Cara Menambahkan Perangkat ke Google Home

Jajaran perangkat Google Home yang terus berkembang membawa otomatisasi rumah ke tingkat yang baru. Kompatibel dengan termostat, perangkat Google lainnya, kamera, dan lainnya, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menambahkan perangkat ke penyiapan Google Home Anda.

Untungnya, prosesnya cukup sederhana sehingga siapa pun dapat menghubungkan perangkat mereka. Artikel ini akan mengajari Anda cara menambahkan perangkat baru ke penyiapan Google Home dan menjawab beberapa pertanyaan umum Anda.

Ok Google, Apa yang Saya Butuhkan?

Untuk memulai, Anda harus menyiapkan beberapa hal. Meskipun menyiapkan perangkat Google Home Anda sederhana, itu bisa menjadi rumit jika Anda tidak memiliki peralatan, aplikasi, atau koneksi WiFi yang tepat. Melalui bagian ini terlebih dahulu dapat menyelamatkan Anda dari sakit kepala di kemudian hari.

Anda tentu saja memerlukan perangkat yang kompatibel dengan Google Home. Kami berasumsi bahwa Anda sudah memiliki setidaknya satu, dan Anda mencoba menghubungkan yang lain. Jika Anda masih mencari perangkat yang kompatibel, Anda dapat menemukan banyak opsi di Amazon dengan harga yang wajar.

Selanjutnya, Anda memerlukan aplikasi Google Home di perangkat iOS atau Android Anda. Aplikasi Google Home akan bertindak sebagai pusat kendali untuk sistem Anda. Anda akan menggunakan aplikasi ini untuk menghubungkan perangkat Anda ke internet dan memasukkannya ke dalam penyiapan Google Home yang ada.

Anda memerlukan koneksi WiFi yang kompatibel dan kata sandi yang terkait. Beberapa perangkat hanya bekerja pada pita 2.4Ghz, sementara yang lain akan bekerja pada koneksi 5Ghz. Sebaiknya siapkan juga kata sandi WiFi Anda.

Ada begitu banyak perangkat Google Home yang kompatibel yang tersedia saat ini sehingga kami tidak dapat membahas semuanya dalam satu artikel. Karena alasan inilah kami menyarankan agar panduan pengguna perangkat Anda berguna. Anda mungkin perlu kembali ke instruksi khusus untuk perangkat Anda, dan di sinilah panduan itu berperan.
Cara Menambahkan Perangkat ke Google Home Anda

Sekarang setelah Anda memiliki semua yang Anda butuhkan, mari sambungkan perangkat baru itu ke jaringan Google Home Anda.

Tergantung pada perangkat yang Anda coba masukkan ke rumah Anda, Anda mungkin perlu menghubungkannya ke daya dan dihidupkan terlebih dahulu. Tapi sekali lagi, itu tergantung pada manual yang kita bahas di atas. Apa pun caranya, siapkan perangkat itu terlebih dahulu.

Saat perangkat baru dinyalakan dan disiapkan, kami dapat menggunakan aplikasi Google Home untuk menambahkannya ke jaringan Anda. Begini caranya:
Buka aplikasi Google Home dan pastikan Anda masuk ke akun Google Anda. Di sudut kiri atas, ketuk simbol ‘+’. Sekarang, Anda akan melihat dua opsi. Opsi pertama adalah untuk perangkat Google Home sedangkan yang kedua adalah untuk perangkat yang kompatibel yang belum tentu perangkat ‘Google Home’. Ketuk mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Sekarang, kami akan membagi instruksi untuk kedua jenis perangkat di dua bagian berikut.
Cara Menambahkan Perangkat ‘Google Home’

Jika Anda memilih opsi pertama (Perangkat Baru), ikuti ini langkah-langkah untuk menyiapkan semuanya:
Ketuk Perangkat Baru. Anda dapat memiliki beberapa grup yang terkait dengan akun Google Anda. Pilih grup Google Home yang ingin Anda sertakan perangkatnya. Pastikan Anda terhubung ke jaringan WiFi yang ingin Anda gunakan untuk perangkat Google Home baru Anda. Kemudian, tunggu perangkat muncul di aplikasi. Perangkat, jika dihidupkan, akan muncul di layar. Ketuk Ya di sudut kanan bawah. Jika perangkat yang Anda coba sambungkan tidak muncul, ketuk Siapkan perangkat lain untuk daftar produk penyiapan yang lancar.Terima semua syarat dan ketentuan, izin, dll. yang diminta aplikasi.Pilih lokasi di rumah Anda perangkat baru ini akan. Melakukan hal ini akan membantu Anda menemukan produk saat Anda membutuhkannya. Kemudian, ketuk Berikutnya. Ketuk WiFi yang ingin Anda gunakan. Kemudian, ketuk Berikutnya lagi. Tunggu hingga jendela konfirmasi muncul. Kemudian, ketuk Lanjutkan.
Aplikasi Google Home akan memberikan ringkasan perubahan yang Anda buat. Sekarang, akses baru Anda akan muncul di Google Home.
Cara Menambahkan Perangkat yang Terhubung

Petunjuknya sangat berbeda jika aksesori yang Anda coba sambungkan tidak memiliki label Pengaturan Mulus dengan Aplikasi Google Home. Pertama, Anda harus menyiapkan item baru ini sepenuhnya dengan akun dan dihidupkan. Kemudian, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini:
Tap Bekerja dengan Google di aplikasi Home.Gulir daftar dan pilih item yang ingin Anda tambahkan.Sekarang, Anda harus menautkan akun yang sesuai dengan aksesori itu. Ketuk Tautan. Jika Anda sudah memiliki aplikasi untuk produk di ponsel cerdas Anda, maka aplikasi pendamping akan terbuka secara otomatis dan Anda dapat menerima izin. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan penambahan perangkat. Jika Anda tidak memiliki aplikasi pendamping atau Anda belum masuk ke akun, aplikasi Google Home akan meneruskan Anda ke situs web produk tempat Anda dapat masuk. Kemudian, ikuti petunjuk di layar seperti yang diarahkan.
Sebagai tip bermanfaat lainnya, dari layar beranda di aplikasi Google Home, Anda akan melihat beberapa opsi untuk produk yang terkait dengan akun Google Anda. Anda dapat mengetuk opsi dari menu bergulir ini untuk menambahkan perangkat dengan cepat.

Pemecahan Masalah

Menambahkan perangkat baru ke Google Home seharusnya lancar dan mudah. Tapi, tentu saja, selalu ada ruang untuk masalah. Mari kita bicara tentang masalah yang paling sering kita lihat dan cara memperbaikinya.
Perangkat Tidak Ditemukan – Jika aplikasi Google Home tidak menemukan produk yang Anda coba tambahkan, kemungkinan karena ponsel cerdas Anda tidak terhubung ke WiFi atau produk tidak mendapatkan kekuatan. Pastikan semuanya tersambung dengan benar dan coba cari lagi. Sambungan Gagal – Sambungan yang gagal sering terjadi saat Anda mencoba menyambungkan perangkat yang tidak kompatibel dengan pita yang Anda pilih. Misalnya, beberapa perangkat hanya beroperasi pada pita 2.4Ghz, jadi pastikan Anda telah memilih yang benar. Jika itu tidak berhasil, mulai ulang router Anda dan coba lagi. Grup Rumah tidak ditemukan – Jika grup tempat Anda mencoba untuk memasukkan perangkat baru tidak muncul, itu mungkin karena Anda masuk ke akun Google yang salah. Di aplikasi Google Home, ketuk ikon profil Anda di sudut kanan atas. Kemudian, keluar dan masuk ke akun yang benar.
Jika Anda terus mengalami masalah saat menambahkan produk baru, Anda dapat menggunakan opsi Bantuan di aplikasi Google Home untuk bantuan yang dipersonalisasi.

Menambahkan Nama Panggilan ke Perangkat Serupa

Perangkat yang terhubung ke Google Home sudah memiliki nama secara otomatis ditugaskan kepada mereka oleh aplikasi. Nama-nama ini, paling sering, diambil dari perangkat itu sendiri. Biasanya, mereka cukup umum, dan mungkin agak membingungkan untuk memiliki beberapa perangkat dengan nama yang sama atau sangat mirip. Untuk mengatasi masalah itu, Google datang dengan nama panggilan.

Untuk menetapkan nama panggilan ke perangkat tertentu, buka aplikasi Google Home dan ketuk ikon “Menu”. Setelah itu, ketuk tombol “Kontrol Rumah”. Pilih perangkat yang ingin Anda edit di tab “Perangkat” dan ketuk di atasnya. Kemudian, ketuk “Nama Panggilan”, masukkan nama panggilan, dan tekan OK. Anda dapat memeriksa nama panggilan perangkat di tab “Detail Perangkat”. Ingat bahwa aplikasi utama perangkat tidak akan mengenali nama panggilan yang Anda tetapkan di Google Home.

Cara Mengatur Ruangan?

Aplikasi Google Home memungkinkan Anda memisahkan perangkat pintar berdasarkan ruangan untuk memudahkan Anda mengontrolnya. Itu datang dengan satu set kamar yang telah ditentukan, meskipun Anda dapat menambahkan kamar khusus Anda sendiri jika perlu. Anda dapat memiliki kamar “Jembatan Perintah Perusahaan” atau “Nostromo” Anda sendiri.

Untuk mengatur ruang, buka aplikasi dan tekan tombol “Menu” di sudut kiri atas layar “Beranda”. Selanjutnya, ketuk tombol “Kontrol Rumah”. Pilih tab “Kamar” dan ketuk tombol “Tambah” di sudut kanan bawah. Aplikasi kemudian akan menawarkan Anda untuk memilih kamar atau menambahkan yang baru. Jika Anda memilih yang terakhir, ketuk opsi “Ruang Kustom”, beri nama dan tekan ok.

Cara Menetapkan Perangkat ke Ruangan?

Setelah Anda membuat ruangan, Anda pasti ingin mengisinya dengan perangkat pintar. Untuk melakukan itu, Buka aplikasi dan ketuk ikon “Menu” di sudut kiri atas. Selanjutnya, ketuk “Kontrol Rumah.” Navigasikan ke tab “Kamar” dan pilih ruangan yang ingin Anda tambahi perangkat. Ketuk tombol “Tambah” dan pilih perangkat yang ingin Anda tambahkan. Setelah selesai, ketuk “Selesai.”

Cara Berpindah Perangkat dari Satu Kamar ke Kamar Lain?

Pertama, buka aplikasi dan di layar “Beranda”, ketuk ikon “Menu”, dan buka “Kontrol Rumah”. Arahkan ke tab “Kamar” dan pilih ruangan tempat Anda ingin memindahkan perangkat. Setelah itu, temukan perangkat yang ingin Anda pindahkan dan ketuk “Pindahkan.” Google akan membiarkan Anda memilih untuk memindahkannya ke ruang yang ada atau membuat ruang baru. Jika Anda memilih yang pertama, pilih kamar yang ada pilihan Anda dan ketuk “Selesai.” Jika Anda memilih opsi “Buat Ruang”, ikuti instruksi dan ketuk “Selesai” saat Anda menyelesaikan penyiapan ruang.

Cara Memeriksa Perangkat Baru?

Ada dua cara untuk melakukannya, melalui suara dan melalui aplikasi. Jika Anda ingin menambahkannya menggunakan suara Anda, ucapkan “Halo/OK Google” untuk melibatkan pembicara. Jika Anda ingin menyinkronkan semua perangkat, ucapkan “Sinkronkan perangkat saya”. Tetapi jika Anda ingin menyinkronkan perangkat tertentu, ucapkan “Sinkronkan colokan/termostat/lampu saya.” Perhatikan bahwa perangkat harus diatur dengan benar sebelum ini.

Jika Anda memilih untuk membuka aplikasi, buka dan ketuk ikon “Menu” di layar “Beranda”. Selanjutnya, pilih “Kontrol Rumah,” dan navigasikan ke tab “Perangkat” dan periksa perangkat “Tidak ditetapkan”. Pilih perangkat yang ingin Anda tambahkan dan ikuti penyiapannya.

Kesimpulan

Dengan kecanggihan teknologi modern, Anda dapat dengan mudah menghubungkan perangkat pintar Anda dengan Google Home dalam hitungan menit dan menikmati rumah interaktif Anda sendiri. Kami harap Anda menemukan artikel ini menyenangkan dan bermanfaat.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: