Cara Menambahkan Foto di Notion

Device Links
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsDevice Missing?
Notion adalah alat yang luar biasa. Anda dapat menggunakannya untuk menguraikan tugas kerja, mengatur pengingat, membuat pelacak kebiasaan, daftar bacaan, atau menuliskan pemikiran acak sepanjang hari. Tetapi terlepas dari apa yang Anda gunakan untuk Notion, terkadang Anda perlu menambahkan gambar.

Mungkin Anda ingin menambahkan foto yang Anda ambil hari itu dengan keterangan yang bijaksana untuk entri jurnal Anda. Mungkin Anda sedang membuat konten untuk blog Anda dan membutuhkan gambar yang jelas dan berkualitas tinggi untuk menyertainya.

Untungnya, pengguna Notion memiliki beberapa cara berbeda untuk menyisipkan foto dan gambar. Mereka juga dapat mengubah ukuran, mengganti, dan bahkan mengomentari gambar. Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan dengan tepat bagaimana.

Cara Menambahkan Foto di Notion di PC

Menggunakan Notion di PC memberikan manfaat maksimal karena Anda dapat mengakses fitur seperti mengubah ukuran gambar, yang tidak dapat Anda lakukan di aplikasi seluler. Jadi, bagaimana Anda menambahkan foto ke halaman Notion atau database yang ada? Inilah yang harus Anda lakukan:
Buka halaman Notion tempat Anda ingin menambahkan foto. Gunakan perintah garis miring untuk mengakses menu tarik-turun. Buka bagian “Media” dan pilih “Gambar.” Atau, ketik “/” dan masukkan “gambar.” Menu lain akan muncul. Anda dapat memilih untuk mengunggah gambar dari komputer Anda, menyematkan tautan dengannya, atau menambahkannya dari Unsplash, situs web fotografi stok gratis.
Apa pun opsi yang Anda pilih, gambar akan langsung muncul di halaman Notion. Namun, Anda perlu memastikan bahwa foto tersebut tidak melebihi 5 MB; jika tidak, itu tidak akan berfungsi.

Setelah gambar ada di halaman, Anda dapat mengubah ukurannya dengan memindahkan bilah kiri atau kanan ke sampingnya dan menyeretnya. Anda juga dapat menggunakan kursor untuk memindahkan gambar dan meletakkannya di lokasi tertentu di halaman yang berisi teks.

Cara Menambahkan Caption atau Komentar ke Foto di Notion

Menambahkan foto ke halaman Notion adalah proses yang mudah. Tetapi masih banyak lagi yang dapat Anda lakukan setelahnya. Jika Anda mengarahkan kursor ke gambar, Anda akan melihat beberapa opsi yang tersedia di sudut kanan atas. Dari sini, Anda dapat:
Menambahkan komentar.Menulis keterangan.Membuka gambar asli.Mengakses sisa opsi menu.
Jika Anda menulis keterangan, itu akan muncul tepat di bawah foto dan akan bergerak bersama gambar. Menambahkan komentar memungkinkan Anda menyebut orang, mengunggah gambar lain, dan melampirkan file tambahan.

Tombol “asli” hanya membuka gambar di tab terpisah dan memungkinkan Anda melihatnya lebih jelas. Terakhir, opsi menu tiga titik memungkinkan Anda melihat gambar dalam layar penuh, menggandakannya, menggantinya dengan yang lain, pindah ke halaman lain, atau menghapusnya.

Cara Menambahkan Foto dalam Template Gagasan

Jika Anda bekerja dengan kalender template atau memiliki proyek yang sedang berlangsung di Notion, cara termudah untuk menambahkan gambar ke blok atau kolom adalah dengan menyeret dan melepaskannya. Yang harus Anda lakukan adalah:
Ambil gambar dari folder.Seret ke kalender atau blok di Notion.Lepaskan.
Gambar akan otomatis berubah menjadi thumbnail. Anda perlu mengekliknya untuk mengakses opsi seperti melihatnya dalam ukuran penuh, menggantinya, atau menghapusnya. Namun, Notion telah melakukan pekerjaan yang layak dalam memberikan pengalaman yang ramah pengguna di aplikasi iPhone mereka. Anda dapat menambahkan foto di aplikasi Notion iOS dengan dua cara.

Anda dapat:
Membuat atau membuka halaman Notion.Ketuk ikon gambar pada bilah alat di bagian bawah layar.Ambil foto atau pilih file dari iPhone Anda.
Atau Anda dapat:
Ketuk simbol “+” dari bilah alat. Gulir ke bagian Media dan pilih opsi “Gambar”. Ketuk “Pilih gambar” di bawah tab “Unggah”. Pindah ke tab “Sematkan tautan” atau Tab “Unsplash”.
Perhatikan bahwa semua gambar dapat berukuran hingga 5 MB.

Cara Menambahkan Foto di Notion di iPad

Jika Anda pengguna iPad, pengalaman Notion Anda akan sangat mirip dengan yang dimiliki pengguna dengan iPhone, tetapi Anda akan menikmati lebih banyak ruang layar.

Anda harus memastikan untuk mengunduh Notion versi iPad. Proses menambahkan foto di Notion melalui iPad bekerja sama seperti di iPhone. Jadi, inilah yang harus Anda lakukan:
Buka aplikasi Notion di iPad Anda.Buat halaman baru atau buka yang sudah ada.Ketuk ikon gambar di bilah alat. Ambil foto atau unggah file. Anda juga dapat mengetuk tombol “+” dan memilih “Gambar” di bawah bagian Media. Dari sana, Anda dapat memilih untuk mengunggah file, menyematkan tautan, atau memilih gambar dari Unsplash.
Mengubah ukuran gambar di aplikasi Notion tidak dimungkinkan. Tetapi Anda dapat mengetuk gambar untuk melihat tombol komentar di sudut kanan atas.

Anda juga dapat menekan tiga titik horizontal untuk melihat menu lengkap. Anda dapat memilih untuk menggandakan gambar, melihat yang asli, mengganti dan memindahkannya, atau menghapusnya jika tidak diperlukan lagi.

Cara Menambahkan Foto di Notion di Perangkat Android

Pengguna Android juga dapat menikmati manfaat aplikasi Notion, yang meliputi memiliki opsi untuk menyisipkan foto ke halaman mana pun.

Aplikasi Android Notion memiliki semua fitur yang sama dengan aplikasi iOS, dan kami akan memandu Anda melalui semua langkah menambahkan foto. Inilah yang harus dilakukan:
Luncurkan aplikasi Notion di perangkat Android Anda.Pilih halaman atau buat halaman baru.Ketuk ikon gambar di bilah alat.Unggah file dari perangkat Anda atau ambil foto.Atau, Anda dapat mengetuk simbol “+” dan gulir ke bawah ke “Gambar.” Di sini, Anda akan memiliki tiga opsi – unggah gambar, sematkan tautan, atau pilih foto HD dari galeri Unsplash.
Apa pun opsi yang Anda pilih, gambar akan muncul di halaman gagasan segera. Jika Anda mengetuknya, Anda akan melihat opsi untuk meninggalkan komentar pada gambar atau mengakses lebih banyak tindakan melalui menu. Di sinilah Anda dapat memilih untuk melihatnya dalam ukuran penuh, menggantinya dengan gambar lain, atau menghapusnya.

Membangun Halaman Gagasan Anda Dengan Gambar

Untuk beberapa proyek, menambahkan gambar sangat penting. Seringkali lebih mudah untuk menyematkan foto jadwal kerja Anda daripada membuat kalender lengkap. Jika Anda bekerja sepanjang hari membuat tugas dan menyelesaikan daftar tugas, gambar lucu halaman hewan peliharaan Anda mungkin membuat Anda tersenyum sepanjang hari.

Itulah tepatnya mengapa Notion memungkinkan pengguna untuk menambahkan gambar dalam beberapa cara berbeda dan bahkan telah menambahkan Unsplash ke mix.

Anda dapat memanfaatkan fitur ini sebaik-baiknya, termasuk menambahkan teks cerdas atau mengganti foto hewan peliharaan lama dengan potret terbaru. Ingat – ukuran gambar bisa mencapai 5 MB.

Untuk jenis proyek apa Anda menggunakan Notion? Apakah Anda perlu menambahkan gambar? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: