Cara Menambahkan Printer Nirkabel ke Chromebook Anda

Kapan terakhir kali Anda mencetak dokumen? Jika Anda pengguna Chromebook, Anda mungkin tidak pernah berencana untuk mencetak apa pun. Laptop yang didukung Chrome OS berpusat pada layanan cloud dan hampir tidak membutuhkan kertas.

Namun, ada pengecualian, dan kertas belum sepenuhnya hilang. Anda mungkin perlu mencetak dokumen kata, tiket film, atau rencana perjalanan. Jadi, ada baiknya mengetahui cara menghubungkan printer nirkabel ke Chromebook Anda. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui proses penyiapan.

Menyiapkan Printer Nirkabel

Mari kita mulai dengan menghubungkan Chromebook ke printer nirkabel. Yang paling penting untuk diingat adalah Chromebook dan printer Anda harus terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.

Sekarang, ikuti langkah-langkah ini untuk menambahkan printer nirkabel ke Chromebook Anda:
Di layar Chrome Anda, pilih waktu di kanan bawah sudut. Kemudian klik “Lanjutan.” Pilih “Mencetak” dan kemudian “Printer.” Pilih “Printer yang tersedia untuk disimpan,” dan ketika Anda melihat printer Anda klik “Simpan.” Pastikan Anda melihat nama printer nirkabel Anda di atas layar dan di bawah “Printer Tersimpan”.
Dalam kebanyakan kasus, prosesnya berjalan lancar. Namun, jika Anda mengalami masalah saat menyimpan printer, Anda dapat mencoba beberapa pengaturan lanjutan.
Klik “Siapkan” di sebelah nama printer Anda.Dari layar pop-up, pilih model dan pabrikan printer Anda.Klik “Tambah.” Periksa apakah printer telah muncul di bagian atas layar.
Jika Anda tidak dapat menemukan printer Anda pada daftar model dan produsen, Anda dapat menentukan PPD (Deskripsi Printer PostScript). Yang harus Anda lakukan adalah mengklik “Browse” pada layar pop-up, di sebelah “Atau tentukan PPD printer Anda.”

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan printer Anda secara manual dengan menambahkan semua informasi sendiri. Anda dapat mengetikkan nama, alamat IP, protokol, dan antriannya. Namun, jika Anda mencoba menyambung ke printer umum, seperti di sekolah atau tempat kerja, Anda mungkin perlu bertanya kepada administrator terlebih dahulu.

Menyiapkan Printer dengan Kabel USB

Anda selalu dapat menyiapkan printer dengan kabel USB jika Anda tidak dapat menghubungkannya secara nirkabel. Jika printer Anda lebih tua, ini mungkin cara terbaik.

Prosesnya hampir sama dengan metode nirkabel. Satu-satunya perbedaan adalah Anda harus menghubungkan printer dengan kabel USB. Laptop Anda akan langsung mengenali printer, dan Anda dapat melanjutkan proses menambahkannya.

Mencetak Dokumen

Setelah Chromebook dan printer Anda terhubung, saatnya untuk mencetak dokumen Anda. Ini sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:
Buka halaman yang ingin Anda cetak. Tekan Ctrl + p secara bersamaan. Sekarang klik panah Bawah di sebelah “Tujuan.” Klik “Lihat lainnya …” Pilih printer Anda. Jika Anda tidak melihat printer Anda, klik “Kelola.” Klik “Cetak.”
Printer Anda akan segera mulai mencetak dokumen. Tetapi sebelum Anda menekan “Cetak”, pastikan bahwa semua pengaturan sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda dapat memilih “Pengaturan Lainnya” untuk mengubah ukuran kertas, tata letak, dll. Tidak mengetahui apa yang salah bisa sangat membuat frustrasi. Namun, biasanya ini adalah kesalahan kecil, dan Anda harus kembali ke pengaturan untuk memperbaikinya. Inilah yang Anda lakukan:
Pilih waktu (pojok kanan bawah) dan kemudian “Pengaturan.” Sekarang, klik “Lanjutan” dan kemudian pada “Mencetak, diikuti oleh” Printers.” Klik pada nama printer Anda dan kemudian “Edit.” melalui semua info printer. Hati-hati terhadap kesalahan ejaan.
Jika semuanya benar, Anda dapat mencoba menghapus dan menambahkan printer Anda lagi. Pilih “Hapus” di sebelah nama printer Anda dan lakukan proses penyiapan lagi.

Dan jika Anda masih tidak dapat mencetak dari Chromebook, sebaiknya hubungi produsen printer secara langsung.

Meninggalkan Cetakan dengan Chromebook

Printer nirkabel adalah alat yang luar biasa yang membuat kehidupan sehari-hari lebih nyaman. Orang mungkin tidak mencetak sebanyak yang mereka lakukan sebelumnya, tetapi kami masih menangani kertas setiap hari. Jadi, mengetahui cara menyambungkan Chromebook ke printer nirkabel sangatlah penting.

Dalam kebanyakan kasus, hanya dengan beberapa klik, Anda telah menambahkan printer. Terkadang, Anda mungkin harus melakukannya secara manual atau bahkan menggunakan kabel USB. Jika Anda mengalami masalah, coba langkah pemecahan masalah.

Pernahkah Anda menyambungkan Chromebook ke printer nirkabel? Apakah Anda punya masalah? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: