Cara Mendapatkan Koordinat GPS untuk Lokasi di Google Maps

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsPerangkat Hilang?
Google Maps adalah salah satu alat Navigasi GPS yang lebih populer di pasaran saat ini. Anda dapat dengan mudah menemukan tempat menarik, restoran, dan rute peta yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda hanya dengan beberapa klik. Tetapi bagaimana jika Anda ingin memetakan lokasi yang belum disematkan? Anda perlu mendapatkan koordinat GPS agar lokasi tersebut tetap berada di jalurnya.

Jika Anda memerlukan koordinat yang tepat dari lokasi tertentu di peta, Google Maps adalah cara paling efisien dan akurat untuk mendapatkannya. Anda juga dapat menggunakan Google Maps untuk menemukan tempat berdasarkan koordinat GPS-nya.

Koordinat GPS akan secara unik menunjuk ke suatu lokasi di peta, dan Anda dapat menggunakan koordinat tersebut untuk menyiapkan tempat pertemuan atau memastikan arah Anda benar.

Dalam artikel ini , kami akan menunjukkan kepada Anda cara mendapatkan koordinat GPS di Google Maps.

Cara Mendapatkan Koordinat GPS di Google Maps di iPhone

Sebagian besar pengguna memanfaatkan Google Maps saat bepergian. Karena ponsel pengguna sering terhubung ke internet, mudah untuk mengatur GPS dari perangkat Anda. Untuk mendapatkan koordinat GPS untuk lokasi di peta, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka aplikasi Google Maps. Ketuk dan tahan tempat yang tidak ditandai di peta. Anda dapat menggunakan jari Anda untuk memperbesar peta dan menghindari pin lain. Pin merah akan muncul di tempat yang disadap. Ketuk pin merah. Gesek ke atas dari bagian bawah Google Maps untuk menampilkan Bujur dan Lintang dari lokasi yang Anda pilih. Anda dapat menyimpan koordinat ini ke papan klip dengan mengetuknya. Kemudian, Anda dapat mengirimnya ke siapa pun yang Anda inginkan dengan menempelkannya ke aplikasi perpesanan. Anda juga dapat membagikan lokasi dengan cepat dengan menggeser ke kanan pada menu di bagian atas. Ketuk Share.
Seperti yang Anda lihat, sangat mudah untuk mendapatkan koordinat GPS dari lokasi acak di Google Maps.

Cara Mendapatkan Koordinat GPS di Google Maps di Perangkat Android

Perangkat Android terkenal dengan kemudahan penggunaannya, dan Google Maps adalah tidak berbeda. Jika Anda menggunakan Android, ikuti langkah berikut:
Buka Google Maps. Arahkan ke tempat yang ingin Anda cari koordinatnya. Anda dapat menggulir dan memperbesar dengan jari Anda. Ketuk dan tahan pada tempat yang tidak dipasangi pin pada peta. Pin merah akan muncul di tempat. Anda akan melihat koordinat desimal di bilah pencarian. Anda dapat menekan bilah pencarian untuk menyalin koordinat ini ke clipboard Anda.
Cara Mendapatkan Koordinat GPS di Google Maps di PC

Jika Anda menggunakan PC, tidak ada aplikasi desktop khusus untuk Google Maps. Namun, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya melalui browser apa pun:
Buka browser Anda. Browser apa pun akan melakukan triknya. Ketik maps.google.com di bilah URL. Arahkan ke tempat yang Anda inginkan koordinatnya dengan menggunakan mouse Anda. Gunakan roda mouse untuk memperbesar atau memperkecil. Klik kanan pada tempat yang Anda butuhkan. Di menu, pilih “Apa yang ada di sini?” Kartu kecil akan muncul di bagian bawah dengan detail tentang lokasi. Koordinat GPS akan dicantumkan sebagai bagian dari informasi.
Google Maps membuatnya sangat mudah untuk mendapatkan koordinat GPS di mana pun di dunia.

FAQ Tambahan

Berikut adalah beberapa jawaban lain untuk pertanyaan yang paling sering diajukan.
Dapatkah saya juga mendapatkan Lintang dan Bujur dari Google Maps?

Pin mewakili semua lokasi di Google Maps. Pin ini bisa berupa pin yang Anda buat dengan menekan peta atau mencari tempat. Ada juga pin yang sudah ada sebelumnya seperti landmark, restoran yang direkomendasikan, atau hotel terdekat. Saat Anda memilih pin pada peta, informasi garis lintang dan garis bujur akan dicantumkan pada menu.

Data ditampilkan dalam bentuk derajat, menit, detik (DMS) lengkap, dengan bentuk derajat desimal yang dipersingkat di bawahnya. Anda kemudian dapat mengirimkan informasi ini kepada orang lain untuk memberi mereka petunjuk arah yang benar.

Seberapa akurat koordinat GPS yang diterima dari Google Maps?

Google menerima gambar dari beberapa sumber dan menggabungkannya untuk membentuk Google Maps. Menurut Google sendiri, mereka mengklaim memiliki akurasi minimal 15 meter. Mengingat 15 meter bisa banyak, beberapa penelitian ilmiah telah dilakukan untuk memverifikasi dan menyesuaikan klaim tersebut. Mereka menyimpulkan bahwa offset bisa berkisar antara 1,5 meter dan sembilan meter, tergantung pada area yang disurvei.

Secara umum, Anda dapat menghitung bahwa titik tertentu mungkin berjarak beberapa meter. Kota-kota akan memiliki lebih banyak gambar yang tersedia, dan Google akan lebih sering memperbarui peta pusat kota mereka daripada di pedesaan. Namun, gedung tinggi dan gangguan sinyal dapat menyebabkan lokasi GPS lebih bergoyang di area yang lebih padat. Google Maps akan cukup akurat untuk memungkinkan orang bertemu atau memberikan petunjuk arah untuk penggunaan sehari-hari. Jika Anda memerlukan lokasi yang tepat dari rumah Anda, misalnya, untuk menyelesaikan sengketa perbatasan dengan tetangga Anda, Anda harus menghubungi surveyor lokal sebagai gantinya.

Apa yang dimaksud dengan Kode Plus di Google Maps?

A kode plus memiliki tujuan yang sama sebagai Lintang dan Bujur. Ini dapat membantu orang lain menentukan lokasi yang tepat (seperti pintu masuk ke gedung). Anda mungkin memperhatikan bahwa beberapa lokasi di Google Maps hanya menampilkan kode plus dan bukan koordinat GPS.

Kode ini dapat dibagikan dengan orang lain untuk membantu mereka menemukan lokasi yang tepat.

Lokasi, Lokasi, Lokasi

Anda dapat menggunakan Google Maps dalam banyak situasi, seperti pergi ke kencan makan malam Anda tepat waktu.Koordinat GPS akan memastikan Anda tidak melakukannya Enyah. Namun, Google tidak menawarkan akurasi 100%, karena itu tidak mungkin dilakukan. Tetapi untuk penggunaan sehari-hari, Google Maps adalah alat yang sangat berguna.

Untuk apa Anda menggunakan Google Maps? Apakah Anda memiliki satu set koordinat GPS favorit? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: