja, setelah Anda memulihkan aplikasi foto, Anda harus masuk. Lakukan pencarian cepat melalui akun email Anda untuk email konfirmasi dengan mengetikkan nama aplikasi untuk mempersempit nama pengguna.

Layanan Pemulihan Pihak Ketiga

Jika Anda pernah mencari ‘Cara memulihkan foto yang dihapus di Android’, Anda pasti telah melihat banyak iklan untuk layanan pihak ketiga yang menjanjikan untuk memulihkan foto Anda. Kami tidak akan terlalu banyak meninjau layanan ini di sini karena ini benar-benar situasi “pembeli berhati-hatilah”.

Kami telah menguji berbagai alat pemulihan data dan memiliki artikel untuk pengguna Mac dan Windows di sini. Namun, beberapa alat ini juga akan berfungsi untuk perangkat Android. Namun, ada banyak situs web yang menjanjikan untuk mengambil foto Anda yang hilang tetapi tidak benar-benar berfungsi. Jadi, metode ini jelas merupakan situasi ‘pembeli berhati-hatilah’.

Jika gambar benar-benar hilang, maka tidak ada cara untuk memulihkannya. Tidak peduli apa yang Anda janjikan. Jadi, perlu diingat jika kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang demikian.

Final Thoughts

Mudah-mudahan, Anda telah memulihkan gambar yang hilang sekarang. Tapi, ambil dari ahlinya; terkadang, Anda harus benar-benar kreatif untuk memulihkan file yang terhapus.

Apakah Anda berhasil memulihkan foto yang terhapus menggunakan metode lain? Beri tahu kami di komentar di bawah!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: