Cara Meneruskan Email Secara Otomatis

Apakah Anda bosan mengirim email secara manual? Apakah pikiran melalui email massal membuat perut Anda mual? Jika jawaban Anda ya, baca terus.

Memahami penerusan otomatis memastikan bahwa Anda tidak pernah melewatkan satu email pun, di mana pun Anda berada atau apa pun yang Anda lakukan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas seluk beluk otomatis penerusan email tergantung pada perangkat dan aplikasi email yang Anda pilih.

Lihatlah untuk mengetahui lebih lanjut.

Cara Meneruskan Email Secara Otomatis di Outlook di Perangkat Seluler

Mengetahui cara meneruskan email secara otomatis ke ponsel cerdas Anda dapat menghemat banyak waktu. Anda mungkin sedang pergi berlibur dan tidak ingin berurusan dengan kerumitan penerusan manual. Atau mungkin Anda ingin menjangkau audiens bisnis yang lebih luas dan ingin mempercepat prosesnya.

Apa pun alasan Anda, menyiapkan penerusan otomatis di ponsel bisa sangat berguna. Namun, Anda tidak akan dapat menyiapkan penerusan otomatis di Outlook langsung dari perangkat seluler Anda. Sebagai gantinya, Anda dapat melakukannya dengan masuk ke akun Outlook desktop Anda dan mengubah pengaturan penerusan otomatis Anda. Ini akan secara otomatis terhubung ke perangkat seluler Anda juga.

Berikut cara melakukannya:
Masuk ke akun Outlook Anda di desktop Anda. Pilih “Pengaturan” yang terletak di bagian atas halaman dan kemudian “Lihat semua Pengaturan Outlook.” Tekan “Mail ” lalu “Penerusan.” Klik “Mulai Penerusan” dan pilih “Simpan.”
Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah ini, penerusan otomatis sekarang akan tersedia di akun Outlook di perangkat seluler Anda.

Cara Meneruskan Email Secara Otomatis di PC

Tergantung pada Anda akun email, mengaktifkan penerusan otomatis dari PC adalah proses yang relatif sederhana. Berikut adalah panduan tentang cara melakukannya, tergantung pada akun yang Anda pilih.

Gmail:
Dari desktop Anda, buka akun Gmail Anda. Perhatikan bahwa Anda hanya dapat meneruskan pesan ke satu alamat Gmail. Klik “Pengaturan” lalu “Lihat Semua Pengaturan.” Tekan tab “Penerusan dan POP/IMAP”. Di bagian “Penerusan”, tekan “Tambahkan Alamat Penerusan”. Klik “Berikutnya,” lalu “Lanjutkan,” dan “OK.” Pilih tautan verifikasi yang dikirim ke email Anda dan segarkan browser. Klik “Penerusan dan POP/IMAP” lagi, dan pilih “Teruskan Salinan Email Masuk Ke. ”Pilih opsi untuk salinan Gmail dari email Anda.Simpan perubahan.
Windows Mail:
Buka “Windows Live Mail.” Pilih tab “Folder”, lalu klik “Aturan Pesan.” Buka “Aturan Email” dan pilih “Baru. Di bawah jendela “Pilih Satu atau Lebih Tindakan”, tandai “Teruskan ke Orang.” Di mana dikatakan “Untuk Mengedit Kondisi Ini,” klik opsi “Kata yang Digarisbawahi” lalu “Kontak.” Temukan dan pilih alamat email Anda yang lain dan tekan “OK.”
Outlook:
Masuk ke akun Outlook Anda di PC Anda. Pilih “Pengaturan” yang terletak di bagian atas halaman dan kemudian “Lihat semua Pengaturan Outlook.” Tekan “Mail” lalu “Forwa rding.”Klik “Start Forwarding” dan pilih “Save.”
Cara Meneruskan Email Secara Otomatis Dari Pengirim Tertentu di Outlook?

Outlook 2013 mungkin merupakan layanan email gratis paling populer yang digunakan, terutama untuk bisnis.

Untuk meneruskan email secara otomatis dari pengirim, Anda harus membuat beberapa aturan. Metode berikut akan memandu Anda dalam proses ini:
Dalam “Mail,” klik “Beranda,” lalu klik “Aturan.” Buka “Kelola Aturan dan Peringatan.” Pilih “Aturan Baru” pada tab “Aturan Email”, membawa Anda ke “Rules Wizard.” Setelah Anda berada di “Rules Wizard,” pilih “Apply Rule on Messages I Received” dan klik “Next.” Centang opsi “Forward to People or Public Group”. Pada “Rule Address ”, ketik alamat email penerima. Klik “OK” lalu “Next.” Ketik nama untuk aturan baru di kotak “Langkah 1” dan centang “Turn on This Rule.” Klik Finish.
How to Automatically Forward Email di Gmail di Perangkat Seluler

Menyiapkan penerusan otomatis adalah cara mudah untuk meneruskan pesan masuk dari akun Gmail Anda ke alamat lain.

Sayangnya, Anda hanya dapat mengaktifkan penerusan otomatis melalui mengakses Gmail di desktop dan tidak secara langsung dari perangkat seluler Anda. Namun, setelah Anda mengaktifkan fitur tersebut, fitur tersebut juga akan berfungsi secara otomatis di ponsel Anda. Anda akan menerima pemberitahuan di kotak masuk Anda untuk minggu pertama setelah mengaktifkan penerusan otomatis sebagai pengingat bahwa fungsi tersebut diaktifkan. Berikut cara melakukannya:
Buka akun Gmail Anda di browser. Pilih ikon roda gigi yang terletak di sudut kanan atas, lalu klik “Lihat Semua Pengaturan.” Tekan tab “Penerusan dan POP/IMAP’. Klik “Tambahkan Penerusan Alamat.”Masukkan alamat email yang ingin Anda teruskan pesannya, klik “Enter,” lalu tutup “Pengaturan.” Buka “Kotak Masuk” Anda, dan konfirmasi tindakan dan kembali ke akun Gmail Anda. Kembali ke “Lihat semua Pengaturan ,” lalu pilih “Forwarding and Pop/IMAP.” Klik “Forward a Copy of Incoming Mail To,” dan pilih hasil email Anda di menu drop-down.Simpan perubahan yang telah Anda buat.
Cara Meneruskan Email Secara Otomatis di Gmail di PC

Berikut cara berhasil mengatur fungsi penerusan otomatis dari akun Gmail Anda di PC:
Login ke akun Gmail Anda.Klik “Pengaturan”, lalu, “Penerusan dan POP/IMAP”. Pilih “Tambahkan Alamat Penerusan,” lalu masukkan alamat yang ingin Anda teruskan. Tinjau dan terima email verifikasi di kotak masuk Anda. Terima ini dan kembali ke “Pengaturan.” Klik “Penerusan dan POP/IMAP” lagi. Di bagian “Penerusan”, tekan “Teruskan Salinan Surat Masuk Ke”, lalu pilih apa yang Anda inginkan terjadi dengan salinan asli.Pilih opsi “Simpan Perubahan”.
Cara Meneruskan Email Secara Otomatis Dari Pengirim Tertentu di Gmail

Misalkan Anda menerima email untuk membayar tagihan Anda, dan Anda ingin meneruskannya ke pasangan Anda sehingga mereka dapat menanganinya. Skenario ini dapat dibuat lebih mudah dengan mengaktifkan email otomatis dari pengirim tertentu. Berikut cara melakukannya melalui akun Gmail Anda:
Masuk ke akun Gmail Anda di browser web.Klik opsi “Pengaturan” di sudut kanan atas. Dari opsi yang tersedia, pilih “Penerusan dan POP/IMAP.” Pilih “Tambah Alamat Penerusan” dan lanjutkan dengan mengetikkan alamat penerusan. Pilih “Selanjutnya.” Anda akan menerima pemberitahuan yang meminta Anda untuk mengonfirmasi bahwa email yang Anda ketikkan sudah benar. Pilih “Lanjutkan.” Google kemudian akan mengirim pesan konfirmasi ke alamat email. Salin kode konfirmasi di sebelah “Verifikasi” di “Penerusan dan POP/IMAP.” Klik “Buat Filter” dan isi kotak informasi yang muncul. Pilih “Buat Filter.” Perubahan Anda disimpan secara otomatis.
Tanya Jawab Tambahan
Bagaimana Cara Menghapus Penerusan Otomatis?

Fungsi penerusan otomatis sangat bagus, tetapi terkadang Anda mungkin ingin membuka email secara manual agar tidak ketinggalan apa pun. Berikut cara menonaktifkan fungsi tergantung pada akun email Anda.

Gmail:

1. Masuk ke akun Gmail dengan pesan yang diteruskan di komputer Anda.

2. Di sudut kanan, klik “Pengaturan” dan kemudian “Lihat Semua Pengaturan.”

3. Pilih “Penerusan dan POP/IMAP”.

4. Di bawah “Penerusan,” klik “Nonaktifkan Penerusan.”

5. Simpan pekerjaan Anda dengan menekan “Simpan Perubahan.”

Outlook:

1. Buka akun Outlook Anda dan pilih menu “Alat”.

2. Dari daftar, pilih “Aturan dan Peringatan.”

3. Hapus centang pada kotak di samping aturan yang ingin Anda nonaktifkan (dalam hal ini, penerusan email otomatis).

4. Untuk menghapus aturan sama sekali, sorot dan tekan “Hapus” dari tab yang tersedia.

iCloud Mail:

1. Masuk ke akun “iCloud Mail” Anda dan pilih “Preferensi” di bilah sisi.

2. Di panel “Umum”, batalkan pilihan “Teruskan Email Saya Ke.”

3. Klik “Selesai.”
Apakah Ada Cara untuk Mengatur Penerusan Email Menggunakan Ponsel?

Sementara akun email populer seperti Gmail, Outlook, dan iCloud tidak mengizinkan Anda untuk mengaktifkan penerusan otomatis melalui perangkat seluler Anda, ada alternatif lain pilihan. Anda dapat mengunduh aplikasi YouMail, yang memberi Anda opsi untuk mengatur fungsi penerusan otomatis pada ponsel cerdas Anda.

Inovasi Otomasi

Di era digital ini, cara kita berkomunikasi terus berkembang, dan penerusan email memainkan peran penting untuk tetap terhubung.

Dengan bantuan penerusan otomatis yang inovatif, seluruh prosedur menjadi lebih mudah. Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyortir email massal bahkan sebelum Anda sempat minum kopi.

Apakah Anda menggunakan penerusan otomatis saat mengirim email? Apakah itu membuat segalanya lebih mudah? Kami akan senang mendengar pendapat Anda di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: