Cara Mencadangkan iPhone yang Rusak

A iPhone rusak bisa sangat rumit, terutama mengingat berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya. Apakah Anda berencana untuk memperbaiki atau memperbaiki iPhone Anda, Anda harus tahu cara mencadangkan ponsel Anda dan memulihkan semua data Anda. Jika Anda bertanya-tanya apakah ini mungkin, itu tergantung pada seberapa rusak iPhone Anda sebenarnya.

Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan kepada Anda berbagai metode untuk mencadangkan iPhone Anda yang rusak. Setelah berhasil mencadangkan data, Anda bebas mengganti layar yang rusak.

Mencadangkan iPhone Dengan Layar Rusak

Menjatuhkan iPhone sekali pun dapat mengakibatkan layar pecah sepenuhnya. Apakah Anda akan mengalami kesulitan mencadangkan iPhone Anda tergantung pada seberapa rusak layarnya. Jika responsif terhadap sentuhan, itu berita bagus. Jika tidak, ada metode dan perangkat eksternal lain yang harus Anda gunakan untuk menyimpan data Anda.

Jika layar Anda entah bagaimana responsif, inilah yang perlu Anda lakukan:
Buka “Pengaturan” di layar beranda. Ketuk ” ID Apple” di bagian atas menu pengaturan. Turun hingga Anda menemukan tab “iCloud Drive”. Lanjutkan ke “pencadangan iCloud.” Pilih tab “Cadangkan Sekarang”.
Beri iPhone Anda waktu untuk mencadangkan semua data Anda . Untuk mempercepat, pastikan Anda menggunakan koneksi internet yang kuat.

Jika Anda tidak dapat menggunakan layar sama sekali, Anda harus melakukannya dengan cara lain. Metode yang paling umum dan efektif untuk mencadangkan iPhone Anda yang rusak adalah melalui iTunes. Sebelum mencoba metode ini, pastikan Anda telah menginstal iTunes versi terbaru di komputer Anda. Anda juga memerlukan kabel USB. Untuk mencadangkan iPhone Anda yang rusak dengan iTunes, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Hubungkan iPhone dan komputer/laptop Anda melalui kabel USB. Luncurkan iTunes. Klik iPhone Anda di bawah “Perangkat” di bilah sisi kiri. Di bawah bagian “Pengaturan”, pilih “Ringkasan.” Di panel “Cadangan”, centang opsi “Komputer ini”. Klik tombol “Cadangkan sekarang” di sisi kanan panel. Buka tombol “Selesai”. iTunes untuk mencadangkan semua data Anda, yang akan disimpan di komputer Anda. Jika Anda memutuskan untuk mendapatkan iPhone baru, Anda dapat mentransfer semua data yang dicadangkan dari komputer Anda dengan mengklik tombol “Pulihkan Cadangan …” pada panel yang sama.

Perlu diingat bahwa metode iTunes hanya berfungsi dengan komputer tepercaya. Jika Anda menggunakan komputer yang belum pernah dipasangkan dengan iPhone sebelumnya, Anda tidak akan dapat menghubungkan kedua perangkat ini tanpa kemampuan untuk menggunakan layar iPhone Anda.

Cadangkan iPhone Dengan Layar Rusak Tanpa iTunes

Jika tidak ingin menggunakan metode iTunes, atau jika Anda tidak dapat mengakses komputer Anda saat ini, ada hal lain yang dapat Anda coba untuk mencadangkan iPhone Anda yang rusak. Jika Anda ingin menggunakan salah satu dari solusi ini, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi.

Untuk memulainya, Anda harus benar-benar dapat melihat layar Anda, meskipun Anda tidak dapat menyentuhnya. Kedua, Anda harus membuka kunci ponsel Anda. Karena Anda tidak dapat memasukkan kata sandi atau PIN, Anda harus menggunakan fitur ID Wajah atau ID Sentuh. IPhone yang lebih lama, seperti iPhone 8 dan yang lebih lama, tidak mendukung ID Wajah sehingga Anda harus menggunakan fitur ID Sentuh. Ketiga, Anda harus mengaktifkan Siri di iPhone Anda sehingga Anda dapat menggunakannya untuk mengaktifkan VoiceOver, yang sangat nyaman jika Anda tidak dapat melihat layar sama sekali.

Yang terpenting, Anda memerlukan salah satu aksesori Apple berikut untuk mengakses iPhone Anda: keyboard USB, adaptor Lightning ke USB, dan keyboard Bluetooth. Anda juga harus memiliki akun iCloud yang memiliki cukup ruang untuk cadangan Anda, serta koneksi internet yang stabil.

Untuk mencadangkan iPhone Anda dengan fitur VoiceOver dan keyboard USB, inilah yang perlu Anda lakukan:
Hubungkan iPhone Anda dan keyboard USB dengan adaptor Lightning ke USB.Buka kunci iPhone Anda dengan ID Wajah atau ID Sentuh.Catatan: Ingatlah bahwa jika Anda memulai ulang iPhone, atau jika mati karena baterai lemah, Anda tidak akan dapat gunakan ID Wajah atau ID Sentuh untuk membukanya. Saat Anda menghidupkan dan mematikan iPhone, Anda harus memasukkan kata sandi atau PIN untuk membukanya. Ucapkan, “Hai Siri, aktifkan VoiceOver.” Berikan perintah suara ini “Buka pengaturan iCloud.” Tekan tombol kursor “Kanan” pada Keyboard USB hingga Anda memilih “iCloud Backup.” (Jika Anda tidak dapat melihat layar Anda sama sekali, tekan tombol 22 kali) Tekan tombol “Ctrl”, “Alt”, dan “Spasi” secara bersamaan. Jika Anda menggunakan Keyboard USB Mac, tekan “Kontrol”, “Opsi”, dan Spasi. Ini akan membawa Anda ke layar “iCloud Backup”. Gunakan tombol yang sama untuk mengaktifkan opsi “iCloud Backup”. Catatan: Jika Anda tidak dapat melihat layar Anda sama sekali, tekan tombol kursor “Kanan” tiga kali. Fitur VoiceOver akan mengatakan “iCloud Backup On/Off” untuk memberi tahu Anda apakah fitur ini telah diaktifkan atau belum. Pilih tombol kursor “Kanan” dua kali lagi. Tekan tombol “Ctrl,” “Alt,” dan “Space” pada waktu bersamaan. Untuk keyboard Mac, tekan “Kontrol,” “Opsi,” dan “Spasi” secara bersamaan.Tunggu iPhone Anda mencadangkan semua data Anda.
Data iPhone Anda akan dicadangkan ke akun iCloud Anda. Jika Anda ingin menggunakan papan ketik Bluetooth, Anda harus menggunakan Siri, fitur VoiceOver, dan kabel USB untuk mengaktifkan Bluetooth dan menghubungkan kedua perangkat. Alasan mengapa keyboard Bluetooth berguna dalam situasi ini adalah karena Anda dapat menghubungkan iPhone dan komputer Anda melalui port Lightning.

Cadangkan iPhone Dengan Layar Rusak Tidak Merespons

Semua metode di atas berlaku jika Anda dapat menggunakan layar rusak, bahkan jika Anda tidak dapat menyentuhnya. Tetapi apa yang terjadi jika layar Anda hitam dan Anda bahkan tidak dapat melihat apa pun? Kabar baiknya adalah Anda dapat menggunakan fitur VoiceOver, bersama dengan Siri dan keyboard USB. Itulah gunanya fitur VoiceOver, untuk memberi tahu Anda apa yang sebenarnya terjadi bahkan ketika Anda tidak dapat melihatnya.

Namun, jika layar Anda benar-benar tidak responsif, satu-satunya pilihan Anda adalah memperbaikinya atau menggantinya. Jika Anda sudah mencoba semua metode ini, dan tidak ada yang berhasil, Anda harus membawa iPhone Anda ke Apple Store atau afiliasi terdekat. Mungkin bukan hanya layarnya saja yang rusak, tetapi beberapa perangkat keras internal juga. Jika itu masalahnya, maka sangat tidak mungkin Anda dapat mencadangkan iPhone dan memulihkan semua data Anda.

Simpan Semua Data di iPhone Anda

Hanya karena layar iPhone Anda rusak bukan berarti semuanya hilang. Jika Anda tidak merusak perangkat keras internal apa pun, Anda dapat mencadangkan iPhone dan memulihkan semua data Anda menggunakan berbagai metode. Setelah semua data Anda aman, Anda dapat memperbaiki atau mengganti layar iPhone Anda atau membeli yang baru. Yang perlu Anda lakukan adalah mengimpor semua data Anda kembali ke perangkat Anda.

Pernahkah Anda merusak layar iPhone Anda sebelumnya? Apa yang kamu lakukan? Apakah Anda berhasil mencadangkan iPhone Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: