Cara Menampilkan Tab di Excel

Di Microsoft Excel, istilah “tab,” “sheet,” “sheet tab,” dan “worksheet tab” digunakan secara bergantian. Semuanya mengacu pada lembar kerja tempat Anda bekerja saat ini. Namun, apa pun namanya, bergantung pada proyek yang sedang Anda edit, Anda mungkin memiliki terlalu banyak tab yang terbuka dan perlu menyembunyikan beberapa tab untuk fokus pada pekerjaan Anda.

Namun, pada titik tertentu, Anda mungkin perlu melihat tab tersembunyi itu lagi. Excel memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan tab dan memperlihatkannya melalui proses serupa.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara menampilkan tab lembar kerja, satu per satu atau sekaligus. Kami juga akan membahas beberapa pertanyaan umum mengenai proses penyembunyian tab di Excel.

Cara Menampilkan Tab di Excel

Sebelum kita masuk ke detail tentang cara memunculkan tab lembar kerja, mari kita lihat apa yang perlu Anda lakukan untuk menyembunyikannya terlebih dahulu . Untuk melakukan ini, Anda harus membuka setidaknya dua tab. Perhatikan bahwa Anda tidak dapat menyembunyikan semua tab secara bersamaan; seseorang harus tidak disembunyikan setiap saat. Inilah yang Anda lakukan:
Tekan “Ctrl” (atau “Command” di Mac), dan dengan kursor, pilih tab yang ingin Anda sembunyikan. Klik kanan pada tab yang dipilih dan klik “Sembunyikan” dari menu.
Ini akan otomatis sembunyikan tab yang tidak ingin Anda lihat lagi. Saat Anda ingin memperlihatkan satu tab, klik kanan pada tab mana saja dan pilih dan ikuti langkah-langkah berikut:
Pilih “Tampilkan” dari menu. Dari jendela pop-up, pilih tab yang ingin Anda tampilkan. Pilih “OK.”
Tab akan segera muncul di antara tab lain yang terlihat.

Cara Menampilkan Semua Tab di Excel

Menyembunyikan dan menampilkan tab di Excel satu per satu adalah proses yang mudah. Tetapi jika Anda menyembunyikan banyak tab sekaligus, menampilkan masing-masing secara terpisah dapat menjadi proses yang memakan waktu.

Sayangnya, Excel tidak memberi Anda opsi untuk menekan tombol dan menampilkan semua tab. Anda perlu menerapkan solusi solusi untuk itu. Yang Anda butuhkan hanyalah membuat Tampilan Kustom Buku Kerja Anda di Excel. Begini cara kerjanya:
Sebelum Anda menyembunyikan tab apa pun di Excel, buka bilah alat utama dan pilih “Lihat.” Kemudian, pilih “Tampilan Kustom,” klik “Tambah,” beri nama tampilan Anda, dan klik “OK.” Lanjutkan ke sembunyikan tab.Untuk menampilkannya, buka “Tampilan Kustom” di bilah alat, pilih tampilan yang Anda simpan dan klik “Tampilkan.”
Segera, Anda akan dapat melihat semua tab yang tersembunyi lagi.

Cara Menampilkan Bilah Tab di Excel

Jika Anda telah membuka Buku Kerja Excel dan Anda tidak dapat melihat tab lembar, itu berarti bilah tab disembunyikan. Tidak perlu khawatir, unhiding hanya membutuhkan beberapa klik. Ikuti langkah-langkah ini untuk memperlihatkan bilah tab di Buku Kerja Anda:
Buka “File” di bilah alat utama dan pilih “Opsi” di sudut kiri bawah. Dari jendela pop-up, pilih opsi “Lanjutan” dan gulir ke ” Tampilkan opsi untuk buku kerja ini”. Pastikan bahwa kotak “Tampilkan tab lembar” dicentang. Pilih “OK.”
Anda akan dapat melihat bilah tab di Buku Kerja lagi.

Cara Menampilkan Tabel di Excel

Cara termudah untuk unhide tabel di Excel adalah untuk memastikan Anda menyimpannya terlebih dahulu di lembar terpisah dan menyembunyikannya seperti itu. Dari lembar kerja, salin tabel yang ingin Anda sembunyikan dan ikuti instruksi di atas untuk melakukannya. Kemudian, tampilkan seperti tab lainnya.

Atau, Anda dapat menyembunyikan dan menampilkan beberapa baris dan kolom di Excel secara bersamaan. Begini caranya:
Pilih baris dan kolom yang ingin Anda sembunyikan/sembunyikan.Buka tab “Beranda” lalu ke bagian “Sel”. Pilih “Format” dan, dari menu tarik-turun, gunakan menu “Sembunyikan & Perlihatkan ” di bawah bagian “Visibilitas”.
Cara Menampilkan Tabel Pivot di Excel

A Tabel pivot adalah fitur berguna di Excel yang membantu pengguna menyortir data dalam jumlah besar. Jika Anda sedang mengerjakan tabel Pivot dan Daftar Bidang menghilang, Anda bisa mendapatkannya kembali dengan mengikuti langkah-langkah cepat berikut.
Klik kanan di mana saja pada tabel Pivot Anda.Pilih “Tampilkan Daftar Bidang” dari menu.
Jika Anda perlu menyembunyikan Daftar Bidang lagi, ikuti langkah yang sama, tetapi pilih “Sembunyikan Daftar Bidang” kali ini.

Cara Menampilkan Tab di Excel VBA

Jika Anda ingin opsi lain untuk menampilkan lebih dari satu tab tersembunyi sekaligus, Anda dapat menggunakan Visual Basic untuk Editor aplikasi atau VBA di Excel. Seperti inilah proses itu:
Klik pada tab lembar kerja dan alih-alih “Tampilkan”, pilih “Lihat Kode.” Jendela editor VBA akan diluncurkan. Di editor, Anda akan melihat jendela “Segera”. Jika Anda tidak melihatnya, buka “View>Immediate Window.” Di Jendela Immediate, masukkan kode berikut: “For each Sheet in Thisworkbook.Sheets: Sheet.Visible=True: Next Sheet”
Kode akan dieksekusi segera, dan Anda akan melihat tab tersembunyi Anda lagi.

Cara Menampilkan Buku Kerja di Excel

Anda dapat menyembunyikan atau memperlihatkan jendela Buku Kerja di Excel dan, dengan melakukannya, kelola ruang kerja Anda untuk keuntungan Anda. Buku kerja ditampilkan di bilah tugas secara default, tetapi inilah cara Anda dapat menyembunyikan atau menampilkannya:
Buka tab “Tampilan” di bilah alat utama, lalu ke grup “Jendela”. Pilih “Sembunyikan” atau “Tampilkan”. perlu unhide, pilih nama Workbook dan kemudian “OK.”
Anda akan dapat melihat Workbook tersembunyi lagi.

Tanya Jawab Tambahan
1. Bagaimana Melakukan Global Unhide di Excel?

Anda juga dapat menyembunyikan atau menampilkan semua baris dan kolom di Excel dengan mengklik ruang pertemuan baris pertama dan kolom pertama. Itu ada di sudut kiri atas.u003cbru003eu003cbru003eIni akan memilih semua baris dan kolom, dan kemudian yang perlu Anda lakukan hanyalah mengklik opsi “Sembunyikan” atau “Tampilkan” di grup “Jendela” di tab “Lihat”. Bagaimana Anda Menampilkan Tab Tersembunyi di Excel?

Jika Anda ingin menampilkan tab tersembunyi di Excel, ikuti instruksi yang diberikan di atas tentang cara melakukannya untuk tab terpisah dan beberapa tab sekaligus.
3. Bagaimana Cara Menampilkan Tab di Excel 2016?

Jika Anda pengguna Excel 2016, langkah-langkah untuk menyembunyikan dan menampilkan tab identik dengan Excel 2019. Jadi, yang perlu Anda lakukan hanyalah menerapkan langkah-langkah yang sama yang telah kami berikan di atas.

Melihat Hanya Tab yang Anda Butuhkan

Ketika Anda menavigasi melalui lusinan, terkadang ratusan, tab di Buku Kerja Excel Anda, Anda dapat membuang banyak waktu untuk membuka tab yang tidak Anda perlukan. Anda tidak dapat menghapusnya karena Anda mungkin akan membutuhkannya nanti. Solusi terbaik adalah menyembunyikannya.

Tetapi jika Anda tidak yakin bagaimana cara menyembunyikannya nanti, Anda mungkin akan enggan untuk mengambil langkah itu sejak awal. Semoga tutorial ini akan membantu Anda menavigasi menyembunyikan dan menampilkan tab di Excel dan menjadi lebih efisien dalam menggunakan fitur ini.

Berapa banyak tab yang biasanya Anda buka saat bekerja di Excel? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: