Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Dihapus

Tautan Perangkat
AndroidiPhonePerangkat Hilang?
Selama beberapa tahun terakhir, WhatsApp telah memantapkan dirinya sebagai platform media sosial yang digunakan untuk membantu orang terhubung dengan teman dan keluarga. Salah satu fitur yang membuat pengguna menyukai platform ini adalah kemampuan untuk mengirim atau menerima pesan dalam jumlah tak terbatas yang tidak terhapus otomatis, seperti yang terjadi pada beberapa platform media sosial lainnya.

Namun, WhatsApp memungkinkan Anda untuk menghapus pesan yang tidak Anda hapus. tidak ingin menyimpan. Ini berarti ada kemungkinan menghapus sesuatu secara tidak sengaja. Anda mungkin juga kehilangan pesan Anda secara tidak sengaja, misalnya, saat beralih ke perangkat baru atau bahkan saat menyetel ulang perangkat Anda.

Tetapi apakah itu berarti Anda kehilangan pesan itu selamanya? Jawabannya adalah tidak. Jika Anda tidak sengaja menghapus pesan dari akun WhatsApp Anda, masih ada kesempatan untuk memulihkannya. pesan. Ini bisa berupa teks lucu dari seorang teman, informasi kontak yang dibagikan dengan Anda oleh seorang kolega, atau bahkan pertukaran yang dapat Anda tunjukkan sebagai bukti di pengadilan.

Meskipun WhatsApp tidak menyediakan alat bawaan langsung untuk membantu Anda mengambil pesan yang dihapus, Anda masih dapat memulihkannya dengan beberapa cara. Namun, metode pemulihan umumnya bergantung pada jenis perangkat yang Anda gunakan. Misalnya, apa yang berfungsi untuk perangkat Android mungkin tidak berfungsi untuk iPhones.

Pertama, mari selami dan lihat cara memulihkan pesan WhatsApp lama Anda di perangkat Android.

Memulihkan Pesan yang Dihapus WhatsApp Android

Perangkat Android sering dipuji karena harganya yang terjangkau, layar besar, buka -program sumber (yang membuatnya sangat dapat disesuaikan), dan pilihan aplikasi yang luar biasa di Google Play Store. Tidak heran jika sebagian besar perangkat Android saat ini sepenuhnya kompatibel dengan WhatsApp.

Tetapi seperti halnya perangkat lain, Anda dapat kehilangan data WhatsApp dalam hitungan detik. Ini dapat terjadi jika Anda menekan tombol “hapus” secara tidak sengaja, atau jika Anda beralih ke perangkat baru.

Untungnya, WhatsApp dilengkapi dengan solusi pencadangan berbasis cloud yang dapat menyelamatkan hari jika Anda kehilangan pesan dan ingin mengambilnya kembali. Tapi bagaimana cara kerjanya?

Setelah Anda mengaktifkan pencadangan di bagian pengaturan akun WhatsApp Anda, aplikasi mulai menyimpan salinan semua pesan Anda di server WhatsApp secara berkala. Di awal setiap siklus, aplikasi akan memeriksa untuk melihat apakah ada duplikat dari setiap pesan di servernya. Jika tidak, duplikat segera dibuat. Aplikasi ini juga menyimpan foto atau video baru secara otomatis.

Oleh karena itu, cadangan Anda harus menjadi tempat pertama yang Anda lihat saat Anda menghapus pesan secara tidak sengaja.

Berikut cara memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus di perangkat Android saat Anda mencadangkan data:
Delete WhatsApp dari perangkat Anda. Unduh salinan baru WhatsApp dari Google Play dan instal di perangkat Anda. Setelah penginstalan, buka aplikasi dan masukkan detail Anda, termasuk nama dan nomor Anda. Selama penginstalan, sebuah prompt akan muncul di layar Anda menanyakan apakah Anda ingin “Memulihkan” obrolan Anda dari Google Drive Anda. Ketuk “Pulihkan” untuk memulai proses pemulihan. Setelah data Anda berhasil dipulihkan, ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan instalasi.
Setelah mengambil langkah-langkah ini, semua pesan dan media lama Anda sekarang akan tersedia di obrolan Anda.

Pulihkan Pesan yang Dihapus WhatsApp di iPhone

Seperti Android, aplikasi WhatsApp untuk iPhone mendukung pencadangan ke cloud secara berkala. Selama pencadangan Anda diaktifkan, WhatsApp akan menyimpan salinan semua pesan Anda di iCloud Drive. Anda bahkan dapat melihat kapan pencadangan terakhir dilakukan dengan membuka bagian pengaturan akun Anda.

Memulihkan pesan yang dihapus dari iCloud sangatlah mudah:
Hapus instalan WhatsApp dari perangkat Anda. Kunjungi App Store dan unduh salinan baru WhatsApp. Setelah mengunduh aplikasi dengan sukses , instal di perangkat Anda.Ikuti petunjuk di layar untuk memulihkan semua pesan yang dihapus.
Dan dengan itu, semua pesan yang dihapus akan ditampilkan di obrolan Anda.

Namun, penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki cukup ruang di penyimpanan lokal Anda sebelum proses pemulihan dimulai. Sebagai aturan praktis, penyimpanan lokal yang tersedia harus dua kali lebih besar dari ukuran cadangan Anda. Misalnya, jika cadangan Anda adalah 1GB, harus ada setidaknya 2GB ruang penyimpanan gratis di perangkat Anda.

Cara Memulihkan Pesan WhatsApp yang Dihapus Tanpa Cadangan

Meskipun pemulihan data dari cadangan WhatsApp Anda cepat dan nyaman, Anda mungkin lupa untuk mengaktifkannya saat mengatur akun Anda.

Kabar baiknya adalah Anda masih dapat memulihkan pesan dan media yang hilang berkat pencadangan lokal perangkat Anda atau perangkat lunak pihak ketiga.

Mari kita lihat bagaimana hal ini dilakukan saat Anda menjalankan WhatsApp di Android.

Perangkat Android

Terlepas dari cloud -cadangan berbasis, semua perangkat Android dilengkapi dengan Pencadangan Lokal Android, sistem pencadangan otomatis yang menyimpan hingga 25MB data per app.

Pencadangan Lokal Android adalah layanan pencadangan data default untuk banyak perangkat Android. Ini biasanya disertakan di hampir setiap handset baru yang dilengkapi dengan Layanan Seluler Google (kumpulan aplikasi Google yang membantu mendukung fungsionalitas di seluruh perangkat).

Bahkan jika Anda belum mengaktifkan pencadangan cloud di akun WhatsApp, Anda masih dapat memulihkan data yang tersimpan di cadangan lokal perangkat Anda. Berikut cara melakukannya:
Buka Pengelola File perangkat Anda dan ketuk “WhatsApp.” Ketuk folder “Database”. Cari file bernama “msgstore.db.crypt12.” dan ubah namanya menjadi “msgstore_BACKUP.db.crypt12”. Setelah itu, cari file yang bernama “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12” dan rename menjadi “msgstore.db.crypt12”. titik, hapus WhatsApp dari perangkat Anda dan kemudian unduh salinan baru dari Google Play store dan instal di perangkat Anda. Karena Anda tidak memiliki file yang dicadangkan di awan, Anda akan diminta untuk memulihkan obrolan Anda dari cadangan telepon lokal. Ketuk “Pulihkan” untuk memulai proses pemulihan.
Dan hanya itu. Sekarang Anda seharusnya dapat melihat sebagian besar pesan yang dihapus di obrolan Anda.

Kelemahan dari metode ini adalah Anda hanya dapat memulihkan pesan terbaru. Itu karena jumlah ruang cadangan yang tersedia untuk setiap aplikasi sangat terbatas.

iPhone

Jika Anda menjalankan WhatsApp di iOS dan pencadangan cloud tidak diaktifkan, Anda hanya dapat memulihkan pesan yang dihapus melalui alat pihak ketiga.

Meskipun ada beberapa opsi untuk dipilih , MiniTool Mobile Recovery for iOS menonjol karena tidak mengharuskan Anda untuk menghapus WhatsApp.

Berikut cara menggunakannya:
Unduh dan instal perangkat lunak di PC.Hubungkan ponsel Anda ke PC melalui kabel USB yang sesuai.Buka perangkat lunaknya saja diinstal pada PC Anda. Klik “Pindai.” Ini akan memulai pencarian menyeluruh melalui semua media sosial dan aplikasi komunikasi yang terpasang di iPhone Anda. Pada titik ini, pilih “WhatsApp” dari menu yang ditampilkan di sisi kiri layar Anda. Ini akan menunjukkan kepada Anda semua pesan, termasuk yang telah dihapus. Pilih pesan yang ingin Anda pulihkan, lalu tekan tombol “Pulihkan” di sudut kanan bawah.
Data WhatsApp yang Dihapus Tidak Hilang

WhatsApp adalah cara yang bagus untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga Anda, tetapi ada kalanya Anda tidak sengaja menghapus pesan. Jika ini terjadi, jangan panik. Ada beberapa cara untuk memulihkan pesan yang dihapus dan melihat atau membagikannya sesuka Anda.

Sudahkah Anda mencoba memulihkan pesan WhatsApp Anda melalui salah satu pendekatan dalam artikel ini? Bagaimana hasilnya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: