Cara Mengakses Ponsel Android Dengan Layar Rusak

Jika Anda membaca artikel ini, kemungkinan besar Anda akan berakhir dengan layar yang rusak di ponsel Android Anda. Meskipun layar ponsel cukup tangguh, satu tetes yang buruk dapat menghancurkannya sepenuhnya. Jika Anda mencoba menyimpan data dari ponsel Anda, teruslah membaca panduan ini, dan kami akan menunjukkan kepada Anda cara mengakses ponsel Android dengan layar rusak.

Cara Mengakses Ponsel Android Dengan Layar Rusak?

Jika Anda mengalami kerusakan layar pada ponsel Anda, ada beberapa cara untuk memulihkan data. Untuk beberapa langkah, Anda akan membutuhkan peralatan tambahan. Metode yang Anda pilih untuk pemulihan data tergantung pada seberapa retak layar Anda. Mari kita periksa.

Anda Memiliki Layar Rusak, Tampilan Agak Terlihat, dan Fungsi Sentuh Anda Berfungsi

Ini adalah skenario terbaik. Jika layar Anda rusak bahkan sebagian, hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah mentransfer semua data Anda ke komputer Anda, untuk berjaga-jaga jika retakan menyebar dan Anda perlu mengganti layar Anda. Dalam hal ini, Anda tidak memerlukan peralatan tambahan apa pun, kecuali kabel USB yang biasa Anda gunakan untuk mengisi daya ponsel.
Buka kunci ponsel.Hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB. Ketuk opsi “Mode transfer file”. Gunakan komputer Anda untuk mengakses ponsel Anda dan mengambil semua file Anda.
Anda Memiliki Layar Rusak, Layar Terlihat, tetapi Fungsi Sentuh Anda Tidak Berfungsi

Anda menjatuhkan ponsel, Anda dapat melihat semua yang ada di layar, tetapi layar sentuh Anda tidak tidak berfungsi. Jika ini terdengar familier, ada cara Anda dapat mengakses telepon Anda, tetapi Anda memerlukan peralatan tambahan: mouse USB dan hub USB dengan port HDMI. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:
Pertama-tama, periksa apakah ponsel Anda tidak terkunci. Jika Anda beruntung dan Anda mengaktifkan opsi buka kunci sidik jari/wajah, Anda akan dapat membuka kunci ponsel dengan cara itu. Jika Anda harus membuka kuncinya dengan memasukkan kata sandi, lihat langkah-langkah berikut. Ambil kabel USB Anda, sambungkan ke telepon Anda dan sambungkan ujung lainnya ke hub USB. Ambil mouse USB dan sambungkan juga ke hub. Karena Anda dapat melihat layar di ponsel Anda, gunakan mouse untuk menavigasi, masukkan kata sandi dan buka kunci ponsel Anda. Setelah Anda membuka kunci ponsel, hubungkan hub USB Anda ke PC. Saat Anda menghubungkannya, Anda akan melihat pesan di ponsel Anda mengatakan “Mode Transfer File.” Ketuk ini menggunakan mouse. Ponsel Anda sekarang akan terhubung ke PC Anda. Anda dapat menggunakan PC Anda untuk menavigasi melalui telepon dan menyimpan semua file penting ke komputer.
Anda Memiliki Layar Retak, Benar-benar Hitam, dan Fungsi Sentuh Anda Berfungsi

Hal ini dapat terjadi karena kerusakan fisik pada telepon Anda. Bagaimana Anda tahu ponsel Anda berfungsi? Anda mendengar notifikasi berbunyi dan merasakan getarannya. Jika Anda mencoba membuka kunci ponsel dengan hati, Anda juga akan mendengar suara buka kunci. Untungnya, ada cara Anda dapat mengambil data dari telepon dalam situasi ini. Dalam hal ini, Anda akan memerlukan ponsel Android lain, dan kami akan menjelaskan alasannya:
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghubungkan ponsel Anda ke pengisi daya sesegera mungkin. Ponsel Anda perlu dihidupkan dan diisi dayanya. Ambil ponsel Android lainnya. Sebaiknya, ponsel ini memiliki model yang sama dengan milik Anda. Jika tidak, itu harus menjalankan versi sistem operasi yang sama dengan ponsel Anda. Hubungkan ponsel Android lain ke komputer Anda menggunakan kabel USB. Anda mungkin melihat layar pop-up di mana Anda harus memilih “File Transfer Mode.” Ingat di mana Anda menekan layar pada ponsel ini. Sekarang, ambil ponsel Anda dan sambungkan ke komputer menggunakan kabel USB. Karena layar Anda hitam, Anda tidak akan dapat melihat apa pun. Untungnya, Anda telah mempraktikkannya di ponsel Android lain, dan sekarang Anda tahu bagian layar mana yang harus diketuk. Jika Anda berhasil menghubungkannya, Anda akan mendengar suara notifikasi. Sekarang, Anda dapat mengakses ponsel dari komputer dan simpan semua file penting.
Catatan: Jika ponsel Anda dikunci menggunakan opsi pengenalan wajah/sidik jari, Anda akan dapat membukanya dengan mudah, karena layar Anda berfungsi. Jika Anda memiliki pola yang perlu digunakan, coba praktikkan di ponsel Android lain sebelum memasukkannya ke dalam hati. Hal yang sama berlaku jika Anda memiliki kata sandi yang harus Anda masukkan.

Anda memiliki Layar Retak, Benar-benar Hitam, dan Fungsi Sentuh Anda Tidak Berfungsi

Ini adalah skenario terburuk. Menyimpan data dari ponsel dalam kondisi seperti ini memang sulit, tapi bukan tidak mungkin. Ada beberapa hal yang dapat Anda coba.
Hubungkan Ponsel Anda ke TV
Untuk melakukannya, Anda memerlukan mouse USB, hub USB, kabel HDMI, mouse, dan TV.
Hubungkan hub USB ke ponsel Anda.Hubungkan kabel HDMI ke TV Anda.Hubungkan ujung lain kabel HDMI ke hub USB Anda.Hubungkan mouse ke hub USB Anda. Jika Anda memiliki tetikus Bluetooth dan TV pintar, Anda seharusnya dapat menghubungkannya langsung ke TV. Nyalakan TV dan pilih sumber HDMI. Sekarang Anda dapat mengakses ponsel melalui TV. Anda dapat membuat cadangan file Anda, menyesuaikan pengaturan Anda, atau Anda dapat mencoba dan menginstal salah satu aplikasi cadangan yang tersedia di pasar. USB Debugging
Ketika diaktifkan, opsi ini memungkinkan Anda untuk mengakses telepon Anda melalui komputer dengan kabel USB tanpa meminta izin. Karena ini memungkinkan akses ke telepon Anda, itu dinonaktifkan secara default, dan jika Anda ingin menggunakannya, Anda harus mengaktifkannya di pengaturan Anda. Namun, jika layar Anda rusak, layar Anda hitam, dan fungsi sentuh tidak berfungsi, Anda hanya dapat melakukan ini jika Anda telah berhasil menghubungkan ponsel Anda ke TV, jadi pastikan untuk memeriksa langkah-langkah yang disebutkan di atas sebelumnya. proceding.
Hubungkan telepon Anda ke TV.Buka “Pengaturan. Ketuk “Tentang telepon.” Ketuk “Informasi perangkat lunak.” Temukan opsi “Build number”. Ketuk tujuh kali. Kembali ke “Pengaturan.” Ketuk “Opsi pengembang.” Tekan tombol sakelar untuk mengaktifkan USB debugging. Setelah Anda mengaktifkan USB debugging, sambungkan ponsel Anda ke komputer. Anda seharusnya dapat mengakses ponsel dan mengambil data berharga.Akun Google
Jika Anda memiliki akun Google yang sama di ponsel dan komputer, Anda dapat mengakses akun dari komputer dan mencoba menyimpan file yang Anda perlukan. Namun, jika Anda belum menyinkronkan ponsel Anda, metode ini tidak akan berhasil.
Buka browser Anda.Ketik “Akun Google” dan buka.Login.Akses file yang disinkronkan.Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Beberapa aplikasi pihak ketiga, misalnya, Vysor, dapat membantu Anda mengakses telepon Anda. Namun, jika Anda tidak menginstalnya di ponsel Anda sebelum merusak layar Anda, hampir tidak mungkin untuk melakukannya dengan layar Anda benar-benar gelap dan tidak responsif. Selain itu, aplikasi ini mengharuskan Anda untuk menghubungkan ponsel ke komputer, dan untuk itu, Anda harus mengaktifkan USB debugging.

Ketika datang ke aplikasi ini, sebagian besar pengguna menganggapnya terlalu rumit untuk digunakan, terutama dengan layar yang benar-benar rusak.

Ketika Tidak Ada yang Berfungsi

Anda telah mencoba semua hal di atas, dan Anda masih tidak dapat mengakses ponsel Anda? Sayangnya, sepertinya ponsel Anda rusak parah. Dalam hal ini, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah membawanya ke profesional yang mungkin dapat memulihkan data Anda dan/atau mengganti layar Anda.

Lebih Aman Daripada Menyesal

Memecahkan layar ponsel dapat terjadi pada siapa saja. Hanya dengan satu tetes, semua file Anda dapat tetap terperangkap di perangkat Anda. Jika layar Anda benar-benar rusak, sangat sulit untuk mengakses dan mengekstrak file darinya. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan file Anda jika terjadi sesuatu pada ponsel Anda.

Penting untuk membuat cadangan ponsel Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menyimpan file dan foto berharga di satu tempat. Anda dapat menggunakan layanan cloud seperti Google Drive dan mengatur pencadangan otomatis, atau Anda dapat melakukannya secara manual. Selanjutnya, Anda dapat mentransfer file dari ponsel ke komputer dengan kabel USB atau menyimpannya di hard drive eksternal atau flash drive USB.

Untuk mencegah ponsel Anda rusak jika terjatuh, pastikan Anda memiliki casing ponsel dan layar pelindung. Ini akan membantu Anda untuk menjaga perangkat Anda tetap aman dan mencegah kerusakan parah pada ponsel Anda.

Layar Rusak Adalah Pemandangan yang Mengerikan

Jika Anda pernah mengalami layar rusak, Anda sudah terbiasa dengan perasaan takut ketika memikirkan semua file yang mungkin ada’ sudah tersesat. Untungnya, ada beberapa cara Anda dapat mengakses ponsel Anda meskipun layar Anda rusak. Dalam panduan langkah demi langkah ini, kami telah menyertakan beberapa tip dan trik yang dapat Anda gunakan untuk mengekstrak file berharga dari ponsel Anda. Tapi, ingat: pencegahan selalu lebih baik! Cobalah untuk selalu mencadangkan data Anda dan ponsel Anda terlindungi.

Pernahkah Anda mencoba memulihkan data dari ponsel dengan layar rusak? Beri tahu kami tentang hal itu di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: