Cara Mengatur Email di Domain

Jika Anda memiliki domain situs web sendiri, menyiapkan alamat email profesional Anda sendiri untuk mencerminkan merek pribadi Anda adalah hal yang mudah. Baik Anda menjalankan bisnis kecil atau membangun portofolio, ada baiknya untuk menjauh dari akun Gmail pribadi Anda untuk berkomunikasi dengan klien atau pengunjung situs web tanpa terlihat tidak profesional.

Sangat mudah untuk membuat kumpulan alamat email pribadi Anda sendiri dari domain Anda, dengan banyak opsi untuk menjaga email Anda tetap aman dan anonim. Perlu diingat, Anda hanya dapat menggunakan email domain jika Anda dapat mengakses panel kontrol domain. Artikel ini akan menjelaskan cara termudah untuk mengatur email di domain Anda. Mari selami.

Langkah 1: Buat Alamat Email di Domain Anda

Jika Anda memiliki hosting web dan nama domain sendiri, maka Anda hanya perlu menyiapkan alamat email di panel kontrol hosting situs web Anda. Ikuti langkah-langkah berikut:
Masuk ke panel kontrol hosting situs web Anda (cPanel paling sering digunakan). Temukan ikon “Akun Email” di bawah bagian Email. Setiap panel kontrol harus memiliki opsi ini, tetapi mungkin terletak di bawah bagian yang berbeda. Isi semua informasi yang diperlukan, seperti nama email, kata sandi, dan kuota kotak surat, dan pilih domain dari daftar. Buat akun Anda.
Jika Anda tidak menerima kesalahan setelah Anda mengklik tombol “buat akun”, itu berarti email Anda telah dibuat. Misalnya, mungkin [dilindungi email].

Namun, hanya karena email itu ada, bukan berarti email itu dapat diakses. Untuk mengirim dan menerima email dari akun ini, Anda memerlukan klien email (Gmail, misalnya).

Langkah 2: Siapkan Akun Google

Saat ini, Gmail adalah salah satu klien email terbaik dan paling andal di internet. Ini benar-benar gratis, bekerja tanpa masalah, dan Anda mendapatkan penyimpanan email 15 GB serta folder Drive pribadi.

Selain itu, Anda dapat masuk ke beberapa akun Google sekaligus. Ini berarti Anda dapat menggunakan Gmail pribadi dan akun bisnis Anda secara bersamaan.

Namun, ini dapat menyebabkan kesalahan saat mengirim atau menanggapi email, jadi Anda harus selalu memperhatikan untuk tidak mengirim pesan pribadi ke klien.

If Anda tidak memiliki Gmail, ikuti petunjuk berikut untuk membuatnya:
Buka halaman akun Google.Pilih “Gunakan akun lain”.Klik “Buat Akun”.Ikuti petunjuk di layar untuk menyiapkan Gmail baru.
Bila Anda Jika akun Anda telah disetel, Anda dapat melanjutkan untuk meneruskan semua pesan Anda ke sana.

Langkah 3: Tambahkan Penerus ke Klien

Penerus email mentransfer semua email Anda dari @domainbisnisAnda ke kotak surat @gmail Anda. Berikut cara mengaktifkannya:
Masuk ke panel kontrol domain Anda lagi.Buka “Forwarder.”Pilih “Add Forwarder.”Pilih alamat untuk meneruskan dan tujuan baru.Pilih “Add Forwarder.”
Sekarang semua email yang Anda terima di email bisnis Anda akan masuk ke kotak surat Gmail Anda.

Langkah 4: Konfigurasi Gmail

Satu-satunya yang tersisa adalah mengkonfigurasi Gmail Anda untuk menerima dan mengirim email menggunakan alamat domain yang sama dari atas. Mari ikuti langkah berikut:
Masuk ke akun Gmail Anda.Klik ikon “Pengaturan” (ikon roda gigi) di dekat kanan atas layar.Klik “Pengaturan.”Pilih bilah “Akun dan Impor”. Di bawah bilah “Kirim Email Sebagai :” klik “Tambahkan alamat email lain”Masukkan data pengguna Anda bersama dengan alamat domain baru di jendela pop-up. Pilih “Kirim Verifikasi” dan email konfirmasi akan tiba di kotak masuk email Anda. Klik tautan itu untuk memverifikasi email.
Sekarang, ketika Anda memilih tombol “Tulis email”, Anda akan melihat perubahan yang telah Anda buat. Email pengirim akan berubah menjadi email domain bisnis Anda.

Oleh karena itu, semua email yang dikirim ke email @yourbusinessdomain Anda akan sampai di akun @gmail ini, dan semua pesan yang Anda kirim akan ditampilkan dengan nama domain Anda.

Banyak Email Klien di Cyberspace

Jika Anda bukan penggemar Gmail, Anda tidak perlu khawatir. Ini bukan satu-satunya cara untuk membuat email di domain, meskipun ini yang termudah. Jika Anda ingin menyiapkan email domain di klien lain, Anda dapat mencarinya.

Beberapa klien online seperti Yahoo membutuhkan sedikit usaha dan proses penyiapannya mirip dengan Gmail. Namun, klien kompleks seperti Outlook memerlukan lebih banyak usaha.

Klien email mana yang Anda sukai? Bagikan pendapat Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: