Cara Memulihkan Pesan yang Dihapus dari Instagram

Pernahkah Anda menghapus pesan langsung Instagram dan kemudian berharap tidak melakukannya? Nah, kabar baiknya adalah Anda dapat mengambil pesan-pesan ini. Tetapi sementara Instagram tidak membuat langkah-langkah untuk melakukan ini secara lahiriah, prosesnya relatif mudah.

Jika Anda mencari cara untuk memulihkan pesan Instagram yang dihapus, teruslah membaca. Dalam artikel ini, kami membahas beberapa cara untuk mengambil DM Anda yang cepat dan mudah diikuti.

Memulihkan Pesan yang Dihapus Instagram

Menggunakan Data Instagram

Apakah Anda lebih suka menjaga semuanya tetap rapi dan sering membersihkan kotak masuk Instagram Anda, atau Anda tidak sengaja menghapus DM Anda, Anda dapat di beberapa titik ingin mengambil mereka. Ada beberapa cara untuk melakukannya, yang pertama adalah dengan menggunakan Data Instagram.

Saat Anda menghapus pesan, pesan tersebut akan hilang dari perangkat iOS atau Android Anda tetapi tetap berada di server Instagram. Menggunakan Data Instagram, Anda dapat mengunduh informasi tersimpan ini yang mencakup video, foto, dan pesan. Dari data ini, Anda kemudian dapat mengekstrak pesan yang dihapus.

Sebelum memulai, penting untuk dicatat bahwa Anda harus mengikuti langkah-langkah ini di halaman web Instagram, karena aplikasi tidak mengizinkan proses ini. Mari kita mulai:
Buka browser internet Anda dan arahkan ke https://www.instagram.com/ dan masuk ke akun Anda. Klik ikon “Profil” yang terletak di sudut kanan atas layar. Dari sini, klik ikon Tombol “Edit Profil”. Pilih opsi “Privasi dan Keamanan” dari menu pop-up di sebelah kiri layar. Gulir menu dan cari “Unduhan Data.” Klik opsi di bawah tajuk ini yang disebut “Minta Unduhan.” Verifikasi identitas Anda dengan masuk ke akun Instagram Anda lagi dan masukkan kredensial Anda. Masukkan alamat email Anda. Instagram akan mengirimkan tautan yang membawa Anda ke file data yang Anda minta. Klik “Selanjutnya.” Masukkan kembali kata sandi Anda sebelum mengklik “Minta Unduhan”. Instagram sekarang akan mengirimkan data dalam email. Periksa email Anda untuk pesan dari Instagram. Itu harus memiliki subjek, “Data Instagram Anda.” Dalam pesan tersebut, klik tombol berlabel “Unduh Data.” Informasi tersebut kemudian akan diunduh sebagai file zip. Buka zip folder ini dan buka. Cari file bernama “messages.json” dan buka dengan editor teks (Anda dapat mengklik kanan dan memilih “Buka Dengan.”)
Semua pesan yang Anda kirim di Instagram akan tersedia di folder.

Penting untuk dicatat a beberapa hal dengan metode ini. Pertama, Instagram dapat memakan waktu hingga 48 jam untuk mengirimi Anda email yang berisi data Anda. Jika email tidak segera masuk ke kotak masuk Anda, jangan khawatir. Selain itu, tautan yang dikirimkan kepada Anda dalam email akan kedaluwarsa empat hari setelah Anda menerimanya. Jika Anda mengklik tautan setelah empat hari menerima email, itu tidak akan berfungsi, dan Anda harus mengulangi langkah-langkah di atas.

Menggunakan Facebook

Cara lain untuk mengambil pesan Anda adalah dengan menggunakan Facebook. Facebook mengakuisisi Instagram pada tahun 2012, dan sebagai hasilnya, banyak aplikasi di kedua platform tersebut terhubung. Ini berguna ketika Anda mencoba memulihkan pesan Instagram yang dihapus.

Namun, agar metode ini berfungsi, akun Instagram Anda harus ditautkan ke akun Facebook Anda. Anda akan tahu jika akun Anda ditautkan karena setiap kali Anda memposting di Instagram, Anda akan ditanya apakah Anda ingin membagikan postingan Anda ke Facebook.

Juga, Anda harus menggunakan browser web Anda untuk metode ini dan bukan aplikasi di iOS Anda atau perangkat Android.

Untuk memulai mengambil pesan Anda, berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:
Masuk ke akun Facebook Anda (ini harus akun yang ditautkan ke profil Instagram Anda.)Arahkan ke kotak masuk Facebook Anda. Ikon ini terlihat seperti gelembung ucapan dengan petir di dalamnya. Di panel kiri jendela akan ada opsi untuk “Instagram Direct.” (Ini juga dapat ditampilkan sebagai ikon saja. Ikon ini terlihat seperti pesawat kertas.) Klik pada opsi ini. Urutkan melalui pesan-pesan ini untuk menemukan DM yang Anda cari.
Opsi ini sangat baik untuk saat-saat ketika Anda sangat membutuhkan informasi dan tidak punya waktu untuk menunggu 48 jam seperti yang disyaratkan oleh langkah-langkah di atas untuk Data Instagram.

Perlu diingat bahwa dua akun media sosial Anda harus ditautkan terlebih dahulu sebelum mencoba opsi ini. Jika tidak, Anda tidak akan melihat opsi untuk “Instagram Direct” di langkah 3, dan Anda tidak akan dapat mengakses DM Anda.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir, Anda dapat memulihkan pesan Instagram yang dihapus menggunakan aplikasi pihak ketiga . Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari App Store (untuk pengguna iOS) atau Google Play Store (pengguna Android.)

Alat ini bekerja dengan mengakses file cache di perangkat iOS atau Android Anda untuk mengambil data dan pesan yang dihapus. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk memulihkan berbagai file, bukan hanya teks atau DM. Aplikasi ini relatif mudah digunakan dan dilengkapi dengan instruksi yang mudah diikuti yang membuatnya cepat dan mudah untuk mendapatkan kembali informasi Anda yang terhapus.

Jika Anda menggunakan iPhone, perangkat lunak yang populer untuk digunakan adalah U.Fone. Program ini juga dapat digunakan di Mac atau PC Windows Anda untuk memulihkan data yang hilang. Alat ini memungkinkan Anda untuk mengambil DM Instagram Anda yang hilang dan berbagai data lainnya juga, termasuk pesan teks, foto, video, data Whatsapp, riwayat panggilan, kontak, dan file audio.

Pengguna Android dapat menggunakan FoneLab atau perangkat lunak serupa. Fonelab memudahkan untuk memulihkan data yang terhapus seperti pesan, foto, video, file audio, kontak, bahkan data Whatsapp. Perangkat lunak ini cepat dan mudah dipasang dan memandu Anda melalui langkah-langkah yang harus diambil untuk mendapatkan kembali informasi Anda. FoneLab juga menawarkan perangkat lunak pemulihan iOS dan sejumlah opsi lain seperti pencadangan dan pemulihan data.

Meskipun menggunakan perangkat lunak seperti ini dapat membantu, selalu ada baiknya untuk memeriksa program yang akan Anda gunakan terlebih dahulu. Banyak opsi yang diiklankan adalah penipuan. Peretas menggunakan ini untuk mendapatkan akses ke informasi pribadi dan profil media sosial Anda. Alat Pemulihan Instagram Online sering menjadi bagian dari penipuan ini. Mengunduh perangkat lunak seperti yang disarankan di atas adalah pilihan yang jauh lebih aman.

Pesan Instagram Dipulihkan

Memulihkan pesan Instagram yang terhapus sangatlah mudah setelah Anda mengetahui caranya. Langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini akan membantu mengambil data Anda dengan cepat dan sederhana. Baik Anda memilih untuk menggunakan Data Instagram, Facebook, atau aplikasi pihak ketiga, mendapatkan kembali DM Anda yang terhapus tidak akan memakan waktu sama sekali.

Sudahkah Anda memulihkan pesan Instagram yang dihapus sebelumnya? Apakah Anda menggunakan proses yang serupa dengan yang ditunjukkan dalam panduan ini? Atau, apakah Anda menggunakan metode yang berbeda? Beri tahu kami tentang hal itu di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: