Cara Menambahkan Nada Dering ke iPhone Tanpa iTunes

Jika Anda memiliki iPhone tetapi tidak memiliki iTunes, pengaturan nada dering pilihan Anda mungkin sulit. Apple menyediakan pilihan lagu preset, tetapi bagaimana jika Anda ingin menggunakan lagu favorit Anda?

Sayangnya, Apple telah membuat segalanya menjadi sedikit rumit dengan menetapkan bahwa Anda membayar dan mengunduh lagu dari iTunes untuk menggunakannya sebagai nada dering. Tapi ada cara untuk mengatasinya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menambahkan nada dering ke iPhone Anda tanpa menggunakan iTunes.

Cara Menambahkan Nada Dering ke iPhone Tanpa iTunes

Yang Anda Butuhkan

Sebelum kita masuk ke dalam menambahkan nada dering Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu.

Lagu yang ingin Anda atur sebagai nada dering harus diunduh ke ponsel Anda dan disimpan di Perpustakaan Musik iPhone Anda. Atau, Anda dapat mengimpor dan menyimpan lagu di File Apple Anda. Pastikan untuk melakukan ini. Jika tidak, langkah-langkah berikut tidak akan berfungsi.

Anda juga harus menginstal aplikasi Garageband di iPhone Anda. Garageband adalah aplikasi yang dirancang untuk digunakan pada perangkat Apple seperti iPhone, iPad, dan komputer Mac dan memungkinkan pengguna membuat podcast dan file musik. Biasanya datang sebagai aplikasi asli, tetapi Anda dapat mengunduhnya secara gratis dari toko aplikasi jika Anda tidak memilikinya.

Setelah Anda menambahkan lagu pilihan Anda ke perangkat dan menginstal aplikasi Garageband, kita bisa memulai.

Untuk mendapatkannya sekitar menggunakan iTunes untuk membuat nada dering Anda, Anda harus terlebih dahulu membuat lagu sebelum mengaturnya sebagai nada dering Anda.

Membuat Nada Dering Baru Anda di iPhone
Luncurkan aplikasi Garageband. Selanjutnya, buka bagian “Tracks” dan geser hingga Anda menemukan ” Drum.” Sekarang, ketuk “Smart Drums” dan pilih tombol “View” untuk membawa Anda ke bagian edit. Apple menggambarkan tombol ini sebagai rangkaian garis yang lebih panjang dan lebih pendek. Selanjutnya, Anda perlu mengetuk ikon “Loop” di bagian atas layar. Tombol ini memungkinkan Anda untuk menelusuri lagu Anda. Pilih tab “File” dan temukan lagu yang ingin Anda gunakan. Setelah Anda menemukan lagunya, tekan selama beberapa detik, dan itu akan diimpor. Jika Anda tidak melihat lagu yang Anda cari, klik tombol “Browse Items From Files App” untuk mencarinya. Tekan tombol “Play” untuk menelusuri trek untuk melihat di mana Anda ingin lagu tersebut mulai diputar ketika telepon Anda berdering. Di bagian atas layar pengeditan, Anda akan melihat apa yang tampak seperti penggaris dengan pin penggeser vertikal yang melekat padanya. Geser pin ini ke titik di mana Anda ingin lagu dimulai. Saat Anda puas dengan tempat pin ditempatkan, klik dua kali lagu tersebut. Pilihan opsi akan muncul. Pilih “Pisahkan.” Selanjutnya, seret ikon dengan gunting ke bawah untuk memotong lagu Anda pada titik yang Anda pilih. Sekarang, ketuk dua kali bagian lagu yang tidak ingin Anda simpan. Sebuah menu akan muncul. Pilih “Hapus” untuk menghapusnya dari ruang kerja. Selanjutnya, ketuk panah yang menghadap ke bawah di sudut kiri atas layar. Kemudian, dari menu pilih “Lagu Saya.” Ketuk dan tahan pada proyek musik lalu pilih “Bagikan.” Dari menu, pilih “Nada Dering” diikuti oleh “Lanjutkan.” Selanjutnya, beri nama lagunya. Kemudian, pilih “Ekspor.” Ini akan menyimpan nada dering baru Anda. Kemudian akan muncul opsi “Gunakan Suara Sebagai”. Jika Anda mengkliknya, itu akan memungkinkan Anda untuk mengatur lagu sebagai nada dering Anda atau menetapkannya ke kontak. Atau, ketuk “Ok” untuk menyimpan nada dering sehingga Anda dapat mengaturnya sendiri secara manual di tahap selanjutnya.
Penting untuk dicatat bahwa saat Anda mengekspor lagu, iPhone Anda secara otomatis memotong lagu menjadi berdurasi 30 detik. Oleh karena itu, jika Anda hanya ingin potongan lagu diputar (kurang dari 30 detik), Anda harus memotongnya dari kedua sisi. Melakukan hal ini memungkinkan Anda untuk membuat segmen yang Anda inginkan. Untuk melakukannya, ulangi langkah 5 hingga 7.

Menyetel Lagu Kustom Anda sebagai Nada Dering di iPhone Anda Tanpa Menggunakan iTunes

Jika Anda memilih “Ok” dan baru saja menyimpan lagu, dan sekarang Anda ingin menjadikannya sebagai nada dering, berikut adalah langkah-langkah untuk ikuti:
Buka iPhone Anda dan navigasikan ke “Pengaturan” (ikon roda gigi abu-abu kecil.) Ketuk “Pengaturan,” lalu pilih “Suara & Haptik.” Dari menu ini, pilih “Nada Dering.” Daftar semua nada dering yang tersedia akan turun. Nada dering yang baru Anda buat akan muncul di bagian atas daftar ini. Ketuk lagu untuk mengaturnya sebagai nada dering Anda.
iPhone Ringtone Created and Set

Membuat dan menyetel nada dering baru di iPhone Anda sulit jika Anda tidak menggunakan iTunes. Tetapi jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan mendengar lagu favorit Anda setiap kali ponsel Anda berdering.

Satu-satunya hal yang perlu Anda khawatirkan adalah lagu apa yang ingin Anda dengar!

Sudahkah Anda membuat dan menyetel nada dering di iPhone? tanpa menggunakan iTunes? Apakah Anda menggunakan salah satu tips dalam panduan ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: