Cara Menambahkan Router Kedua ke Jaringan Nirkabel Anda

Menambahkan router kedua ke jaringan nirkabel Anda dapat meningkatkan jangkauan Wi-Fi Anda. Anda sudah mengetahui area pemadaman Wi-Fi di rumah Anda. Menempatkan router kedua di area tersebut akan memberi Anda cakupan penuh.

Untuk sebagian besar, tidak sulit untuk menambahkan router kedua ke Wi-Fi Anda, tetapi masih ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Artikel ini menjelaskan setiap metode secara mendetail dan menawarkan beberapa tip tentang peralatan mana yang bekerja paling baik.

Sebelum Anda Memulai

Rentang router Wi-Fi tergantung pada standar yang didukungnya. Misalnya, router Wireless N (802.11n) menawarkan jangkauan yang lebih baik dibandingkan dengan router Wireless-G.

Sebaiknya menggunakan dua router 802.11n, tetapi Wireless-G sebagai router kedua juga dapat berfungsi dengan baik. Pastikan Anda mengetahui kunci sandi dan SSID untuk setiap router jika Anda mengatur koneksi nirkabel.

Posisi router kedua juga penting. Anda dapat menyimpannya di sebelah komputer untuk konfigurasi dan kemudian memindahkannya ke area pemadaman di rumah Anda.

Mengonfigurasi Router Kedua

Untuk meningkatkan jangkauan sinyal Wi-Fi, Anda dapat menggunakan router kedua sebagai repeater. Seluruh prosedur tidak memakan banyak waktu dan hanya ada beberapa langkah.

Langkah 1

Anda perlu menentukan Subnet Mask dan alamat IP dari router utama Anda. Luncurkan Command Prompt di Windows dan ketik “ipconfig/all”. Nilai yang Anda cari ada di bawah Default Gateway. Pengguna Mac harus meluncurkan aplikasi Terminal dan ketik “ifconfig |grep inet”.

Salin dan tempel alamat IP Anda ke bilah alamat browser. Jika Anda menggunakan Internet Explorer, tambahkan http:// di depan alamat untuk mencegah pesan kesalahan. Sekarang Anda perlu memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk mengakses pengaturan.

Langkah 2

Pilih Pengaturan Nirkabel dan tulis saluran, mode Nirkabel, dan SSID. Pastikan untuk mencatat kata sandi dan mode keamanan Anda (WPA2, WPA, atau WEP). Pada titik ini, Anda dapat melanjutkan untuk mengkonfigurasi router kedua.

Reset router kedua ke pengaturan pabrik dan hubungkan ke router utama melalui kabel Ethernet. Tentu saja, router harus dihidupkan.

Langkah 3

Luncurkan browser Anda dan ketik 192.168.1.1, yang biasanya merupakan alamat IP default. Router D-Link dan Netgear memiliki 192.168.0.1 sebagai alamat IP default.

Setelah masuk ke Pengaturan, ubah semua nilai agar sesuai dengan router utama Anda. Ini termasuk saluran, mode Nirkabel, dan mode keamanan. SSID dapat berbeda sehingga lebih mudah bagi Anda untuk membedakan antara kedua router.

Langkah 4

Arahkan ke Perutean Lanjutan di bawah Pengaturan dan alihkan ke Mode Router. Beberapa router mungkin memiliki mode berlabel NAT, dan Anda harus menonaktifkannya dalam kasus itu. Anda juga perlu menonaktifkan Server DHCP karena router utama Anda memberikan alamat IP ke perangkat yang terhubung.

Setelah itu, Anda perlu mengubah alamat IP router kedua ke alamat gratis mana pun. Misalnya, jika alamat IP pada router utama Anda adalah 192.168.30.1, tetapkan 192.168.30.2 ke router kedua.

Jangan lupa bahwa router harus memiliki Subnet mask yang sama. Setelah selesai, tekan Simpan dan keluar dari browser.

Hubungkan Dua Router

Dengan tidak adanya konfigurasi, saatnya menghubungkan router melalui kabel Ethernet atau Cat-5. Router utama biasanya memiliki 5 port, dan port WAN harus terhubung ke modem IPS.

Pilih salah satu port LAN yang tersedia di setiap router, buat koneksi, dan selesai.

Manfaat dan Kerugian

Seperti yang dikatakan, router kedua meningkatkan jangkauan nirkabel, dan Anda bahkan dapat melakukan daisy-chain beberapa router menggunakan metode yang sama. Tetapi Anda harus tahu bahwa kecepatan internet Anda mungkin terganggu, terutama jika Anda hanya memiliki satu koneksi keluar.

Pada saat yang sama, dua router di jaringan yang sama memungkinkan Anda mengakses semua file yang dibagikan di seluruh jaringan. Anda dapat memindahkan, menyalin, dan menempelkan file, atau memutar musik, film, dan gambar di komputer atau perangkat seluler mana pun yang terhubung.

Namun, berbagi file disertai dengan beberapa masalah keamanan. Siapapun yang memiliki akses ke jaringan nirkabel Anda dapat mengakses file juga. Semakin banyak perangkat yang terhubung berarti semakin banyak risiko keamanan, itulah mengapa penting untuk menginstal perangkat lunak antivirus.

Perluas Jangkauan

Anda tidak harus sangat paham teknologi untuk menambahkan router kedua ke jaringan nirkabel Anda. Selain itu, jika Anda memiliki router lama, Anda selalu dapat menggunakannya kembali untuk mendapatkan jangkauan Wi-Fi yang lebih baik.

Tapi ingat bahwa ini memengaruhi kekuatan sinyal Wi-Fi Anda. Ini seharusnya tidak terlalu menjadi masalah, kecuali jika Anda menggunakan layanan streaming dan aplikasi intensif Wi-Fi lainnya.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: