Cara Mencerminkan Layar Android ke Perangkat Android Lain

Menonton film di ponsel Anda bisa jadi cukup tidak nyaman. Jika Anda membagikan layar itu dengan teman, itu bisa sangat mengganggu. Untuk pengguna Android, ada cara mudah untuk membagikan konten layar Anda tanpa ketidaknyamanan.

Jika orang lain adalah pengguna perangkat Android, Anda dapat mencerminkan layar Anda menggunakan aplikasi pencerminan layar pihak ketiga. Dengan begitu, setiap gerakan yang Anda lakukan di ponsel akan muncul di perangkat Android lain, selama tetap terhubung.

Pencerminan layar juga berguna jika Anda ingin berbagi layar untuk memecahkan masalah dengan pengguna Android lain. Apa pun tujuannya, kami akan memandu Anda melalui cara kerjanya.

Cara Mencerminkan Android ke Android

Ponsel dan tablet Android tidak memiliki fitur pencerminan layar bawaan – setidaknya belum. Meskipun akan menyenangkan untuk memilikinya, masih cukup mudah untuk mencerminkan konten dari satu perangkat Android ke perangkat Android lainnya.

Ada banyak aplikasi pencerminan layar di Google Play Store, tetapi kami akan membahas tiga pilihan teratas yang gratis untuk mengunduh dan menggunakan:

ApowerMirror

Ini adalah salah satu aplikasi cermin layar paling serbaguna yang tersedia. Tidak hanya dapat digunakan di antara dua perangkat Android, tetapi Anda juga dapat mencerminkan Android Anda ke layar PC atau TV. Ini juga mudah digunakan dan bekerja dengan andal.

Sebelum kami memandu Anda melalui langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu memastikan bahwa kedua perangkat Android terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Setelah Anda menyelesaikannya, inilah yang harus dilakukan selanjutnya:
Unduh dan instal aplikasi ApowerMirror di kedua perangkat Android. Sekarang, luncurkan aplikasi dari perangkat A dan perangkat B. Dari perangkat A, pilih tab “Wi-Fi” dan tunggu hingga aplikasi mengenali perangkat B. Ketuk nama perangkat B lalu pilih “Cermin.” Kemudian, pilih “Mulai Sekarang,” dan proses pencerminan akan dimulai.
Jika koneksi stabil, orang yang menggunakan perangkat A akan mengontrol perangkat apa B melihat. Anda dapat menyesuaikan resolusi dan definisi pencerminan dalam aplikasi untuk menambah atau mengurangi kualitas gambar agar sesuai dengan kekuatan koneksi.

Inkwire

Aplikasi berbagi layar Android terkenal lainnya adalah Inkwire. Ini berguna untuk membantu teman dan keluarga memecahkan teka-teki terkait Android mereka.

Ini juga memungkinkan Anda untuk menonton teman Anda bermain game dari ponsel Anda dengan nyaman. Sebelum membagikan layar Anda dengan aplikasi ini, pastikan kedua perangkat terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.

Jika Wi-Fi tidak tersedia, salah satu perangkat dapat mengaktifkan hotspot, dan perangkat lainnya dapat terhubung. Setelah selesai, inilah yang harus dilakukan:
Di kedua perangkat, unduh aplikasi pencerminan layar Inkwire dari Google Play store. Buka aplikasi di setiap perangkat. Dari perangkat A, pilih “Bagikan” diikuti oleh “Mulai Sekarang.” Aplikasi akan menghasilkan kode akses 12 digit. Sekarang, dari perangkat B, pilih “Access.” Masukkan kode 12 digit dari perangkat A dan pilih “Access” lagi.
Perangkat akan terhubung secara otomatis, dan pengguna dengan ponsel B akan melihat semua yang dilakukan pengguna dengan ponsel A. Jika Anda ingin mengakhiri sesi pencerminan, pengguna ponsel B dapat menyeret panel notifikasi dan memilih “Berhenti.”

Berbagi Layar

Aplikasi pencerminan layar ketiga yang mungkin ingin dipertimbangkan oleh pengguna Android adalah Berbagi Layar. Ini menawarkan fitur seperti obrolan suara dan menggambar.

Ini ditujukan untuk bantuan jarak jauh dan dukungan pelanggan untuk pengguna Android, tetapi dapat digunakan dengan cara kreatif lainnya. Untuk menggunakan aplikasi Berbagi Layar dengan benar, inilah yang harus Anda lakukan:
Unduh dan instal aplikasi Berbagi Layar di perangkat Android A dan B dari Google Play Store. Luncurkan aplikasi di kedua perangkat. Pada perangkat A, klik opsi “Bagikan”. PIN 5 digit akan muncul. Dari perangkat B, pilih opsi “Bantuan”. Sekarang, masukkan PIN 5 digit yang disediakan oleh perangkat A.
Pencerminan akan segera dimulai, dan Anda bahkan dapat berbagi layar dengan pengguna Android lain.

Cara Mencerminkan Perangkat Android Anda Dengan Smart TV

Jika Anda memiliki TV Android atau TV apa pun dengan fitur screencasting bawaan, Anda dapat menggunakan ponsel Android Anda untuk pencerminan. Hal yang sama berlaku jika Anda memiliki perangkat Chromecast yang menjadikan TV Anda “pintar”.

Untuk berhasil mencerminkan layar ponsel Anda ke TV, Anda harus mengunduh dan menyiapkan aplikasi Google Home di perangkat Android Anda terlebih dahulu. Setelah Anda melakukannya, inilah yang harus dilakukan selanjutnya:
Nyalakan TV Anda dan pastikan itu terhubung ke Wi-Fi yang sama dengan perangkat Android Anda. Luncurkan aplikasi Google Home di ponsel Anda. Ketuk nama TV Anda dalam daftar perangkat. Pilih “Cast my screen.” Anda akan melihat pesan pop-up yang menjelaskan “mirroring” dan pengalaman akan bervariasi tergantung pada perangkat yang Anda gunakan. Sekarang, ketuk “Cast Screen” diikuti dengan “Start Sekarang.”
Anda akan melihat layar ponsel Anda di TV dan tombol untuk menyesuaikan volume. Layar akan berada dalam mode potret secara default, tetapi Anda dapat mengubahnya menjadi lanskap jika lebih nyaman. Dengan cara ini, Anda dapat menikmati konten ponsel Anda di layar lebar dengan sedikit usaha.

Akses Lebih Menyenangkan dan Lebih Mudah Dengan Pencerminan Layar

Meskipun tidak ada aplikasi yang sempurna, tiga aplikasi pencerminan yang telah kita bahas akan menyelesaikan pekerjaan saat berbagi layar dari satu perangkat Android ke perangkat Android lainnya.

Usia dan kondisi perangkat akan memengaruhi seberapa baik proses ini bekerja dan jenis konten yang Anda mirroring. Anda dapat mencoba ketiga aplikasi dan melihat mana yang paling cocok untuk Anda.

Selain itu, jika Anda memiliki TV yang mendukung teknologi transmisi, Anda dapat mencerminkan Android dengan menggunakan aplikasi Google Home, yang cukup nyaman.

Dari mana Anda akan mencerminkan perangkat Android Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: