Cara Mengambil Tangkapan Layar di Chromebook

Bekerja di Chromebook biasanya sangat mudah, karena dirancang agar ringkas dan mudah digunakan. Namun, desain ringkas ini telah mengubah apa yang paling umum. Mengambil tangkapan layar, misalnya, tidak lagi dilakukan dengan menekan tombol karena tombol Print Screen sudah tidak ada lagi.

Fungsi ini, bersama dengan banyak fungsi lainnya, tentu saja masih ada, dan kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat mengambil tangkapan layar di Chromebook dan tampilkan semua pintasan berguna lainnya yang dimiliki Chromebook Anda.

Mengambil Tangkapan Layar

Mengambil tangkapan layar di Chromebook dapat dilakukan dengan beberapa cara, baik tangkapan layar penuh dari seluruh layar atau pengambilan gambar pilihan di mana Anda dapat memilih bagian mana dari layar untuk menyalin. Langkah-langkah untuk masing-masing dijelaskan di bawah ini:
Tangkapan layar penuh di netbook – Tekan Ctrl + Show All Open Windows key. Jika Anda menggunakan keyboard standar, ini akan menjadi tombol F5. Tangkapan layar penuh pada layar atau tablet yang dapat dilepas – Tekan dan tahan tombol Daya dan Volume turun secara bersamaan. Tangkapan layar sebagian – Tahan Shift + Ctrl + Show All Open kunci jendela. Layar akan menampilkan kursor yang kemudian dapat Anda klik dan seret ke area layar yang ingin Anda tangkap. Chromebook mengambil tangkapan layar saat Anda melepaskan tombol mouse (atau melepaskan jari dari trackpad). Jangan lepaskan tombol atau jari Anda sampai Anda memilih dengan benar area layar yang ingin Anda tangkap.
Setelah Anda mengambil tangkapan layar, jendela kecil yang menunjukkan tangkapan akan muncul di sisi kanan bawah layar. Ini untuk mengonfirmasi bahwa tangkapan layar telah diambil dan untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana tampilannya. Anda kemudian dapat memutuskan apakah Anda ingin mengambil tangkapan layar lain.

Tangkapan layar disimpan di aplikasi File di Chromebook Anda. Ini dapat diakses dengan menekan ikon lingkaran di kiri bawah layar Anda, lalu memilih file, atau menggunakan pintasan Alt + Shift + M.

Mencetak Gambar Anda

Mencetak di Chromebook sangat berbeda dengan mencetak di komputer atau laptop biasa. Chromebook menggunakan Google Cloud Print untuk terhubung ke printer. Jika Anda memiliki printer tradisional yang tidak mendukung Google Cloud Print, Anda harus menggunakan komputer dengan Chrome yang terpasang untuk mengaktifkan Cloud Printing.

Jika Anda mencetak di Chromebook dengan printer cloud-ready, yang harus Anda lakukan hanyalah adalah mengaturnya agar perangkat Anda mengenalinya. Untuk melakukannya, ikuti petunjuk berikut:
Klik di kanan bawah tempat waktu ditampilkan. Ini akan membuka menu. Pilih Pengaturan dengan mengklik ikon roda gigi. Gulir ke bawah dan pilih Pengaturan Lanjut. Sekarang, pilih Printers. Temukan printer Anda di bawah menu Available printers to save. Klik di atasnya. Jika printer Anda muncul di bawah menu Saved Printers maka Anda sudah siap.
Untuk printer klasik, Anda harus menyiapkannya menggunakan desktop atau laptop yang telah menginstal Chrome. Untuk melakukannya, lakukan langkah-langkah berikut:
Buka Chrome di komputer Anda yang telah menginstal printer.Buka Pengaturan dengan mengklik ikon tiga titik di sudut kanan atas browser Anda.Pada menu di sebelah kiri, klik Lanjutan.Klik Mencetak.Dalam menu Pencetakan, pilih Google Cloud Print.Klik Kelola Perangkat Cloud Print.Di bawah Classic Printers, klik Add Printers.Dari daftar, pilih printer mana yang ingin Anda tambahkan lalu klik Add Printer.
Ini menghubungkan printer Anda ke akun Google Anda dan dapat digunakan untuk mencetak gambar oleh perangkat apa pun yang masuk ke akun Anda melalui Google Cloud Print.

Pintasan Populer Lainnya
Lihat Semua Pintasan Keyboard – Ctrl + Alt + /Caps Lock on/off – Cari + AltBuka jendela baru – Ctrl + nBuka jendela dalam mode penyamaran – Ctrl + Shift + nBuka tab baru – Ctrl + tTutup tab saat ini – Ctrl + wTutup jendela saat ini – Ctrl + Shift + wPage Up – Search + Up atau Alt + UpPage Down – Search + Down atau Alt + BawahKe Atas – Ctrl + Alt + UpGo to B ottom –Ctrl + Alt + BawahBuka aplikasi File – Shift + Alt + mTampilkan file tersembunyi Ctrl +Undo – Ctrl + zRedo – Ctrl + Shift + z
Fleksibilitas Lebih dari Kekuatan Pemrosesan

Chromebook adalah perangkat yang terjangkau, ringkas, dan stabil yang dirancang untuk mereka yang lebih menyukai keserbagunaan daripada kekuatan pemrosesan. Karena sifatnya yang ringkas, beberapa fungsi yang sudah familiar bagi sebagian besar pengguna komputer tidak seperti biasanya. Mengetahui cara kerja pintasan yang berbeda untuk fungsi ini sangat penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari Chromebook Anda.

Apakah Anda tahu cara lain untuk mengambil tangkapan layar di Chromebook? Apakah ada pintasan Chromebook lain yang menurut Anda berguna? Bagikan pemikiran Anda di komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: