Cara Menerjemahkan Google Spreadsheet dengan Google Terjemahan

Google Sheets adalah platform yang nyaman dengan banyak fungsi bawaan. Salah satu fungsi tersebut memberi Anda kemampuan untuk menerjemahkan konten sel spreadsheet ke bahasa lain.

Anda dapat menerjemahkan kata apa pun di Google Spreadsheet, mendeteksi bahasa, dan membuat daftar kosakata. Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana semua hal ini.

Menerjemahkan Sel di Google Spreadsheet

Untuk menerjemahkan kata apa pun dalam spreadsheet Google, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka spreadsheet Google Anda. Ketikkan kata apa pun di sel, kami memilih untuk menulis cat di sel A1.Sekarang, klik sel lain, B2 dalam contoh ini. Selanjutnya, ketik ‘=googletranslate’. Setelah Anda mulai mengetik, opsi ‘googletranslate’ akan otomatis muncul di menu tarik-turun. Selain mengetik, Anda juga dapat mengeklik ikon Fungsi di bilah alat, lalu memilih Google > Google Terjemahan dari menu tarik-turun. Klik pada googletranslate. Sebuah kode (teks, [bahasa_sumber], [bahasa_target]) akan muncul. Untuk teks, pilih sel dengan kata yang ingin Anda terjemahkan. Misalnya, A1. Atau, Anda dapat mengklik sel itu, dan program akan menulisnya untuk Anda. Untuk [source_language], pilih bahasa dari kata yang Anda tulis. Jika Anda ingin menerjemahkan kata ‘cat’, Anda harus menulis ” en” (untuk bahasa Inggris). Untuk [target_language], pilih bahasa yang ingin Anda terjemahkan. Misalnya, Anda dapat mengetik “es” untuk bahasa Spanyol atau “it” untuk bahasa Italia. Ingatlah untuk selalu menulis kode bahasa dalam tanda kutip. Jika tidak, Anda akan mendapatkan kesalahan dalam kode. Tekan Enter, Anda akan melihat terjemahan kata sumber Anda.
Google Spreadsheet mendukung kode bahasa yang sama dengan Google Terjemahan. Jika opsi bahasa ada di Google Terjemahan, Anda dapat menggunakannya di spreadsheet Google Anda. Untuk melihat semua bahasa yang tersedia, Anda harus melihat daftar bahasa yang didukung oleh Google Terjemahan. Di sini Anda dapat mempelajari kode untuk semua bahasa yang didukung.

Misalnya, jika Anda ingin menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Jepang, Anda harus menggunakan kode berikut untuk ponsel Anda:

=googletranslate (teks, “en”, “ja”)

Simple!

Membuat Daftar Kosakata Menggunakan Google Sheets

Jika Anda ingin menerjemahkan banyak kata dari satu bahasa ke bahasa lain, Anda dapat membuat ‘daftar kosakata’ di Google Spreadsheet Anda. Prosesnya mirip dengan yang dijelaskan di atas.

Ini yang perlu Anda lakukan:
Buat dua kolom di lembar Anda. Kami akan menggunakan kolom A untuk kata-kata yang sudah dikenal dan kolom B untuk terjemahannya. Di A1 Anda dapat mengetik: ‘Bahasa Inggris’, dan di B1 ketik bahasa yang ingin Anda terjemahkan. ‘Spanyol’, misalnya. Di sel B2, tulis kode: =googletranslate (A2, “en”, “es”). Anda dapat mengubah kode bahasa tergantung pada apa yang ingin Anda terjemahkan. Program akan menulis #VALUE! di sel karena Anda belum menulis apa pun di A2. Di A2, tulis kata apa pun yang ingin Anda terjemahkan. Segera setelah Anda selesai mengetik, terjemahan akan muncul di sel B2 sel. Seret mouse Anda ke sudut B2 sampai Anda melihat sedikit tanda silang. Kemudian klik dan seret ke bawah di atas B3, B4, B5, dll. Sekarang Anda dapat mengetikkan kata apa pun dalam A3 dan Anda akan mendapatkan terjemahan dalam B3. Hal yang sama berlaku untuk A4 ke B4, A5 ke B5, dll sampai Anda menerjemahkan semua kata yang Anda inginkan.
Anda bahkan dapat menambahkan kolom lain dengan bahasa lain. Katakanlah Anda ingin menerjemahkan hal yang sama, tetapi ke bahasa Italia. Di C1, Anda mengetik ‘Italia’. Ini tidak perlu, tetapi ini akan membantu Anda membuat perbedaan dan mengatur kolom Anda.

Kode untuk C2 adalah ‘=googletranslate (A2, “en”, “it”). Klik di sudut kanan bawah sel itu dan seret ke bawah. Kata-kata akan diterjemahkan secara otomatis.

Mendeteksi Bahasa di Google Spreadsheet

Anda dapat menggabungkan dua fungsi berbeda – mendeteksi bahasa dan Google Terjemahan. Dengan ini, Anda tidak perlu tahu bahasa yang Anda terjemahkan.
Di baris pertama, masukkan kata atau frasa dari bahasa lain. Di sel lain, mulailah menulis ‘=detectlanguage’ dan setelah fungsi muncul, klik di atasnya. Fungsinya seperti yang sebelumnya. Untuk teks, Anda dapat menulis nama sel (A2) atau mengkliknya. Tekan Enter. Ketika Anda melakukannya, Anda akan melihat kode bahasa di cell.
Misalnya, jika Anda mengetik “=detectlanguage, A2” dan teks dalam A2 adalah ‘gato’, Google akan mendeteksi bahasa Spanyol. Karena Google bekerja dalam kode bahasa, sel akan mengatakan ‘es’ sebagai gantinya. Anda juga dapat menggunakan metode seret untuk mengulangi proses untuk setiap baris.

Gunakan Frasa Sederhana

Ingat untuk hanya menggunakan frasa sederhana saat menerjemahkan dengan Google Spreadsheet. Jika Anda pernah menggunakan Google Terjemahan sebelumnya, Anda akan tahu bahwa frasa yang lebih kompleks tidak selalu akurat. Cobalah untuk menyederhanakan kata-kata dan ide-ide Anda sehingga Anda dapat sepenuhnya memanfaatkan fungsi-fungsi ini.

Menerjemahkan Google Spreadsheet

Dengan akses langsung ke Google Terjemahan, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi dan menerjemahkan ribuan kata. Kemampuan untuk melakukan fungsi penerjemahan ini memberikan banyak potensi bagi pemilik usaha kecil, pelajar, dan siapa pun yang membutuhkannya.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: