Cara Memutar Layar Laptop atau PC: Balikkan Layar Anda ke Sisinya

#gallery-1 { margin: otomatis; } #gallery-1 .gallery-item { float: kiri; margin-atas: 10px; perataan teks: tengah; lebar: 100%; } #gallery-1 img { batas: 2px solid #cfcfcf; } #gallery-1 .gallery-caption { margin-kiri: 0; } /* lihat gallery_shortcode() di wp-includes/media.php */ Gambar 1 dari 5

Sebagian besar aplikasi laptop atau PC bekerja dengan baik dalam mode lanskap. Namun terkadang, posisi layar dapat menghambat produktivitas Anda – terutama jika Anda ingin bekerja dengan informasi di jendela yang tinggi dan tipis.

Dalam situasi tersebut – dengan asumsi Anda memiliki monitor yang dapat Anda putar ke mode potret – mungkin ada baiknya Anda memutar jendela kerja Anda sekitar 180 derajat. Panduan singkat ini akan menjelaskan cara memiringkan desktop agar Anda tetap bekerja secara produktif.

Terkadang, membalik layar berguna untuk membantu karyawan mengingat untuk menguncinya saat mereka pergi. Apa pun alasannya – bahkan jika Anda adalah penerima lelucon kantor yang dilakukan oleh rekan kerja yang tidak baik – memutar layar 90° adalah tugas yang mudah, dan di sini kami telah membahas beberapa cara untuk melakukannya.

Cara Memutar Layar Laptop atau PC Menggunakan Keyboard

Jika Anda menjalankan Windows 7, 8, atau 10, Anda mungkin dapat dengan cepat memutar layar 90°, 180°, atau 270° kapan saja dengan menekan tiga tombol.
Cukup tahan Control + Alt dan kemudian pilih tombol panah ke arah mana Anda ingin layar laptop atau PC Anda menghadap. Monitor Anda kemudian akan kosong sebentar dan kembali dalam beberapa detik menghadap ke orientasi yang berbeda. Untuk mengembalikan ini kembali ke pengaturan awal, tekan Ctrl + Alt + panah atas.
Kombinasi keyboard ini akan memutar seluruh layar Anda dan semua aplikasi yang terbuka di dalamnya.

Fitur ini hanya tersedia pada perangkat yang mendukungnya, Anda dapat memeriksa Pengaturan Intel Graphics Anda untuk memeriksa apakah perangkat Anda melakukannya.

Cara Memeriksa Pengaturan Intel Graphics di Windows
Benar -klik di mana saja di Desktop Anda dan pilih Intel Graphics Settings.
2. Anda akan ingin memilih Opsi dan Dukungan.

3. Selanjutnya, pilih Hot Key Manager.

4. Anda mencari pintasan rotasi layar, jika tidak ada, maka perangkat Anda tidak mendukungnya.

Jika ini tidak berhasil, Anda harus menggunakan salah satu metode di bawah ini.
Cara Memutar Layar Laptop atau PC Melalui Panel Kontrol

Anda dapat mengakses panel kontrol untuk membalik layar Anda, tetapi berhati-hatilah, akan sangat sulit untuk mengubahnya kembali karena tidak hanya tampilannya yang akan dibalik tetapi juga gerakan mouse.
Cara lain untuk memutar layar Anda adalah dengan mengklik kanan desktop Windows dan pilih Pengaturan Tampilan dari menu tarik-turun yang muncul. Mengubah orientasi layar melalui Control Panel juga sama sederhananya. Tekan tombol Windows dan ketik “Resolusi Layar” lalu tekan Enter.
Atau, jika Anda menggunakan Windows 7, Anda dapat mengklik Mulai > Panel Kontrol > Tampilan > Resolusi Layar.

2. Dari sini pilih monitor yang ingin Anda putar dari kotak drop-down Display dan terakhir pilih Portrait atau Landscape di bidang Orientation.

3. Anda juga dapat mengakses pengaturan ini dengan menggunakan pintasan keyboard Win + I dan kemudian mengklik Sistem. Dari sini, Anda dapat memilih orientasi tampilan Anda.

Cara Memutar Layar Laptop atau PC Menggunakan Panel Kontrol Grafis dan Media Intel

Anda juga dapat memutar tampilan menggunakan panel kontrol kartu grafis Anda. (Perhatikan bahwa ada terlalu banyak rangkaian perangkat lunak yang berbeda untuk dicantumkan satu per satu, jadi perlakukan ini sebagai panduan umum.)
Pintasan ke panel kontrol grafis Anda dapat ditemukan di beberapa tempat. Mengklik kanan desktop dan memilih opsi yang sesuai akan memberi Anda akses ke panel kontrol kartu grafis Intel, Nvidia, atau AMD, tetapi driver grafis dan perangkat lunak sering menambahkan ikon ke baki sistem di sisi kanan bilah tugas Anda. Mengklik dua kali ikon ini, atau mengeklik kanan di atasnya, biasanya akan memberikan akses ke panel kontrol, dan juga sering kali berbagai opsi lainnya. Dengan mudah, beberapa juga mengizinkan Anda untuk mengklik kanan ikon masing-masing dan memilih rotasi layar dari menu tarik-turun. Setelah panel kontrol yang relevan terbuka, Anda harus membaca dengan teliti menu ‘tampilan’ atau ‘desktop’ untuk menemukan opsi rotasi untuk monitor Anda. Lokasi yang tepat bervariasi dari produsen ke produsen, jadi pencarian cepat akan segera menemukan opsi yang Anda butuhkan.
Mengunci Layar Anda

Anda dapat mengunci layar agar tidak berputar. Jika Anda telah menerima terlalu banyak lelucon kantor, atau Anda hanya ingin mencegah pengguna akhir baru secara tidak sengaja membalik layar mereka, cukup kunci rotasi layar.

Untuk melakukannya:
Klik Ikon Pusat Aksi.
Anda juga dapat mengklik tombol Windows + A untuk membuka Pusat Aksi.

2. Selanjutnya, klik Rotation lock.

Setelah Anda melakukan ini, langkah yang sama harus dilakukan untuk membuka fungsi rotasi layar.

Orientasi Layar Terjebak

Beberapa pengguna telah menyatakan bahwa layar mereka macet dalam satu orientasi. Tombol pintas tidak berfungsi untuk memperbaikinya dan sering kali pengguna bahkan tidak dapat memasukkan kata sandi mereka untuk mendapatkan akses ke PC mereka. Mari kita tinjau beberapa opsi jika layar Anda macet dalam satu orientasi dan metode di atas tidak bekerja untuk Anda.

Selain mematikan PC Anda (yang kemungkinan tidak akan berfungsi karena sistem Anda akan mengingat orientasi terakhirnya), Anda dapat mencoba mencabut kabel periferal Anda, tunggu beberapa menit, lalu sambungkan kembali. Hal ini dapat memaksa sistem untuk melakukan boot ulang dengan orientasi yang benar.
Jika rotasi layar tidak berfungsi, Anda dapat masuk ke Registri sistem menggunakan pintasan keyboard Win + R. Selanjutnya, ketik ‘regedit’ di kotak dan tekan Enter untuk membuka jendela baru. Dari sini, ikuti jalur: ‘HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/Microsoft/Windows/CurrentVersion/AutoRotation’.
4. Klik dua kali LastOrientation dan masukkan 0 di kotak nilai. Ini akan membantu Anda untuk mengatur ulang orientasi layar Anda. Proses ini sangat sulit untuk diikuti jika layar Anda terbalik atau bahkan menyamping. Jika tidak ada yang berhasil, putar monitor Anda secara fisik untuk mengikuti langkah-langkah ini dengan lebih mudah.

Pertanyaan Umum

Berikut adalah beberapa jawaban atas pertanyaan Anda yang paling sering diajukan:
Apakah Layar Akan Berputar Kembali jika Saya Mematikan Komputer Saya?

Tidak, dalam kebanyakan kasus itu akan reboot dengan orientasi yang sama yang terakhir Anda gunakan. Satu-satunya cara untuk memutarnya kembali adalah dengan menggunakan salah satu metode di atas.
Layar Saya Terjebak dan Tidak Akan Berputar Setelah Pembaruan Terbaru. Apa yang Dapat Saya Lakukan?

Jika layar Anda tidak lagi berputar setelah pembaruan, periksa dulu apakah fungsi putar tidak terkunci. Jika tidak, ikuti langkah-langkah di atas menggunakan Intel Control Panel.
Layar Saya Tetap Tidak Bisa Berputar, Apa Lagi Yang Bisa Saya Lakukan?

Jika fungsi kunci putar mati dan Anda sudah mencoba panel kontrol, Anda harus siklus daya perangkat Anda untuk melihat apakah masalahnya teratasi dengan sendirinya. Jika tidak, coba putuskan sambungan periferal Anda dan sambungkan kembali.

Terakhir, gunakan perangkat lunak pemecahan masalah bawaan Microsoft untuk memeriksa sensor Anda. Jika komputer Anda mengalami masalah driver, ini dapat menyebabkan orientasi layar pada komputer Anda berhenti bekerja dengan benar. Anda dapat mengganti driver sendiri, memeriksa garansi pabrik, atau menghubungi bengkel untuk bantuan lebih lanjut.
Bagaimana jika Saya Memiliki Dua Layar dan Hanya Satu yang Terbalik?

Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat mengklik layar yang perlu disesuaikan dan gunakan keyboard untuk memperbaiki masalah untuk satu layar itu. Alternatifnya adalah menuju ke panel kontrol, pilih layar yang perlu diputar, dan pilih orientasinya.

Jika masalah tidak segera diperbaiki, coba cabut periferal dan pasang kembali monitor ke komputer Anda.
Ctrl+Alt+Tombol Panah Tidak Berfungsi, Mengapa?

Jika hotkey yang disebutkan di atas tidak berfungsi, kemungkinan karena kartu grafis PC Anda tidak mendukung fungsi tersebut. Anda dapat memeriksa fungsinya dengan menggunakan pintasan keyboard Ctrl+Alt+F12 dan memilih ‘Opsi & Dukungan’. Selanjutnya, klik pada pengelola Hotkey dan telusuri pintasan keyboard Anda.

Memutar Layar Anda

Seperti yang telah Anda lihat, metode untuk memutar Layar PC atau laptop Anda tergantung pada OS dan juga kartu grafis yang Anda gunakan. Jika Anda sering memutar layar, mempelajari tombol pintasan yang digunakan untuk menyelesaikannya akan berguna.

Apakah Anda dapat memutar layar? Apakah layar Anda terkunci dan Anda sudah mencoba semua saran? Jangan ragu untuk membagikan pemikiran Anda di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: