Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Chromebook

Fitur mode gelap seluruh sistem kini tersedia di Chrome OS versi terbaru. Fitur ini masih dalam tahap uji coba, dan Google belum menyelesaikannya. Namun, dimungkinkan untuk mengaktifkan mode gelap di Chromebook Anda selama perangkat Anda memenuhi semua persyaratan. Terlebih lagi, ini hanya akan memakan waktu beberapa menit dari waktu Anda.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengaktifkan mode gelap di Chromebook. Selain itu, Anda akan mempelajari cara menonaktifkan fitur ini saat tidak diperlukan lagi.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Chromebook

Mode gelap adalah salah satu fitur pembaruan sistem yang paling banyak diminta untuk Chromebook. Apa pun perangkatnya, banyak orang lebih suka menggunakan mode gelap, karena lebih mudah menatap layar untuk waktu yang lama. Fitur mode gelap sangat berguna bagi mereka yang bekerja di malam hari. Mode gelap juga berguna karena mengurangi cahaya biru yang dipancarkan oleh layar, sehingga meminimalkan ketegangan mata.

Karena fitur ini masih baru, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi perangkat agar Anda dapat mengaktifkannya. Anda perlu mengaktifkan beberapa bendera Chrome, fitur eksperimental yang saat ini sedang dikerjakan Google sebagai permulaan.

Perlu diingat bahwa Anda hanya dapat mengaktifkan mode gelap di Chromebook jika menggunakan saluran Beta. Kabar baiknya adalah Anda dapat dengan mudah beralih di antara tiga saluran yang ditawarkan Chrome OS saat ini (saluran Stabil, saluran Beta, dan saluran Dev). Meskipun fitur mode gelap hanya tersedia di saluran Beta saat ini, fitur ini mungkin akan segera kompatibel dengan semua saluran Chrome OS.

 Untuk beralih ke saluran Beta di Chromebook, inilah yang perlu Anda lakukan:
Masuk ke Google Anda akun.Pilih waktu di sudut kanan bawah layar Anda.Lanjutkan ke “Pengaturan.” Buka opsi “Tentang Chrome OS” dan kemudian tab “Detail tambahan”. Klik tombol “Ubah Saluran” di sebelah Bagian “Saluran”.Pilih “Saluran Beta.”Klik opsi “Ubah Saluran” lagi.Tunggu hingga unduhan selesai.Mulai ulang Chromebook.
Perhatikan bahwa pemilik akun adalah satu-satunya pengguna yang diizinkan untuk mengubah saluran Chrome OS. Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa dengan berpindah saluran, semua data Anda dari saluran sebelumnya akan dihapus. Itulah mengapa penting untuk mencadangkan file Anda sebelum Anda mengubah ke saluran Beta. Anda juga harus masuk ke akun Google setelah memulai ulang perangkat.

Sekarang Chromebook Anda berjalan pada versi Beta terbaru, Anda dapat mengaktifkan fitur mode gelap. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melihat bagaimana melakukannya:
Buka Google Chrome di Chromebook Anda. Ketik “chrome://flags” di bilah pencarian atas. Ini akan membawa Anda ke jendela “Eksperimen”. Di bilah “Pencarian bendera”, ketik “dark” atau “dark mode”. Di sebelah “Dark/light mode UI sistem”, klik tombol “Default”. Pilih “Diaktifkan.” Di sebelah “Paksa Mode Gelap untuk Konten Web,” pilih tombol “Default” dan pilih “Diaktifkan.” Ulangi proses yang sama untuk semua bendera Chrome yang tersedia. Klik tombol “Mulai Ulang” di bagian bawah- pojok kanan layar.
Saat menyalakan kembali Chromebook, Anda akan melihat bahwa seluruh desktop berada dalam mode gelap. Aplikasi sistem seperti “File” dan “Pengaturan” dan halaman web juga akan berada dalam mode gelap.

Karena fitur mode gelap masih dalam tahap percobaan, Anda mungkin mengalami bug dan lag. Selain itu, belum semua aplikasi mendukung fitur ini. Jika Chromebook Anda tampaknya tidak dapat menangani mode baru ini, dan jika Anda mengalami masalah apa pun, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menyetel ulang bendera Chrome kembali ke default.

Menonaktifkan Mode Gelap Sepenuhnya

Jika Anda ingin menonaktifkan mode gelap di Chromebook sama sekali, inilah yang perlu Anda lakukan:
Buka Google Chrome. Pastikan Anda masuk ke akun Google Anda. Ketik “chrome: // flags” di bilah pencarian. Di jendela “Eksperimen”, ketik “dark” atau “dark mode” di kotak. Di sebelah “Dark /light mode UI sistem,” klik tombol “Enabled”. Pilih opsi “Disabled”. Di samping “Force Dark Mode for Web Contents”, pilih tombol “Enabled”. Pilih opsi “Disabled”. Ulangi proses yang sama untuk semua bendera Chrome yang diaktifkan. Lanjutkan ke tombol “Mulai Ulang” di sudut kanan bawah.
Anda harus memulai ulang Chromebook untuk menyelesaikan proses ini. Saat Anda menyalakannya kembali, Anda akan melihat bahwa desktop Anda tidak dalam mode gelap lagi.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu melakukan powerwash atau menyetel ulang Chromebook ke setelan pabrik, tetapi ini akan menghapus semua data di hard drive Chromebook Anda. Untuk alasan ini, sangat penting untuk mencadangkan semua file Anda sebelum Anda mengaktifkan mode gelap di Chromebook Anda. Untuk mengatur ulang pabrik Chromebook Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Keluar dari akun Google Anda. Tekan dan tahan tombol ini “Ctrl + Alt + Shift + R” secara bersamaan. Pilih opsi “Mulai ulang”. Klik “Powerwash” pada menu pop-up.Pilih opsi “Lanjutkan”.Ikuti petunjuk di layar untuk menyetel ulang Chromebook ke setelan pabrik.Masuk dengan akun Google Anda.Selesaikan penyiapan Chromebook.
Jika Anda masih bertekad untuk mengaktifkan mode gelap di Chromebook Anda, mungkin lebih baik menunggu hingga Google menyelesaikan fitur ini, dan kemudian fitur ini akan aman digunakan.

Gunakan Chromebook Anda dalam Mode Gelap

Meskipun fitur mode gelap Chrome OS masih dalam masa uji coba, Anda dapat mengaktifkannya di saluran Beta. Setelah Anda melakukan ini, sebagian besar aplikasi, folder sistem, dan situs web Anda akan berada dalam mode gelap. Kondisi cahaya redup memungkinkan Anda bekerja lebih efisien dengan mengurangi ketegangan mata.

Pernahkah Anda mengaktifkan mode gelap di Chromebook sebelumnya? Apakah Anda mengikuti langkah yang sama dari panduan ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: