Cara Mencerminkan Android ke Roku

Menampilkan foto liburan keluarga Anda bisa melelahkan jika Anda semua berkumpul di sekitar layar kecil. Menonton video YouTube atau streaming acara Netflix favorit Anda juga jauh lebih menyenangkan di layar lebar. Apakah Anda memerlukan banyak kabel untuk menghubungkan ponsel ke TV?

Jika Anda memiliki Roku, kami punya kabar baik. Anda tidak memerlukan kabel sama sekali. Perangkat Android dan Roku kompatibel, dan dimungkinkan untuk mencerminkan ponsel Anda ke Roku. Ikuti terus artikel ini untuk mempelajari cara melakukannya.

Cara Mengaktifkan Pencerminan ke Perangkat Roku

Fitur pencerminan Roku memungkinkan Anda mengirim apa pun dari ponsel Android ke TV secara nirkabel. Anda dapat mengirim musik, foto, video, halaman web, dan banyak lagi. Untuk memulai, Anda harus mengaktifkan opsi ini di ponsel cerdas atau tablet Anda dan menghubungkannya ke Roku Anda. Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk mengaktifkan fitur pencerminan pada perangkat Roku Anda, karena itu akan bekerja secara otomatis.

Apakah Roku Anda Mendukung Pencerminan Layar?

Sebelum Anda membuat koneksi, pastikan model Roku Anda mendukung pencerminan. Sebagian besar model Roku tersedia, tetapi, misalnya, Roku Express 3700 atau Roku Express+ 3710 tidak. Jika Anda tidak tahu nomor model Anda, Anda dapat memeriksa sebagai berikut:
Buka menu utama Roku Anda, itu terletak di Beranda, gulir ke bawah ke Pengaturan dan pilih. Selanjutnya, pilih Sistem > Tentang. Anda akan melihat info model di sana.
Apakah Android Anda Mendukung Pencerminan Layar?

Anda juga perlu mengetahui apakah OS Android Anda mendukung pencerminan, karena tidak semua versi melakukannya. Secara umum, kemungkinan itu terjadi jika 4.4.2 atau lebih baru. Anda dapat mengetahuinya dengan membuka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda. Gulir ke bawah untuk menemukan Sistem atau Tentang telepon dan ketuk untuk melihat versi OS jika Anda tidak yakin.

Jangan bingung jika Anda tidak dapat menemukan fitur di bawah Screen Mirroring. Beberapa merek tidak menggunakan kata-kata yang tepat ini. Cari beberapa variasi ini: screencasting, HTC connect, Smart View, Wireless Display, Quick Connect, dan sejenisnya. Apa pun yang dipilih pabrikan, opsi tersebut harus berada di suatu tempat dalam pengaturan di bawah Tampilan atau Konektivitas.

Jika Anda tidak dapat menemukan fitur tersebut, coba googling model ponsel Anda dan pencerminan layar. Anda mungkin menemukan jawabannya di situs web atau forum resmi.

Cara Memulai Pencerminan Layar di Perangkat Android Anda

Berikut langkah-langkah yang harus diikuti untuk mengaktifkan pencerminan layar di perangkat Android Anda:
Pastikan Roku Anda berjalan dengan benar dan Anda telah menginstal semua yang diperlukan pembaruan. Lakukan hal yang sama untuk perangkat Android Anda. Sekarang, buka menu Pengaturan di perangkat Anda. Dari sini, klik pada keluaran Media, nama pada perangkat Anda mungkin berbeda. Sekarang, pilih perangkat Roku yang ingin Anda streaming.
Cara Menerima Pencerminan Layar di Perangkat Roku Anda

Jika Anda tidak menerima permintaan untuk mencerminkan layar dari perangkat Android Anda setelah melakukan langkah-langkah yang disebutkan di atas, berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk mengaktifkan pencerminan layar pada perangkat Roku Anda.
Ambil Roku Anda remote, cari tombol Home dan tekan. Sekarang, gulir ke bawah dan pilih Pengaturan dari menu yang Anda lihat di layar. Selanjutnya, gulir ke bawah dan pilih Sistem. Kemudian, gulir ke bawah dan klik Pencerminan layar. Sekarang, klik pada perangkat pencerminan layar yang bernama tepat. Kemudian, lihat di bawah Perangkat yang selalu diizinkan untuk perangkat Android Anda, izinkan jika belum.
Pengaturan Pencerminan Layar Roku

Jika Anda ingin melakukan penyesuaian pada konfigurasi pencerminan layar, ikuti petunjuk di bawah.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, ambil remote Roku Anda dan tekan tombol Home. Sekali lagi, gulir ke bawah dan pilih Pengaturan dari menu yang Anda lihat di layar. Seperti disebutkan di atas, gulir ke bawah dan pilih Sistem. Sekali lagi, lalu gulir ke bawah dan pilih Pencerminan layar. Sekarang, di bawah mode Pencerminan layar, Anda akan melihat tiga opsi di sebelah kanan: Prompt, Selalu izinkan dan Jangan izinkan. Jika Anda memilih Prompt, Anda perlu mengonfirmasi perangkat setiap kali mencoba mencerminkan di layar lebar Anda. Pengaturan kedua memungkinkan pencerminan tanpa memberi tahu Anda setiap saat dan pengaturan ketiga memblokir perangkat apa pun dari pencerminan.
Jika Anda satu-satunya pengguna Roku tertentu, mungkin aman untuk menyetelnya ke Selalu izinkan. Jika Anda tidak tinggal sendiri, buka Prompt.

 

Bukankah Mencerminkan Sama dengan Mentransmisi?

Kami cenderung menggunakan kedua istilah ini secara bergantian. Namun, ada perbedaan antara screen mirroring dan screencasting. Kami akan menjelaskan secara singkat.
Saat mentransmisikan konten tertentu dari ponsel, Anda dapat melakukan hal lain tanpa mengganggu konten. Itu bukan sesuatu yang dapat Anda lakukan dengan mirroring, karena semua yang Anda lakukan muncul di perangkat yang Anda mirroring. Casting tersedia di perangkat iOS, sedangkan screen mirroring tidak. Aplikasi tertentu memungkinkan Anda untuk mentransmisi dari ponsel ke ponsel Anda. TELEVISI. Dengan pencerminan layar, Anda dapat menggunakan aplikasi apa pun, dan itu akan ditampilkan di layar lebar. Saat mentransmisi, Anda dapat menggunakan remote Roku untuk mengontrol apa yang terjadi di TV. Sedangkan untuk mirroring, Anda hanya dapat menggunakan perintah di ponsel Anda. Ketika Anda mentransmisikan acara TV, misalnya, Anda hanya melihat pemutarannya di TV Anda. Tapi tidak saat Anda melakukan mirroring, di mana seluruh layar akan ditampilkan.
Berbagi Tidak Pernah Lebih Mudah

Seperti yang Anda lihat, Anda hanya perlu beberapa menit untuk mengatur fitur screen mirroring ke perangkat Roku Anda. Bagi pengguna Android, ini memiliki beberapa keunggulan. Apakah Anda ingin menunjukkan foto liburan keluarga atau desain terbaru Anda? Selesai. Apakah Anda ingin mengirim konten dari aplikasi yang tidak didukung oleh Roku? Selesai juga.

Apa yang akan Anda cerminkan ke perangkat Roku dan tonton di layar lebar? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: