Cara Menemukan Kecepatan, Jenis, dan Ukuran RAM Anda di Windows 10 dan macOS

Lebih banyak orang menggunakan komputer daripada sebelumnya, namun teknis spesifikasi perangkat keras tetap menjadi ladang ranjau yang membingungkan bagi banyak orang. Salah satu area yang paling sulit untuk dipahami adalah RAM komputer Anda (Random Access Memory).
Apakah Anda meningkatkan RAM, membuat PC kustom, atau sekadar mencoba memahami perangkat keras komputer lebih lanjut, penting untuk mengetahui cara kerja memori komputer dan cara melihatnya saat komputer sedang berjalan. Berikut adalah panduan tentang cara mengetahui kecepatan, ukuran, jenis, dan banyak lagi RAM Anda.

Memahami RAM

Tergantung pada tingkat pengetahuan komputer Anda, ada beberapa dasar yang ingin kami bahas sebelum masuk ke tutorial kami. Tentu saja, jika Anda sudah tahu apa yang Anda cari dan mengapa; silakan lewati.

Apa itu RAM?

Random Access Memory, atau dikenal sebagai RAM, adalah memori sistem Anda dan bertanggung jawab untuk menyimpan informasi penting yang diperlukan untuk menjalankan OS dan semua program yang Anda gunakan di komputer. Dalam istilah awam, ia bertindak sebagai bank memori jangka pendek pada setiap perangkat teknologi yang kita miliki saat ini (komputer, smartphone, tablet, dll.), dan, terlepas dari apakah Anda menggunakan SSD atau HDD, beroperasi lebih cepat saat mengakses dan menjalankan file di komputer.

Meskipun CPU perangkat Anda menyimpan informasi penting yang sedang dieksekusi, seperti informasi tentang sistem operasi, aplikasi, dan hal-hal semacam ini, jika bukan karena RAM, komputer Anda akan berjalan jauh lebih lambat karena ada batasan jumlah memori cache dalam CPU.

Mengapa Anda Harus Mengetahui Berapa Banyak RAM yang Dimiliki Komputer Anda

Alasan paling umum Anda ingin mengetahui berapa banyak RAM yang dimiliki sistem Anda adalah untuk memastikan bahwa permainan atau aplikasi akan berjalan dengan lancar. Mengetahui kemampuan sistem Anda sebelum melakukan pembelian yang mungkin tidak didukung oleh sistem Anda akan mencegah Anda dari kekecewaan dan kejengkelan yang menyakitkan.

Anda mungkin juga perlu mengetahui detail RAM Anda jika Anda ingin meningkatkan sistem Anda. Mengetahui apa yang Anda miliki, dan apa yang kompatibel dengan komponen yang ingin Anda instal, sangat penting untuk mencegah kesalahan yang sangat mahal.

Berapa Banyak RAM yang Anda Butuhkan?

Menentukan berapa banyak RAM yang sebenarnya Anda butuhkan sangatlah sederhana. Tidak ada alasan untuk memiliki RAM kurang dari 4GB dan jujur, itu sangat rendah untuk sebagian besar aplikasi. RAM 8GB sangat ideal kecuali Anda seorang gamer yang serius atau Anda menggunakan program CAD atau program pengeditan video. Dalam hal ini, yang terbaik adalah menggunakan setidaknya 16GB RAM.

Menemukan Kecepatan, Ukuran, dan Ketik RAM Anda di Windows 10

Mencari tahu berapa banyak RAM yang saat ini terpasang di PC Anda sangatlah mudah. Meskipun, ini tidak akan memberi Anda banyak wawasan tentang kinerja komputer Anda, ini akan memberi tahu Anda apa yang seharusnya mampu dilakukan oleh sistem Anda.
Untuk menemukan berapa banyak RAM yang terpasang cukup gunakan pintasan keyboard Win+I untuk mengakses Pengaturan PC Anda. Kemudian, klik Sistem. Selanjutnya, klik Tentang di sisi kiri dan lihat RAM Anda di sebelah kanan.
Ini adalah metode paling sederhana, tetapi jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut, lanjutkan membaca.

Melihat Informasi RAM melalui Windows 10 Command Prompt

Sejauh ini, metode terbaik untuk mengetahuinya rincian RAM komputer Anda menggunakan Windows 10 Command Prompt atau Powershell. Aplikasi bawaan lainnya seperti Informasi Sistem dan Panel Kontrol hanya menampilkan sebagian informasi seperti ukuran, jenis, atau keduanya. Berikut ini cara melihat detail RAM ekstensif pada PC Anda. Ketik “cmd” di kotak pencarian Cortana dan klik Command Prompt dalam daftar. Ketik kode berikut ke dalam command prompt dan tekan enter: wmic MemoryChip get MemoryType, Name, Capacity, Configuredclockspeed , DeviceLocator, FormFactor, Manufacturer, Serialnumber, SpeedUntuk detail lebih lanjut, Anda dapat menambahkan alias lainnya:ConfiguredVoltage, DataWidth, MaxVoltage, CreationClassName, InterleavePositionPerhatikan bahwa beberapa alias mungkin tidak menampilkan informasi apa pun. Untuk melihat semua opsi alias, ketik yang berikut dan lihat di bawah bagian LENGKAP: WMIC MemoryChip List /?
Lihat Informasi RAM melalui Windows 10 Powershell
Klik kanan Start Menu Windows 10 dan pilih Powershell. Anda tidak perlu menggunakan hak admin untuk tugas ini. Ketik kode berikut ke Powershell:Get-CimInstance -ClassName Win32_PhysicalMemory | Format-Table Capacity, Manufacturer, MemoryType, FormFactor, Name, Configuredclockspeed, Speed, Devicelocator, Serialnumber -AutoSizeUntuk daftar lengkap properti (Speed, Serial Number, FormFactor, dll.), kunjungi halaman berikut tentang Win32_PhysicalMemory Properties.
View Windows 10 Detail Memori melalui CPU-Z
Unduh CPU-Z dan jalankan file yang dapat dieksekusi. Kemungkinan besar Anda akan memerlukan opsi Versi Klasik. Arahkan ke tab Memori untuk melihat berapa banyak slot yang dimiliki PC Anda, jenis memori yang terpasang (DDR, DDR2, DDR3, dll.), dan ukuran RAM (GB). Anda juga akan melihat informasi real-time tentang frekuensi berjalannya RAM ditambah rincian latensi dan kecepatan clock yang terperinci, jika Anda memerlukannya.
Menemukan Kecepatan, Ukuran, dan Ketik RAM Anda di macOS

As dengan semua Apple, proses untuk menemukan detail yang diperlukan tentang perangkat keras Anda sangat sederhana. Anda dapat memanfaatkan proses tersebut untuk melihat informasi umum tentang RAM Anda.
Klik logo Apple dan pilih About This Mac. Informasi RAM sederhana Anda akan ditampilkan di tab Ikhtisar. Jika Anda menginginkan laporan yang lebih mendalam, rincian teknis lengkap tersedia dengan mengklik Laporan Sistem yang memisahkan komponen ke dalam tab, termasuk memori, prosesor, hard drive, dan komponen lainnya.
3. Untuk melihat penggunaan memori waktu nyata di Mac Anda yang menjalankan perangkat lunak terbaru, gunakan Spotlight untuk mencari “Monitor Aktivitas,” lalu klik tautan terkait untuk membukanya, lalu pilih tab Memori.

4. Anda juga dapat mengakses informasi memori real-time dengan membuka Finder, mengklik Applications, lalu memilih Folder Utilities, diikuti oleh Activity Monitor dan memilih tab Memory.

Frequently Asked Questions
Bagaimana Cara Memeriksa Produsen RAM di Windows 10?

Anda dapat memeriksa pabrikan memori di Windows 10 menggunakan Command Prompt, Powershell, atau alat pihak ketiga.

1. Di Command Prompt, ketik “wmic memorychip get manufacturer” tanpa tanda kutip dan tekan Enter.

2. Di Powershell, ketik “Get-WmiObject win32_physicalmemory | pilih pabrikan” tanpa tanda kutip lalu tekan Enter.

3. Sedangkan untuk alat pihak ketiga, cari salah satu atau gunakan CPU-Z dan klik tab SPD.
Bagaimana Cara Memeriksa Apakah Saya Memiliki SDRAM DDR3 atau DDR4?

Cara termudah untuk mengidentifikasi apakah Anda memiliki memori DDR3 atau DDR4 adalah dengan menggunakan CPU -Z. Klik pada tab Memori dan cari “Ketik” di bagian “Umum”. yang lain. Jika Anda lebih suka GUI yang bagus, maka menjauhlah dari alat baris perintah.

Apakah Anda dapat menemukan detail RAM Anda? Apakah Anda mencoba mengganti atau meningkatkan memori PC Anda? Beri tahu kami di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: