Cara Mengatasi Telegram Tidak Terkoneksi di PC atau Smartphone

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneMacWindowsPerangkat Hilang?
Aplikasi perpesanan Telegram adalah cara yang bagus untuk tetap berhubungan dengan teman – saat berfungsi dengan baik. Tetapi ada banyak alasan mengapa Telegram tidak dapat terhubung. Dalam kebanyakan kasus, koneksi internet Anda mungkin tidak cukup kuat untuk terhubung dengan Telegram. Atau aplikasi itu sendiri yang mungkin menjadi masalah.

Tetapi apa pun alasannya, ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk memperbaikinya dan kembali ke obrolan Anda. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan apa yang dapat menyebabkan Telegram Anda berhenti bekerja. Selain itu, kami akan menawarkan beberapa perbaikan cepat agar Telegram dapat terhubung, yang dapat Anda terapkan ke perangkat yang berbeda.

Telegram Tidak Terhubung di iPhone

Ini bisa sangat membuat frustasi ketika Anda ingin menggunakan Telegram tetapi pesan “Menghubungkan…” terus ditampilkan di bagian atas layar. Karena Telegram adalah aplikasi perpesanan berbasis cloud, Anda memerlukan koneksi internet yang stabil untuk mengirim dan menerima pesan. Koneksi yang lemah biasanya merupakan alasan paling umum mengapa Anda mengalami masalah.

Sebelum melakukan hal lain, pastikan Wi-Fi Anda berfungsi. Anda dapat melakukan ini dengan membuka aplikasi lain di iPhone Anda, seperti Instagram, WhatsApp, atau YouTube. Selain itu, coba kirim pesan atau buka video. Jika tidak ada yang berfungsi, berarti ada masalah dengan Wi-Fi Anda. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan dalam hal ini adalah mencabut dan memulai ulang router dan modem Anda. Setelah Anda mencabutnya, tunggu setidaknya 30 detik sebelum menyambungkannya kembali.

Jika Anda menggunakan data seluler, pastikan itu diaktifkan dengan membuka tab “Seluler” di “Pengaturan” iPhone Anda. Selain itu, pastikan Anda memiliki data seluler yang cukup untuk menelusuri dan menggunakan aplikasi. Perbaikan cepat lain yang dapat Anda coba adalah memulai ulang iPhone Anda. Begini caranya:
Buka “Pengaturan” di iPhone Anda.Turun hingga Anda menemukan “Telegram” pada daftar aplikasi.Beralih sakelar “Penyegaran Aplikasi Latar Belakang”.Aktifkan opsi “Data Seluler”.
Solusi lain yang dapat Anda coba adalah untuk menghapus Telegram dan menginstalnya kembali. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui bagaimana melakukannya:
Temukan Telegram di layar beranda Anda dan tekan lama. Pilih “Hapus Aplikasi” pada menu pop-up. Pilih “Hapus Aplikasi.” Ketuk “Hapus” lagi. Buka App Store. Ketuk gambar profil Anda di sudut kanan atas layar. Pilih tab “Dibeli”. Temukan “Telegram” pada daftar aplikasi. Ketuk ikon awan di sisi kanan. telah menginstal ulang Telegram, masuk ke akun Anda lagi. Masalah koneksi harus diperbaiki.

Aplikasi ini juga mungkin terhubung karena Anda menggunakan versi yang lebih lama. Inilah cara Anda dapat memeriksa apakah Anda perlu memperbarui Telegram di iPhone Anda:
Buka App Store di iPhone Anda. Buka gambar profil Anda di sudut kanan atas. Temukan “Telegram” di daftar aplikasi. Jika Anda dapat melihat Tombol “Perbarui” di sebelahnya, ketuk dan tunggu beberapa detik.
Telegram Tidak Terhubung di Perangkat Android

Banyak solusi yang sama berlaku untuk Telegram di perangkat Android. Jika Anda telah memeriksa koneksi data Wi-Fi / seluler Anda, dan semuanya tampak berfungsi dengan baik, maka masalahnya mungkin adalah aplikasi itu sendiri. Ada kemungkinan bahwa server Telegram sedang down, dalam hal ini, tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Namun, jenis masalah ini biasanya diselesaikan dengan cukup cepat.

Sebelum melakukan hal lain, pastikan untuk memulai ulang perangkat Android Anda. Ini akan menghapus semua aplikasi yang mungkin berjalan di latar belakang, sehingga menyebabkan aplikasi Telegram Anda lag. Masalah koneksi Telegram juga dapat diselesaikan dengan menghapus data dan cache aplikasi. Beginilah cara melakukannya di Android:
Buka “Pengaturan” di Android Anda. Lanjutkan ke “Aplikasi” pada menu, dan buka “Kelola Aplikasi.” Temukan Telegram di daftar aplikasi. Pilih “Hapus Data” di bawah layar Anda. Ketuk “Hapus semua data” dan “Hapus cache” pada menu pop-up. Konfirmasikan bahwa Anda ingin melakukan ini.
Setelah data dan cache dihapus, Anda akan diminta untuk masuk ke akun Telegram Anda lagi. Saat Anda berada di bagian “Telegram” di “Pengaturan” Android Anda, pastikan aplikasi memiliki semua izin yang diperlukan. Meskipun Anda sudah memberikan izin Telegram saat pertama kali menginstal aplikasi, ada kemungkinan beberapa di antaranya dicabut karena kesalahan. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Di tab “Telegram”, buka “Izin aplikasi.” Pastikan opsi “Kontak” dan “Penyimpanan” diaktifkan. Kembali ke “Telegram” dan ketuk “Izin lainnya.” Pastikan semua izin yang diperlukan diaktifkan.
Anda juga harus memeriksa pengaturan aplikasi dalam Telegram. Begini caranya:
Buka Telegram di Android Anda. Ketuk tiga garis horizontal di sudut kanan atas layar Anda. Pilih “Pengaturan” pada menu. Buka “Data dan Penyimpanan.” Lanjutkan ke “Unduh Media Otomatis .”Pastikan opsi “Saat menggunakan data seluler”, “Saat terhubung di Wi-Fi”, dan “Saat roaming” diaktifkan.
Anda mungkin juga perlu memperbarui aplikasi. Begini cara melakukannya di Android:
Buka Google Play di Android Anda. Ketuk gambar profil Anda di sudut kanan atas layar Anda. Arahkan ke “Kelola aplikasi & perangkat.” Temukan “Telegram” di daftar aplikasi.Jika ada opsi “Perbarui” di sebelahnya, ketuk dan tunggu beberapa detik.
Telegram Tidak Terhubung di PC

Jika Anda menggunakan Telegram di browser, atau disebut Telegram Web, Anda juga dapat mengalami masalah dengan koneksi. Sama seperti untuk aplikasi seluler, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa apakah Wi-Fi berfungsi. Jika bukan Wi-Fi yang menyebabkan masalah konektivitas, mungkin browser Anda.

Agar Telegram berfungsi kembali dan mempercepat aktivitas internet lainnya, sebaiknya bersihkan cache dari browser Anda. Begini cara melakukannya di Chrome:
Buka Google Chrome.Klik tiga titik di sudut kanan atas.Pilih “Alat lainnya” lalu buka “Hapus data penjelajahan.” Ini akan membawa Anda ke jendela baru. Pilih rentang waktu. Anda dapat menghapus cache hanya dari jam sebelumnya, atau Anda dapat memilih “Semua waktu” dan menghapus semuanya. Pastikan “Riwayat penjelajahan”, “Cookie dan data situs lainnya”, dan “Gambar dan file cache” semuanya dicentang. Klik pada tombol “Hapus data”.
Solusi lain yang dapat Anda coba adalah mengunduh aplikasi desktop. Aplikasi desktop Telegram diketahui menyebabkan lebih sedikit masalah dengan konektivitas daripada aplikasi web.

Akhirnya, jika tidak ada solusi ini yang membantu Anda, hal terakhir yang harus dicoba adalah me-restart PC Anda.

Telegram Tidak Terhubung Tanpa VPN

Alasan lain mengapa Telegram Anda mungkin tidak terhubung adalah VPN Anda. Bergantung pada server mana Anda terhubung, Telegram mungkin dilarang di wilayah tersebut. Ada dua hal yang dapat Anda coba saat ini. Pertama, Anda dapat mengubah lokasi di VPN Anda. Kedua, Anda dapat menonaktifkan VPN Anda sama sekali. Ini berlaku untuk aplikasi seluler dan desktop.

Demikian pula, jika Anda menggunakan server proxy, Anda mungkin tidak dapat terhubung karenanya. Untuk mematikannya, inilah yang perlu Anda lakukan:
Buka aplikasi Telegram di ponsel Anda. Ketuk tiga garis horizontal di sudut kiri atas layar Anda. Lanjutkan ke “Data dan Penyimpanan” pada menu. Pilih Tab “Proxy”. Temukan opsi “Gunakan server proxy” dan nonaktifkan.
Kembali ke Pesan Telegram Anda

Telegram tidak terhubung adalah masalah umum yang membuat frustrasi tetapi biasanya terjadi karena koneksi internet yang tidak stabil. Untungnya masalah koneksi Telegram dapat dengan mudah diselesaikan, dan ada banyak cara untuk melakukannya. Setelah Anda menghubungkan kembali akun Telegram Anda, Anda dapat kembali mengobrol dengan teman-teman Anda.

Pernahkah Anda mengalami masalah Telegram tidak terhubung? Apa yang Anda lakukan untuk memperbaikinya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: