Cara Menambahkan Kata Sandi ke Aplikasi iPhone atau Android

Tautan Perangkat
AndroidiPhonePerangkat Hilang?
Setiap hari, kami menggunakan ponsel untuk mengakses informasi pribadi dan pribadi. Email, detail kartu kredit, laporan mutasi bank, transaksi Venmo, dan seterusnya.

Ini bisa membuat frustasi karena tidak memiliki cara mudah untuk mengunci aplikasi tertentu dengan kata sandi bagi mereka yang sedikit lebih sadar akan keamanan daripada yang lain. Tapi jangan khawatir lagi.

Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda cara menambahkan kata sandi ke aplikasi apa pun di ponsel atau Apple watch Anda dan melindungi informasi dan data pribadi Anda.

Cara Menambahkan Kata Sandi ke Aplikasi di iPhone

iPonsel selalu dirancang dengan pengguna in mind.

Mereka datang dengan rangkaian aplikasi bawaan seperti kalender, kamera, jam, dan FaceTime. App Store juga memberi Anda akses instan ke ribuan aplikasi yang dapat membantu Anda melakukan apa saja.

Beberapa aplikasi ini mungkin berisi informasi sensitif yang tidak ingin Anda bagikan dengan orang lain yang memiliki akses ke saran Anda. Itulah mengapa Apple telah memastikan Anda dapat mengunci aplikasi tertentu dengan kata sandi.

Berikut cara melakukannya:

Menggunakan Akses Terpandu

Akses Terpandu adalah fitur iOS yang memungkinkan Anda menonaktifkan semua aplikasi di perangkat Anda kecuali satu. Saat fitur ini diaktifkan, hanya satu aplikasi pilihan Anda yang dapat diakses. Ini terbukti sangat membantu ketika Anda mengizinkan teman atau anak meminjam iPhone Anda untuk sementara waktu.

Berikut cara mengaktifkan Akses Terpandu di iPhone Anda:
Buka aplikasi Pengaturan dan ketuk “Aksesibilitas.” Pilih “Akses Terpandu.” Ketuk “Pengaturan Kode Sandi.” Pilih “Setel Kode Sandi Akses Terpandu.” Masukkan kode sandi yang ingin Anda gunakan. Idealnya, Anda harus memilih yang berbeda dari kata sandi “master” yang digunakan untuk membuka kunci perangkat Anda. Masukkan kembali kode sandi. Buka aplikasi yang ingin Anda tetap buka kuncinya. Ketuk tiga kali tombol beranda di iPhone 8 atau lebih tinggi. Untuk iPhone X atau versi lebih lama, ketuk tiga kali tombol samping. Pilih “Akses Terpandu” dan ketuk “Mulai.”
Setelah diaktifkan, Akses Terpandu hanya akan mengizinkan penggunaan satu aplikasi tidak terkunci di iPhone Anda. Semua aplikasi lain di perangkat Anda tidak akan tersedia.

Untuk mengakhiri Akses Terpandu, cukup ketuk tiga kali tombol beranda atau tombol samping, pilih “Akses Terpandu”, dan ketuk “Akhiri”. Pengguna iPhone karena hanya satu aplikasi yang bisa dibuka. Mungkin yang Anda inginkan hanyalah menjauhkan anak Anda dari permainan atau akun media sosial tertentu. Atau mungkin Anda ingin mengizinkan seseorang meminjam iPhone Anda dan menggunakan beberapa aplikasi sambil tetap membatasi akses ke beberapa bagian perangkat Anda.

Jika ini yang Anda pikirkan, Durasi Layar dapat menghemat hari. Tapi apa itu?

Screen Time (tersedia di iOS 12 atau lebih baru) adalah fitur terintegrasi yang memungkinkan Anda melacak jumlah waktu yang Anda habiskan di masing-masing aplikasi. Anda juga dapat membatasi jumlah waktu penggunaan setiap aplikasi per hari dan bahkan mengunci beberapa aplikasi untuk beberapa waktu.

Berikut cara mengunci aplikasi menggunakan Durasi Layar:
Buka aplikasi Pengaturan dan ketuk “Waktu Layar”. Arahkan ke “Batas Aplikasi ” dan pilih “Tambahkan Batas.” Pada titik ini, Anda akan melihat daftar semua aplikasi di iPhone Anda. Ketuk tombol kotak centang di sebelah setiap aplikasi yang ingin Anda kunci. Tetapkan batas waktu untuk aplikasi yang akan dikunci. Anda dapat membatasi akses selama berjam-jam, berhari-hari, atau bahkan hanya beberapa menit. Satu-satunya kelemahan
Screen Time adalah tidak membatasi akses ke aplikasi secara permanen. Jadi, Anda mungkin ingin menetapkan batas waktu yang lebih tinggi jika Anda tidak ingin aplikasi Anda terbuka kuncinya saat perangkat Anda masih berada di tangan orang lain.

Cara Menambahkan Kata Sandi ke Aplikasi di Android

Banyak orang saat ini berada dalam situasi di mana mereka meminjamkan ponsel Android mereka kepada orang lain, baik sengaja atau tidak. Ketika ini terjadi, Anda mungkin ingin memastikan bahwa aplikasi tertentu di ponsel Anda dikunci dengan kata sandi untuk tujuan privasi dan keamanan.

Ada dua cara untuk mengunci aplikasi individual di Android. Mari kita lihat cara kerjanya masing-masing:

Pinning Layar

Pinning layar mengacu pada kemampuan untuk menyematkan (atau mengunci) layar perangkat android Anda untuk menjalankan satu aplikasi, dengan pembatasan akses ke semua aplikasi lain. Jika ada upaya untuk keluar dari aplikasi, pengguna akan diminta untuk memasukkan kata sandi.

Penyematan layar sama dengan fitur Akses Terpandu di perangkat iOS.

Berikut cara mengaktifkan fitur ini di perangkat Android Anda:
Buka Pengaturan dan ketuk “ Keamanan.” Ketuk “Lanjutan” lalu pilih “Penyematan Layar.” Alihkan tombol ke posisi “aktif”. Alihkan tombol “Kunci perangkat saat melepas pin”. Itu berarti perangkat Anda akan meminta kode sandi sebelum melepas pin aplikasi. Ketuk tombol “Ringkasan”. Ketuk aplikasi yang ingin Anda sematkan, lalu ketuk “sematkan”. status sebelumnya – menjalankan semua aplikasi yang terbuka sebelum Anda menyematkannya. Anda dapat menggunakan fitur ini setiap kali Anda menyerahkan ponsel atau tablet Anda kepada orang lain untuk sementara.

Aplikasi Pihak Ketiga

Meskipun Penyematan Layar dapat menjadi alat yang berguna ketika Anda ingin membatasi akses ke aplikasi tertentu di Android, Anda tidak dapat membuka aplikasi lain kecuali aplikasi disematkan satu.

Jika Anda ingin anak atau teman Anda memiliki sedikit lebih banyak kebebasan saat menggunakan perangkat Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk menginstal alat pihak ketiga yang secara khusus dirancang untuk memasukkan kata sandi pada masing-masing aplikasi.

Alat paling populer di pasar termasuk Applock , Smart AppLock, dan AppLock Pro.

Cara Menambahkan Kata Sandi ke Aplikasi di iPad

Memang benar, Anda tidak selalu dapat mengontrol apa yang dilakukan orang lain dengan iPad Anda, tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi data Anda dan memastikan mereka tidak’ t melihat apa pun yang seharusnya tidak mereka lihat.

Satu kata sandi utama dapat dilakukan, tetapi itu bisa membuat Anda terlihat terlalu berhati-hati dan menciptakan suasana kecurigaan di sekitar orang yang Anda sayangi.

Tetapi tambahan ng kata sandi untuk aplikasi tertentu pada perangkat Anda dapat membuat Anda tampak sedikit lebih transparan sambil tetap melindungi data yang paling penting.

Seperti iPhone, iPad Anda dilengkapi dengan fitur Akses Terpandu yang memungkinkan Anda mematikan akses ke semua kecuali satu aplikasi. Misalnya, Anda dapat menonaktifkan semua aplikasi di iPad dan membiarkan aplikasi Telepon sebagai satu-satunya yang aktif. Setiap upaya untuk membuka aplikasi lain akan dipenuhi dengan permintaan “masukkan kata sandi”.

Atau, Anda dapat mengaktifkan Durasi Layar dan membatasi akses ke aplikasi yang dipilih untuk periode yang dipilih.

Cara Menambahkan Kata Sandi ke Apple Watch

Apple Watch adalah perangkat praktis yang dapat meningkatkan hidup Anda dalam banyak cara, tetapi ada beberapa risiko keamanan jika Anda tidak mengambil langkah untuk melindunginya.

Hal pertama yang harus Anda lakukan dengan jam tangan baru adalah menyiapkan kode sandi alfanumerik. Itu akan mencegah siapa pun tanpa kode mengakses fitur tertentu, termasuk menggunakan Apple Pay untuk melakukan transaksi nirsentuh atau membuka kunci Mac Anda secara otomatis saat berada di dekatnya.

Berikut caranya:
Buka aplikasi Pengaturan. Gulir ke bawah dan ketuk “Kode Sandi.” Ketuk “Turn Passcode aktif.”Masukkan kode sandi yang ingin Anda gunakan di jam tangan Anda.
Lindungi Data Anda

Apakah menambahkan kata sandi ke telepon Anda atau tidak adalah pertanyaan yang banyak dihadapi orang. Anda menginginkan perlindungan, tetapi Anda juga memerlukan akses mudah untuk diri sendiri dan orang lain yang mungkin membutuhkannya.

Dalam situasi ini, hal terbaik adalah mengunci aplikasi tertentu dengan kata sandi.

Sudahkah Anda mencoba menambahkan kata sandi ke aplikasi di perangkat seluler Anda atau jam tangan Apple? Bagaimana hasilnya?

Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: