Cara Menambahkan Film di Plex

Dengan Plex, Anda dapat melakukan streaming lebih dari 20.000 film dan acara TV secara gratis. Namun, jika Anda ingin menonton sesuatu yang tidak ada dalam basis datanya yang mengesankan, Plex memberi Anda opsi untuk mengunggah film dari perangkat Anda dan menyimpannya di perpustakaan Server Media Plex. Setelah semua film Anda berada di perpustakaan Plex, Anda dapat mengaksesnya dari perangkat apa pun yang terhubung ke layanan media streaming ini.

Cara Menambahkan Film di Plex

Plex memungkinkan Anda membuat perpustakaan berbeda tempat Anda dapat menyimpan film, acara TV, musik, foto, atau jenis konten lainnya. Dengan Plex Media Manager, Anda dapat membuat folder terpisah untuk berbagai jenis media dan mengalirkannya di berbagai perangkat, seperti laptop, TV pintar, ponsel, aplikasi web, dan pemutar media digital lainnya.

Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu menyalin setiap file media ke perangkat lain. Sebagai gantinya, Anda dapat mengakses seluruh koleksi media Anda dari perangkat lain yang terhubung. Untuk melakukan ini, Anda perlu mengunduh Plex Media Server ke perangkat tempat Anda menyimpan media Anda. Plex juga perlu diinstal di semua perangkat yang ingin Anda gunakan untuk streaming film dan acara TV.

Saat menambahkan file media baru ke perpustakaan Plex, Anda perlu menentukan jenis medianya. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mengaksesnya dari perangkat lain. Misalnya, untuk menambahkan film ke perpustakaan Plex, Anda harus menggunakan laptop atau komputer desktop Anda. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Buka browser Anda dan buka situs web Plex. Buka opsi “Masuk” di sudut kanan atas untuk masuk ke akun Anda. Di halaman beranda, cari ikon “+” di sebelah ke “Perpustakaan” di bilah sisi kiri, atau klik tombol “Tambah Perpustakaan” di dasbor. Pilih “Film” di jendela sembul. Ketik nama folder. Buka tombol “Berikutnya”. Klik pada tombol “Jelajahi Folder Media”. Temukan folder yang berisi film yang ingin Anda unggah di laptop/komputer desktop Anda. Pilih “Tambah,” lalu “Tambahkan Perpustakaan.”
Plex perlu beberapa menit untuk menambahkan semua metadata untuk file media yang baru saja Anda unggah. Saat Anda ingin menonton film yang Anda tambahkan, Anda membuka Plex di perangkat yang ingin Anda streaming. Masuk dan Anda akan menemukan film baru di perpustakaan Server Media Plex Anda.

Anda dapat menggunakan metode yang sama untuk menambahkan acara TV baru, atau file media lainnya, ke perpustakaan Plex Anda. Pastikan file media yang ingin Anda unggah ke Plex sudah disimpan di folder terpisah, atau Plex tidak akan dapat menemukannya.

Apa pun perangkat yang Anda pilih untuk streaming konten Plex, laptop atau komputer tempat semua file media Anda disimpan akan selalu perlu dihidupkan juga. Jika karena alasan tertentu, Plex tidak dapat menemukan film yang disimpan di komputer Anda, Anda mungkin perlu memperbarui perpustakaan Plex Anda. Jika itu tidak berhasil, maka restart saja perangkat yang ingin Anda streaming.

Ketika Anda ingin menonton film yang diunggah, perangkat streaming harus terhubung ke internet. Plex bekerja di hampir semua sistem operasi, tetapi mungkin tertinggal jika perangkat Anda memiliki prosesor yang lebih lama. Ada persyaratan lain yang harus dipenuhi perangkat Anda agar Anda dapat menggunakan semua layanan Plex. Misalnya, Anda harus memiliki setidaknya 2GB RAM yang tersedia, menurut Plex.

Cara Mengelola Film di Plex

Meskipun proses menambahkan film baru ke perpustakaan Plex Anda relatif mudah, mengatur perpustakaan media Anda mungkin merepotkan jika Anda memiliki banyak dari file. Setiap perubahan yang ingin Anda buat pada perpustakaan Plex Anda harus dilakukan melalui Plex Media Manager di komputer Anda. Jika Anda ingin mengganti nama film yang sudah ada di perpustakaan Plex Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Matikan Plex Media Server.Temukan folder film di perangkat Anda.Ubah namanya.Nyalakan kembali Plex Media Server.Buka perpustakaan Plex dan memperbaruinya.
Plex akan secara otomatis memindai setiap perubahan yang dibuat pada pustaka konten. Anda dapat menggunakan metode yang sama untuk memindahkan file film apa pun ke folder berbeda atau menghapus film yang saat ini Anda simpan di perpustakaan Plex Anda. Langkah paling penting adalah mematikan dan menghidupkan Server Media Plex selama seluruh proses ini.

Untuk menghapus perpustakaan, Anda dapat melakukannya dari Plex secara langsung. Cukup buka folder perpustakaan yang ingin Anda hapus, buka ikon pengaturan di sudut kiri atas layar Anda dan pilih “Hapus Perpustakaan” dari menu tarik-turun.

Cara Membuat Daftar Putar di Plex

Jika Anda ingin mengatur semua film Anda lebih efisien, Anda juga memiliki opsi untuk membuat daftar putar di Plex. Terlebih lagi, itu hanya akan membawa Anda beberapa menit. Begini caranya:
Luncurkan Plex Media Player.Temukan film yang ingin Anda tambahkan ke daftar putar.Klik ikon “Tambahkan ke Daftar Putar” di bagian bawah Plex Media Player.Pilih “Buat Daftar Putar Baru”Berikan daftar putar name (misalnya, “Film Horor”). Ulangi proses ini untuk semua film yang ingin Anda tambahkan ke daftar putar itu.
Semua daftar putar Anda akan ditampilkan di bawah bagian “Perpustakaan” di bilah sisi kiri. Anda juga dapat mengatur semua acara TV dan jenis konten lainnya ke dalam daftar putar yang berbeda. Konten daftar putar dapat dialirkan secara berurutan atau dapat diacak.

Menambahkan film ke dalam daftar putar juga dapat dilakukan di aplikasi seluler Plex. Jika Anda tertarik untuk mengetahui caranya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Luncurkan aplikasi Plex di ponsel Anda.Masuk ke akun Anda jika Anda belum melakukannya.Ketuk gambar profil Anda di sudut kanan atas layar Anda.Lanjutkan ke “Perpustakaan.”Temukan film yang ingin Anda tambahkan ke daftar putar.Buka ikon “Daftar Putar”.Pilih ikon “+” di sudut kanan atas.Beri nama untuk daftar putar baru Anda.Ulangi langkah yang sama untuk film lainnya.
Itu saja. Proses ini terlihat sama pada perangkat Android dan iPhone. Tidak ada batasan berapa banyak film yang dapat Anda tambahkan dan berapa banyak daftar putar yang dapat Anda buat di Plex. Yang perlu Anda lakukan adalah mengunduhnya di komputer Anda terlebih dahulu.

Tonton Semua Film Favorit Anda di Plex

Streaming film dan acara TV tidak pernah semudah ini. Dengan Plex, Anda tidak hanya dapat menambahkan film apa pun yang Anda inginkan, tetapi Anda juga dapat mengaturnya ke dalam daftar putar. Setelah semua film Anda diunggah ke Plex, Anda dapat mengalirkannya menggunakan perangkat apa pun yang terhubung ke internet.

Pernahkah Anda menambahkan film ke perpustakaan Plex sebelumnya? Apakah Anda menggunakan metode yang sama yang dijelaskan dalam artikel ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: