Cara Menambahkan Subtitle di VLC Media Player

Ketika datang untuk menonton video atau mendengarkan musik di komputer Anda atau melalui aliran internet, tidak ada pilihan yang lebih baik daripada VLC, platform video open-source yang memudahkan pemutaran jenis file apa pun yang mungkin telah Anda simpan di perangkat Anda. VLC bekerja di hampir semua platform yang bisa dibayangkan, dari Windows dan Mac, Android hingga iOS, dan bahkan mendukung distro Linux seperti Ubuntu. Bahkan lebih baik daripada kompatibilitas OS adalah pustaka codec dan jenis file dukungan VLC yang luas. Sebagai pemutar dan platform multimedia, VLC dapat membaca hampir semua file video atau audio, dan bahkan dapat memutar konten dari DVD, CD, dan platform streaming online dengan URL yang kompatibel. bentuk smartphone mereka), membuat film rumah kita sendiri lebih mudah dari sebelumnya. Apa yang dulunya milik mereka yang memiliki Handycam mahal atau bahkan monster VHS yang lebih besar sekarang tersedia untuk kita semua. Untuk lebih baik atau lebih buruk, siapa pun dapat membuat film rumahan dengan kualitas gambar yang layak.

Subtitle berguna untuk banyak hal termasuk memahami film berbahasa asing, menambah kejelasan ucapan yang teredam atau untuk menambahkan efek dramatis atau komedi. Menambahkannya ke pemutar media VLC itu sederhana.

Menambahkan subtitle di pemutar media VLC

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi sebenarnya sangat mudah untuk menambahkan subtitle ke video apa pun di VLC hanya dengan mengunduh file secara online. Jadi, jika Anda memiliki file yang berisi film atau episode televisi, Anda mungkin dapat menemukannya secara online. Mari kita lihat bagaimana melakukannya.

Unduh subtitle dan gunakan di pemutar media VLC

Jika Anda menonton film atau acara TV berbahasa asing, tidak semua versi akan memiliki subtitle. Untungnya, situs web pihak ketiga menawarkan file subtitle yang dapat diunduh yang dapat Anda tambahkan ke VLC. Dua yang saya tahu adalah Subscene dan Opensubtitle. Ada yang lain juga.
Kunjungi situs web subtitle pilihan Anda dan unduh file film atau TV yang Anda butuhkan.Pindahkan atau simpan dalam file yang sama dengan video.Buka VLC secara terpisah, klik kanan file video dan pilih ‘Buka dengan…’ .
VLC akan mengambil file subtitle dan menambahkannya ke pemutaran secara otomatis. Jika awalnya tidak memahami nama file atau sesuatu tidak berfungsi sebagaimana mestinya, Anda dapat menambahkan file secara manual.
Buka file video dalam VLC.Pilih Subtitle dari menu atas.Pilih Sub Track dan file yang sesuai di dalam daftar .
VLC sekarang akan menampilkan subtitle bersama dengan video. Jika tidak melihat file subtitle, pilih ‘Tambahkan file subtitle’ dari menu Subtitle dan pilih file yang Anda unduh secara manual. VLC harus mengambilnya dan memainkannya.

Jika subtitle Anda tidak diputar dengan benar, baik di depan atau di belakang video yang sebenarnya, Anda dapat menyesuaikan penundaan pemutaran untuk subtitle Anda dengan menggunakan tombol G dan H pada keyboard Anda untuk beralih antara penundaan 50ms .

Menambahkan subtitle ke film Anda sendiri

Jika Anda membuat film sendiri dan ingin menambahkan subtitle, Anda bisa. Anda dapat menggunakan editor teks atau aplikasi pembuat subtitle tertentu. Anda perlu menyimpan file dalam format .srt, yang merupakan standar untuk trek subtitle. Mari kita buat file subtitle kita sendiri di Notepad++. Anda dapat menggunakan editor teks apa pun yang Anda suka selama Anda menyimpannya sebagai file .srt. Notepad++ adalah editor teks masuk saya karena secara otomatis menyimpan apa pun yang Anda ketikkan ke dalam memori, yang berguna untuk membuat file yang lebih besar.

Saat membuat trek subtitle, gunakan format berikut. Ini adalah format SRT universal yang harus dapat dipahami oleh sebagian besar pemutar media. Ini pasti bekerja di VLC. Nomornya sendiri adalah urutan permainan untuk judul-judulnya. Stempel waktu dalam menit, detik, dan milidetik. Ini mengontrol kapan dan berapa lama subtitle ditampilkan. Pertama kali saat muncul dan yang kedua saat menghilang dari layar. Baris ketiga adalah teks yang ingin Anda tampilkan.

Untuk membuat trek subtitle Anda sendiri:Anda dapat menggunakan HTML dalam file .srt jika Anda ingin   menambahkan efek ke subtitle. Jika Anda tahu HTML Anda, banyak kesenangan yang bisa didapat! Jika tidak, subtitle akan muncul sebagai teks putih biasa di layar.
Buka Notepad++ atau editor teks favorit Anda. Tempel format di atas ke dalam file baru dan simpan sebagai .srt.Putar video Anda dan tambahkan subtitle yang sesuai dengan stempel waktu di pemutar. Tambahkan baris baru, stempel waktu baru, dan subjudul baru untuk setiap keterangan yang ingin Anda tampilkan di layar. Bilas dan ulangi sampai Anda berada di akhir tempat Anda ingin subtitel muncul.
Membuat subtitel sendiri secara manual memang melelahkan, tetapi perlu jika Anda membuat video sendiri dan ingin menambahkan teks ke dalamnya. Bahkan jika Anda menggunakan aplikasi subtitle, Anda masih perlu memasukkan teks secara manual tetapi Anda melihat dan menulis dalam jendela yang sama. Ada beberapa program teks gratis yang layak di luar sana dan Google adalah teman Anda untuk itu.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: