Cara Mengakses Konfigurasi Router Anda Tanpa Kata Sandi

Kehilangan informasi login ke router Anda adalah hal biasa, dan dapat terjadi karena sejumlah alasan. Alasan pertama adalah bahwa itu mungkin belum tentu kredensial apa pun yang Anda tetapkan sendiri, karena router sering kali dilengkapi dengan nama pengguna dan kata sandi awalan. Misalnya, dalam penggunaan di rumah, nama pengguna biasanya admin dan sandi bisa juga admin, atau cukup hanya sandi. Jika router Anda berasal dari Internet Service Provider (ISP), nama pengguna biasanya adalah admin, tetapi memiliki kata sandi awalan yang disiapkan ISP untuk semua routernya.

Skenario lain: Anda mungkin telah membeli router bekas dari seseorang, tetapi mereka lupa untuk memberi Anda kredensial untuk masuk ke konfigurasi router. Cukuplah untuk mengatakan, tidak memiliki informasi ini cukup umum, dan dapat dengan mudah diselesaikan.

Jika Anda mengikuti, kami akan mendapatkan kembali kredensial router Anda dalam waktu singkat.

Cara mengakses router Anda

Tentu saja, bahkan masuk ke router Anda, Anda harus memahami cara mengaksesnya terlebih dahulu. Anda harus memiliki browser di komputer Anda, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome atau bahkan opsi default Microsoft Edge atau Internet Explorer.

Setelah Anda membuka browser pilihan Anda, ketikkan IP untuk router Anda ke bilah alamat dan tekan “Enter” pada keyboard Anda. Ini akan membawa Anda ke halaman untuk login ke router. Sebagian besar router akan menggunakan alamat IP yang serupa. Misalnya, sebagian besar router Linksys menggunakan 192.168.1.1, serta merek lain.

Jika Anda tidak dapat menemukan alamat IP (terkadang ada di manual), jika Anda terhubung ke router, Anda dapat dengan mudah temukan dengan membuka Command Prompt di Windows dan mengetik ipconfig/all. Setelah menampilkan hasilnya, cukup cari daftar Gateway Default, dan itu akan menunjukkan kepada Anda alamat IP. Anda kemudian dapat mengambil alamat IP tersebut dan memasukkannya ke dalam browser Anda.

Jika Anda memiliki masalah koneksi, kami sarankan untuk menghubungkan kabel Ethernet ke PC atau laptop yang Anda coba masuki ke router Anda. Ini adalah praktik umum, karena mengurangi kemungkinan terputusnya koneksi selama konfigurasi router Anda. Tidak hanya itu, tetapi juga memastikan bahwa router Anda adalah router yang Anda akses, karena Anda dapat dengan mudah mengakses router orang lain di area tersebut jika mereka memiliki model, alamat IP, dan pengaturan kredensial yang serupa.

Setelah selesai, ini harus dilakukan Anda ke halaman login tempat kami dapat mulai mencoba kata sandi yang berbeda, seperti yang kami uraikan di bawah ini.

Memulihkan kredensial login

Jika Anda tahu bahwa Anda tidak mengubah informasi untuk masuk ke router, nama pengguna dan sandi dapat (biasanya) mudah ditemukan.
Consult manual
Seringkali manual yang disertakan dengan router akan memiliki nama pengguna dan kata sandi default yang tercantum di dalamnya di suatu tempat atau bahkan di bagian belakang manual. Jika Anda tidak mendapatkan manual dengan router Anda, Anda selalu dapat mencari nomor model router di Google. Biasanya, Anda bisa mendapatkan manual versi PDF gratis, dan Anda dapat menemukan kata sandi dan nama pengguna di sana.
Stiker atau catatan
Kadang-kadang produsen akan menempelkan stiker di bagian belakang router, dengan informasi seperti nomor seri, nomor model , dll. Terkadang Anda akan menemukan stiker di bagian belakang perute yang berisi kredensial login juga, meskipun hal ini menjadi kurang umum dalam upaya memperkuat keamanan.
Cobalah kata sandi default
Anda selalu dapat mencoba nama pengguna dan kata sandi default juga. Biasanya, nama pengguna akan menjadi admin dan sandinya juga akan menjadi admin. Konfigurasi kredensial umum lainnya adalah admin sebagai nama pengguna dan sandi sebagai sandi. Dalam kasus yang lebih jarang, sandi akan kosong, jadi setelah mengetik admin sebagai nama pengguna, Anda cukup menekan tombol “Enter” pada keyboard untuk login tanpa mengisi kolom sandi.
Konsultasikan ISP
AndaJika Anda mengambil router dari ISP, mendapatkan nama pengguna dan kata sandi bisa semudah mengangkat telepon dan menelepon mereka. Jika kredensial bukan opsi default seperti yang kami sebutkan di atas, perusahaan seperti Charter Communications akan memiliki kata sandi yang telah ditetapkan, terkadang melibatkan nama perusahaan. Saya pernah lupa kata sandi untuk router rumah saya, dan itu semudah menelepon ISP saya. Dia memeriksa saya melalui tiga kata sandi khusus ISP, dan akhirnya, salah satunya berhasil.
Cari secara online

Terakhir, menemukan kata sandi perute Anda semudah mengakses www.routerpasswords.com. Anda memilih merek router Anda, dan situs akan memberi Anda daftar nomor model yang terkait dengan merek itu. Setelah Anda mencocokkan router Anda dengan salah satu nomor model yang terdaftar, semudah menggunakan informasi login yang disediakan.

Reset router Anda

Jika tidak ada opsi di atas yang berfungsi, Anda harus mengembalikan router ke pengaturan pabrik untuk masuk ke dalamnya. Secara umum, ini adalah proses yang sama dari router-to-router. Mereka semua akan memiliki tombol reset yang dapat Anda tekan. Ini bisa berupa tombol di bagian luar perute, atau lubang jarum (lubang jarum sering digunakan agar perute tidak disetel ulang secara tidak sengaja, dengan beberapa orang salah mengartikannya sebagai tombol daya) di mana tombol tersebut dapat ditekan dengan penjepit kertas.

Keep perhatikan bahwa menyetel ulang router akan menyetel ulang semuanya ke setelan pabrik. Jika Anda memiliki port yang diteruskan, pengaturan jaringan khusus, atau konfigurasi khusus lainnya, ini semua akan dihapus dan dikembalikan ke default pabrik. Setelah reset selesai, Anda harus mengkonfigurasi ulang semuanya lagi.

Untuk mereset router, itu semudah menahan tombol reset selama 10 detik dengan power on. Setelah Anda melakukan ini, perute akan mengatur ulang sendiri dan Anda dapat masuk dengan nama pengguna dan kata sandi default, seperti yang telah kita bahas di atas.

Ubah kata sandi Anda

Setelah Anda akhirnya bisa masuk ke perute, kami sangat menyarankan untuk mengubah kata sandi default. Jika Anda tinggal di daerah yang padat, dan sinyal Wi-Fi Anda cukup kuat, orang lain dapat dengan mudah masuk ke konfigurasi router Anda dan menukar pengaturan Anda. Lagi pula, karena sandi seperti admin dan sandi cukup umum, tidak akan terlalu sulit untuk masuk ke router seseorang dengan setelan yang tidak berubah. Karena itu, Anda harus mengubahnya.

Mengubah kata sandi berbeda dari router-to-router; Namun, ini adalah proses yang serupa. Misalnya, di router Netgear, di dalam dasbor router, Anda akan mendapatkan Advanced > Administration > Set Password untuk mengubah kata sandi default. Beberapa router bahkan mendukung Pemulihan Kata Sandi, sehingga Anda dapat memulihkan kata sandi yang hilang tanpa harus mengatur ulang semua konfigurasi Anda. Jika ini adalah opsi, kami sarankan untuk mengaktifkannya.

Untuk menghindari masalah di masa mendatang, pastikan untuk menyimpan nama pengguna atau kata sandi Anda di tempat yang aman, seperti di basis data kata sandi terenkripsi. Pastikan untuk membaca artikel kami tentang bagaimana Anda dapat menyimpan kata sandi Anda dengan aman di database dengan LastPass.

Port Forwarding

Salah satu alasan yang lebih umum untuk masuk ke router adalah untuk meneruskan port agar koneksi ke game atau server menjadi mungkin atau lebih efisien. Jika Anda tidak ingin repot mengatur ulang router hanya untuk meneruskan port, Anda mungkin dapat melakukannya tanpa login ke router.

Kebanyakan router saat ini mendukung sesuatu yang disebut Universal Plug and Play (UPnP), yang memungkinkan program dan permainan, seperti Destiny 2, untuk secara otomatis membuka port yang mereka butuhkan. Tetapi sekali lagi, ini hanya dapat terjadi jika UPnP telah diaktifkan di dalam pengaturan konfigurasi router. Tidak hanya itu, program atau game yang Anda gunakan juga harus mendukung UPnP.

Jika Anda tidak memiliki program yang mendukung UPnP, Anda masih dapat meneruskan port tanpa masuk ke router (sekali lagi, hanya jika UPnP diaktifkan di routernya). Anda harus menggunakan program gratis bernama UPnP PortMapper. Anda juga harus mengunduh Java, karena ini adalah program berbasis Java. Kami juga harus memperingatkan Anda untuk tidak hanya memasukkan nomor acak ke dalam PortMapper. Sebagai gantinya, pastikan untuk mengikuti instruksi online untuk meneruskan port-program yang Anda gunakan biasanya memiliki instruksi untuk ini, terkadang di Basis Pengetahuan mereka sendiri. Misalnya, game Destiny 2 memiliki petunjuk terperinci tentang port apa yang perlu Anda teruskan untuk game mereka.

Perlu dicatat bahwa UPnP tidak selalu disarankan untuk diaktifkan di router Anda. Ini adalah fitur hebat untuk tujuan kenyamanan, tetapi belum tentu bagus untuk keamanan. Malware, trojan, dan virus lainnya dapat menggunakan UPnP seperti halnya program yang sah, dan karena itu, malware dapat dengan mudah menyebar ke seluruh jaringan lokal Anda.

Closing

Dan hanya itu saja! Jika Anda kehilangan kata sandi untuk router Anda, seperti yang kami tunjukkan di atas, sangat mudah untuk mendapatkannya kembali, jika Anda tidak keberatan menghabiskan waktu untuk mengkonfigurasi ulang pengaturan Anda.

Jika Anda memerlukan bantuan tambahan, pastikan untuk meninggalkan komentar di bagian komentar di bawah. Kami ingin membantu Anda! Atau, Anda dapat memposting masalah apa pun di Forum PCMech.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: