Cara Menambahkan Layer di CapCut

Device Links
AndroidiPhoneDevice Missing?
CapCut adalah aplikasi pengeditan video yang memungkinkan Anda membuat proyek kreatif dan video yang dapat Anda posting di berbagai platform media sosial. Ini memiliki beberapa alat inovatif seperti kurva, efek, transisi, teks otomatis, dan overlay.

Fitur overlay sangat berguna karena memungkinkan Anda menambahkan lapisan baru dalam bentuk foto, video, stiker, teks, dan sejenisnya. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan layer di CapCut di perangkat iOS dan Android. Kami juga akan memberi Anda beberapa ide tentang bagaimana Anda dapat mengedit layer Anda di CapCut.

Cara Menambahkan Layer di CapCut di iPhone

Ada banyak cara untuk mengedit video. Aplikasi pengeditan video apa pun akan memungkinkan Anda memangkas, mengubah ukuran, dan membagi video. Tetapi CapCut memiliki beberapa fitur yang sangat berguna dan kreatif, seperti alat zoom 3D, blur, dan layar hijau yang tidak dapat Anda temukan di aplikasi pengeditan video lainnya. Terlebih lagi, Anda dapat memeras tiga video menjadi satu, menambahkan stiker, dan menyisipkan teks ke klip. Di sinilah fitur overlay masuk.

Dengan menambahkan beberapa lapisan ke video, Anda dapat membuat pola kisi yang berbeda atau proyek menarik yang dapat Anda posting di TikTok, Instagram, Twitter, atau platform media sosial lainnya. Anda bahkan dapat menambahkan teks di atas video dan membuat iklan pendek. Fitur overlay mungkin tampak membingungkan ketika Anda pertama kali mulai menggunakan aplikasi ini, tetapi sebenarnya cukup sederhana setelah Anda memahaminya.

Untuk menambahkan lapisan di CapCut di iPhone Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka CapCut di iPhone Anda.Ketuk di spanduk “Proyek Baru” di sudut kiri atas layar. Temukan video yang ingin Anda unggah dan ketuk tombol “Tambah”. Pangkas dan ubah ukuran video jika Anda mau. Putuskan kapan Anda ingin lapisan baru Anda mulai dan jeda video di sana. Ketuk tombol “Overlay” di bilah alat bawah. Pangkas layer baru dan pastikan itu dimulai pada waktu yang tepat. Layer baru diperlakukan sebagai video terpisah, sehingga Anda dapat mengeditnya dengan cara apa pun kamu ingin. Pada titik ini, Anda dapat membagi, mempercepat, dan menyesuaikan video baru. Ada berbagai efek dan filter yang dapat Anda tambahkan juga. Misalnya, Anda dapat menambahkan topeng dengan berbagai bentuk dan rasio aspek. Jika Anda ingin menambahkan lapisan lain di atas lapisan pertama, yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda menjeda video pada saat yang sama saat lapisan pertama dimulai. Inilah yang perlu Anda lakukan selanjutnya: Ketuk tombol “Tambah Hamparan” di bilah alat bawah. Pilih video lain dari galeri Anda. Buka tombol “Tambah” di sudut kanan bawah layar Anda. Ubah ukuran video dengan mencubit tepinya dan memindahkannya melintasi layar.Edit lapisan dengan cara apa pun yang Anda inginkan.Pilih panah ke atas di sudut kanan atas layar untuk mengunggah video Anda.Ketuk “Selesai.”
Itu saja. Mulai saat ini, Anda dapat langsung membagikan video yang Anda buat di TikTok, WhatsApp, Facebook, Instagram, atau platform media sosial lainnya.

Cara Menambahkan Layer di CapCut di Perangkat Android

Jika Anda pengguna Android, Anda juga dapat menggunakan CapCut untuk mengedit video. Cara menarik untuk menggunakan fitur overlay adalah dengan menambahkan tiga video dan menggabungkannya menjadi satu. Begini caranya:
Buka CapCut di Android Anda.Buka “Proyek Baru” di sudut kanan atas layar.Pilih video pertama yang ingin Anda unggah.Potong dan ubah ukuran video jika Anda mau.Jika video memiliki rasio aspek 9:16, putar sehingga dapat memuat layar secara horizontal. Buka “Format” di bilah alat bawah dan pilih rasio aspek “16:9”. Pilih “Hamparan.” Pilih video kedua dan buka tombol “Tambah” di sudut kanan bawah. Buka “Mask” di bilah alat bawah, dan pilih “Filmstrip.” Tempatkan video kedua di bawah yang pertama. Untuk menambahkan video ketiga, ketuk opsi “Overlay” lagi .Pilih video ketiga dan unggah.Putar dan pindahkan ke bagian bawah kanvas.
Saat Anda menekan “Putar”, ketiga video akan diputar pada waktu yang sama. Perlu diingat bahwa video kedua dan ketiga Anda tidak boleh lebih panjang dari yang pertama. Durasinya bisa lebih pendek atau sama.

Anda dapat mengedit setiap video satu per satu atau ketiganya sekaligus. Pada titik ini, Anda dapat menambahkan beberapa detail baru. Misalnya, Anda dapat memilih filter yang berbeda untuk ketiga video tersebut. Anda dapat menambahkan lagu atau beberapa jenis animasi. Anda juga memiliki opsi untuk mengubah kecepatan video, mempercepat atau memperlambatnya.

Apa yang membuat CapCut begitu mudah digunakan adalah Anda dapat melakukan banyak hal hanya dengan mengetuk video. Misalnya, jika Anda ingin membuat lapisan tetap berada di layar lebih lama, cukup ketuk tepi penggeser dan seret ke sisi kanan layar. Di sisi lain, jika Anda ingin mempersingkat durasi lapisan, seret ke sisi kiri. Demikian pula, ketika Anda ingin memutar video, cukup ketuk dengan dua jari dan putar.

Setelah selesai mengedit video, Anda hanya perlu menyimpannya dengan mengetuk panah ke atas di sudut kanan atas layar Anda.

Bersenang-senang Mengedit Dengan CapCut

CapCut mungkin tampak rumit untuk digunakan pada awalnya, tetapi setelah Anda menguasainya, Anda akan mengedit video seperti seorang profesional. Anda tidak hanya dapat menambahkan lapisan baru dalam jumlah tak terbatas ke video Anda, tetapi Anda juga dapat mengedit setiap lapisan satu per satu. Dengan banyaknya opsi yang ditawarkan aplikasi pengeditan video ini, tidak ada batasan untuk jenis proyek apa yang dapat Anda buat.

Pernahkah Anda menambahkan lapisan ke video di CapCut? Berapa banyak lapisan yang Anda tambahkan? Bagaimana Anda menambahkannya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: