Cara Mencetak Pesan Teks dari iPhone atau Perangkat Android

Device Links
AndroidiPhoneMacDevice Missing?
Pesan teks telah menjadi salah satu bentuk komunikasi paling populer di antara orang-orang dalam beberapa tahun terakhir, tetapi memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah bahwa pesan itu sendiri terbatas pada perangkat tujuan pengirimannya. Ini membuat berbagi agak merepotkan, karena Anda harus menunjukkannya kepada orang-orang secara individu atau meneruskan pesan itu sendiri ke beberapa orang.

Untungnya, teknologi menyediakan cara untuk mengatasi hal ini, misalnya mencetak pesan-pesan ini. Ini tidak hanya membuat informasi elektronik di ponsel Anda lebih taktil, tetapi juga memberi Anda cara untuk merekam pesan-pesan ini untuk digunakan di masa mendatang.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara mencetak pesan teks untuk saat-saat yang mungkin Anda perlukan.

Cara Langsung Mencetak Pesan Teks dari Android ke Printer

Jika Anda ingin mencetak pesan langsung dari ponsel Anda ke sebuah printer, ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi. Ini adalah:
Printer Anda harus dapat terhubung ke Wi-Fi atau jaringan lokal. Kecuali Anda memiliki printer yang mendukung Wi-Fi, pencetakan langsung tidak dapat dilakukan. Untuk memeriksa konektivitas Wi-Fi, lihat manual printer Anda. Atau, jika Anda melihat tombol Wi-Fi pada printer Anda, maka itu adalah indikasi yang jelas bahwa Wi-Fi sudah siap. Ponsel Anda harus dapat terhubung ke printer. Karena perangkat Android memiliki berbagai produsen, tidak semua ponsel dan tablet Android dijamin dapat terhubung ke printer secara langsung. Untuk memeriksa, lakukan hal berikut: a. Buka menu Pengaturan Anda. Untuk melakukan ini, geser ke bawah lalu ketuk ikon roda gigi di menu cepat Anda, atau geser ke atas untuk membuka menu aplikasi, lalu cari lalu ketuk Pengaturan. B. Pada bilah pencarian pada menu pengaturan, ketik Cetak, lalu ketuk Cari.c. Jika hasil seperti layanan Pencetakan, Pekerjaan cetak atau Pencetakan menunjukkan, maka ponsel Anda mampu mencetak langsung. Ponsel dan printer Android Anda harus terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Lihat manual printer Anda untuk memeriksa cara menghubungkan model printer khusus Anda ke Wi-Fi.
Setelah Anda memiliki printer dan perangkat Android Anda terhubung, Anda dapat melanjutkan dengan mencetak pesan teks Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Ambil tangkapan layar pesan Anda ingin mencetak. Ini diperlukan karena Android tidak memiliki metode bawaan untuk mencetak pesan langsung dari aplikasi SMS. Untuk mengambil tangkapan layar, tahan tombol daya dan volume secara bersamaan. Buka folder Tangkapan Layar perangkat Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan:a. Membuka Menu Aplikasi dengan menggeser ke atas saat berada di layar utama.b. Menemukan dan mengetuk ikon File. Ini biasanya diwakili oleh gambar folder.c. Membuka menu utama dengan mengetuk ikon tiga garis di kiri atas.d. Mengetuk Gambar.e. Mengetuk Tangkapan Layar. Pilih gambar yang memiliki pesan yang ingin Anda cetak, lalu ketuk. Jika Anda diminta untuk memilih aplikasi untuk membukanya, aplikasi Foto default akan baik-baik saja. Ketuk Bagikan. Ini harus menjadi ikon tiga lingkaran yang terhubung atau ikon Bagikan. Dari daftar ikon yang muncul, ketuk Cetak. Anda akan diberikan beberapa opsi pencetakan. Sesuaikan mereka seperti yang diinginkan. Setelah selesai, ketuk panah dropdown di sudut kanan atas, lalu pilih nama printer Anda dari daftar. Anda akan sekali lagi diberi kesempatan untuk mengedit opsi printer, seperti rentang halaman dan jumlah salinan . Setelah Anda memastikan bahwa nilai saat ini sudah benar, ketuk tombol Cetak.Jika printer Anda saat ini terhubung dan dihidupkan, printer akan mulai mencetak secara otomatis.Ulangi proses untuk semua tangkapan layar sesuai kebutuhan.
Cara Langsung Mencetak Pesan Teks dari iPhone ke Printer

Mencetak pesan langsung ke Printer juga bisa dilakukan saat menggunakan iPhone. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:
Siapkan printer berkemampuan Wi-Fi dan sambungkan ke jaringan yang sama dengan yang digunakan iPhone Anda.Buka pesan teks yang ingin Anda cetak.Ambil tangkapan layar pesan dengan menekan tombol Daya dan Tombol Home secara bersamaan (Atau, jika Anda tidak memiliki tombol home, tekan tombol Power dan tombol Volume Atas). Seperti yang disebutkan, Anda perlu mengambil tangkapan layar karena aplikasi perpesanan teks iPhone tidak memiliki cara langsung untuk mencetak percakapan. Buka gambar percakapan yang Anda simpan menggunakan aplikasi Foto di iPhone Anda. Gulir ke bawah ke menu di bawah, lalu ketuk pada Cetak.Ketuk Pilih Printer dan pilih Printer yang saat ini terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda.Jika printer Anda aktif dan saat ini terhubung, printer akan mulai mencetak secara otomatis.
Cara Mencetak Pesan Teks dari iCloud

Apple iCloud memungkinkan pengguna untuk mencadangkan data dari perangkat Apple mereka ke cloud untuk digunakan nanti. Ini adalah cara yang bagus untuk mengarsipkan data tetapi tidak menyediakan cara untuk langsung mencetak pesan dari aplikasi iCloud itu sendiri. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menginstal perangkat lunak pihak ketiga yang memungkinkan Anda untuk mencetak pesan sebagai gantinya.

 AnyTrans adalah program yang baik untuk digunakan, karena antarmukanya agak intuitif, dan dilengkapi dengan uji coba gratis jika Anda hanya ingin untuk menggunakannya untuk waktu yang singkat. Instal AnyTrans di Mac atau PC Anda, lalu lanjutkan dengan petunjuk di bawah ini.

Untuk menggunakan iCloud untuk mencetak pesan teks, Anda harus menyalakannya terlebih dahulu. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:
Di iPhone Anda, buka Menu Aplikasi. Gulir dan ketuk Pengaturan. Ketuk akun iCloud Anda. Jika Anda tidak memilikinya, Anda harus mendaftar untuk mendapatkannya. Apple menyediakan penyimpanan gratis untuk semua pengguna iPhone. Pada menu di bawah, ketuk iCloud. Temukan ikon Pesan, dan pastikan sakelar iCloud dihidupkan. printer yang terhubung ke komputer. Anda akan memerlukan aplikasi AnyTrans untuk ini, jadi pastikan Anda sudah menginstalnya. Kemudian, lakukan hal berikut:
Buka AnyTrans di komputer Anda.Klik pada Tab Pengelola iCloud.Buka akun iCloud Anda.Pada halaman Kategori, temukan dan klik Cadangan iCloud.Dari daftar perangkat, pilih salah satu yang memiliki pesan yang Anda ingin mencetak. Pada menu di sebelah kiri, klik Pesan. Temukan pesan yang ingin Anda cetak, lalu pastikan kotak centangnya telah diaktifkan. Klik ikon Ke Komputer yang terletak di sudut kanan atas layar. Di komputer Anda, temukan folder ekspor. Pesan seharusnya disimpan sebagai file html, dan gambar akan ditempatkan di folder img. Sekarang Anda dapat menggunakan printer yang terhubung ke komputer Anda untuk mencetak file.
Cara Mencetak Pesan Teks dengan Menyalin dari Ponsel ke PC Terlebih Dahulu

Mentransfer pesan teks dari ponsel ke komputer Anda juga merupakan cara yang layak untuk mencetaknya, meskipun akan memerlukan perangkat lunak pihak ketiga. Pesan teks seluler datang dalam format file yang tidak dapat dibaca oleh komputer Anda. Jika Anda ingin menggunakan pesan teks ini, pertama-tama Anda harus membuatnya dapat dibaca oleh PC Anda.

Keuntungan dari metode ini adalah Anda tidak memerlukan Printer berkemampuan Wi-Fi untuk mencetak pesan itu sendiri. Selama Anda memiliki printer yang terhubung ke komputer tempat Anda akan mengirim pesan, itu sudah cukup. Jika Anda menggunakan iPhone, lihat metode transfer iCloud di atas, karena ini akan menjadi cara paling sederhana untuk melakukannya di iOS. Jika Anda menggunakan ponsel Android, pilih salah satu aplikasi berikut:

Android Manager

Tersedia untuk Mac dan Windows, aplikasi Android Manager memungkinkan pengguna untuk mencadangkan data termasuk pesan SMS dari perangkat Android apa pun ke PC. Ini juga memiliki opsi bagi pengguna untuk melihat dan mencetak pesan teks yang telah ditransfer. Ini memerlukan kabel USB untuk menghubungkan ponsel ke komputer, tetapi sebagian besar perangkat android biasanya disertakan dengan ini.

Android Manager adalah perangkat lunak berbayar, tetapi ada masa percobaan gratis bagi mereka yang ingin mencobanya.

Dr. Fone

Aplikasi populer lainnya bagi mereka yang sering mentransfer data dari satu ponsel ke ponsel lainnya adalah Dr. Fone. Aplikasi ini gratis untuk diunduh dan digunakan, dan juga tersedia untuk Android dan Mac. Mirip dengan Android Manager, Anda memerlukan kabel USB untuk menghubungkan ponsel dan komputer.

Android Mobile Recovery

Aplikasi gratis lainnya yang dapat digunakan, Android Mobile Recovery, tidak hanya mentransfer pesan teks yang ada dari ponsel Anda ke PC, tetapi juga dapat memulihkan sebelumnya pesan yang dihapus. Ini adalah utilitas cadangan yang berguna jika Anda ingin mentransfer pesan dari ponsel Anda ke komputer Anda.

Perbedaan besar antara aplikasi ini dan yang lain adalah bahwa perangkat Anda harus di-Root jika Anda ingin menggunakannya. Jika Anda sudah memiliki ponsel Android yang di-Root, maka itu bukan masalah besar. Jika Anda tidak ingin melakukan ini, maka pilih salah satu aplikasi lain sebagai gantinya.

Setelah Anda mentransfer pesan menggunakan salah satu aplikasi di atas, maka hanya masalah membuka pesan di PC. Setelah dibuka melalui salah satu aplikasi ini, Anda dapat menggunakan alat yang disediakan untuk mencetaknya.

FAQ Tambahan

Saat mendiskusikan pesan teks, ini biasanya pertanyaan paling umum yang diajukan:
Dapatkah saya menggunakan cetakan ini untuk pengadilan sebagai bukti komunikasi?

Secara hukum, data elektronik seperti pesan teks memiliki bobot hukum yang sama dengan dokumen cetak lainnya. Ini berarti bahwa mereka dapat digunakan sebagai bukti komunikasi, tetapi Anda masih harus memenuhi beberapa persyaratan. Negara bagian yang berbeda memiliki ketentuan pembuktian yang berbeda, tetapi yang paling umum adalah keaslian, penerimaan, dan relevansi.

Semua persyaratan ini harus dipenuhi agar pesan teks tercetak dapat diterima di pengadilan.

1. Agar pesan teks tercetak dianggap otentik, pesan tersebut harus dapat diidentifikasi menggunakan apa yang dikenal sebagai tanda tangan digital. Pada dasarnya, Anda harus berpotensi membuktikan bahwa siapa yang Anda katakan mengirim pesan benar-benar mengirimnya.

2. Agar pesan dianggap dapat diterima, pesan tersebut tidak boleh diperoleh melalui cara ilegal. Beberapa negara bagian memiliki undang-undang yang bahkan membuat pesan yang diautentikasi tidak dapat diterima jika diambil melalui peretasan atau pencurian.

3. Agar suatu pesan dianggap relevan, pesan tersebut harus terkait dengan pertanyaan hukum yang harus dibuktikan di pengadilan. Jika pesan teks tidak membuktikan atau menyangkal fakta yang sedang dipertanyakan secara hukum, maka hakim dapat memutuskannya sebagai tidak relevan dan menolak untuk menerimanya sebagai bukti.

Pada akhirnya, terserah hakim untuk menerima cetakan teks sebagai bukti. Meskipun harus memenuhi ketiga persyaratan tersebut, tetap saja tidak ada jaminan bahwa hakim akan menerimanya.

Menyediakan Catatan Fisik

Cetakan pesan teks memberikan catatan fisik tentang apa yang dapat dianggap sebagai data tidak berwujud. Baik itu untuk alasan hukum, atau untuk tujuan pencatatan, mencetak pesan teks bisa sangat berguna. Yang Anda butuhkan hanyalah pengetahuan.

Apakah Anda tahu cara lain untuk mencetak pesan teks dari ponsel Anda? Bagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: