Cara Menempel di Microsoft Word tanpa Memformat di PC atau Perangkat Seluler

Device Links
LinuxMacDevice Missing?
Apakah Anda mengalami masalah format saat menempelkan konten situs web ke Microsoft Word? Seluruh teks yang Anda tempel mungkin dikenali sebagai tajuk, tetapi Anda juga dapat memiliki masalah pemformatan lain, seperti penempatan konten yang tidak terkendali, hyperlink yang tidak diinginkan, font yang berbeda, dan banyak lagi. Menghapus dan memformat ulang semuanya dengan tangan dapat memakan waktu terlalu lama. Karena itu, ada berbagai cara untuk menempelkan teks di Word tanpa memformat. Artikel ini akan mengajari Anda beberapa metode menempel sehingga dokumen Anda terlihat seperti yang Anda inginkan.

Catatan: Contoh dalam artikel ini disalin langsung dari halaman web konten ini, yang memungkinkan Anda melihat lebih banyak perbedaan dengan opsi pemformatan teks menggunakan sama persis content and formatting.

Pilihan #1: Gunakan Notepad untuk Menyalin/Menempel

Windows Notepad adalah editor teks paling dasar yang dapat Anda gunakan. Itu tidak mengenali header, warna, atau opsi pemformatan lainnya. Setiap teks yang Anda tempel ke Notepad adalah format dasar. Namun, teks yang Anda tempel ke Notepad masih memerlukan beberapa pemformatan manual di Microsoft Word. Salin teks Anda lalu tempel di Word. Pilih header, warna, dan fitur pemformatan lain yang Anda inginkan.

Opsi #2: Gunakan Tempel Khusus Microsoft Office

Microsoft Word adalah program pemformatan teks berkualitas tinggi yang kompleks dengan opsi tempel sebagai salah satu fitur intinya.

Anda dapat menggunakan Word untuk memformat menempelkan teks dalam tiga cara berbeda.

Opsi Tempel Utama di Word

Saat Anda mengklik kanan pada halaman, Anda mendapatkan tiga pilihan tempel sebagai berikut:
Keep Source Formatting: Opsi ini mempertahankan format asli teks yang Anda salin, termasuk warna, ukuran huruf, header, footer, dan fitur lainnya. Klik kanan dan pilih opsi 1 atau gunakan “Ctrl+K” saat menempel, alih-alih “Ctrl+V.” Perhatikan “(K)” dalam deskripsi opsi di bawah ini. Merge Formatting: Opsi ini memformat teks yang Anda salin berdasarkan sisa teks di file Word Anda. Ini berguna ketika Anda ingin menambahkan kutipan atau bagian dari artikel yang ada ke dokumen teks Anda. Klik kanan dan pilih opsi 2 atau gunakan “Ctrl + M” saat menempel. Perhatikan “(M)” dalam deskripsi opsi di bawah ini. Keep Text Only: Gunakan opsi ini jika Anda hanya membutuhkan teks dan bukan format aslinya. Teks yang Anda tempel akan muncul sebagai teks dasar tanpa header, perubahan warna, dan sebagainya. Klik kanan dan pilih opsi 3 atau tekan “Ctrl + T” untuk menempelkan teks dasar Anda.
Gunakan PureText untuk Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Cepat

Notepad adalah cara mudah untuk menempelkan teks sebagai tidak diformat sebelum mentransfernya ke Word, tetapi Anda masih harus menyelaraskan teks agar sesuai dengan kebutuhan Anda. PureText melakukan semua pekerjaan, jadi yang Anda lakukan hanyalah menempelkannya di Word. Tidak, ini tidak mengacu pada menempelkan font, ukuran, warna, atau sesuatu yang istimewa. Ini tentang penempatan saat ditempel.

Jika tugas atau pekerjaan Anda membutuhkan banyak copy dan paste, lebih baik Anda menggunakan program kecil yang melakukan semuanya secara otomatis. PureText adalah salah satu alat terbaik untuk pekerjaan itu. Ini adalah program Windows gratis yang menyalin dan menempelkan teks yang Anda inginkan secara otomatis ke dalam file Notepad.

PureText tidak memerlukan instalasi karena ini adalah program Windows khusus. Anda cukup mengunduh aplikasi dari Microsoft Store dan meluncurkannya. PureText sangat ideal untuk editor dan orang-orang yang melakukan banyak pemformatan teks.

Gunakan Ekstensi Peramban Khusus

Kita semua tahu bahwa Chrome, Firefox, dan peramban lain memiliki banyak ekstensi yang dirancang untuk membuat penjelajahan internet lebih mudah dan menyenangkan. Copy Plain Text 2 yang ada untuk pengguna Firefox. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyalin teks apa pun tanpa memformat. Tambahkan ke browser dan atur ke preferensi Anda untuk mengurangi waktu pemformatan Anda.

Ekstensi Chrome disebut Salin sebagai teks biasa, dan berfungsi seperti versi FireFox. Namun, tidak ada pintasan, yang dapat menjadi masalah jika Anda menyalin banyak halaman.

Pengguna Mac dan Linux

Saat menghapus pemformatan, teks yang disalin juga dimungkinkan di Mac dan Linux, tetapi prosesnya sedikit berbeda.

macOS
Tekan Shift+Option+Command+V bersamaan untuk menempelkan teks tanpa mengubah font. Gunakan TextEdit (Notepad versi Mac) untuk menyalin dan menempelkan teks Anda dalam bentuk dasar (font aplikasi default). Pilih “Format>Make Plain Text”, atau tahan Command+Shift+T untuk menempelkannya secara langsung.
Linux OS

Versi Linux terbaru memungkinkan Anda untuk menempelkan teks tanpa memformat dengan menekan “ctrl + shift + V” atau “ctrl + V,” tergantung salah satu aplikasinya. Rekatkan teks ke Editor Teks Linux (menggunakan ctrl + V) atau sesuatu seperti Gedit (menggunakan ctrl + shift + V), dan itu akan menghapus teks dari semua pemformatan, mirip dengan apa yang dilakukan Notepad di Windows.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: