Cara Mengatur Pengingat di Google Spreadsheet

Google Sheets adalah perangkat lunak canggih yang memungkinkan Anda mengatur data dalam bentuk spreadsheet. Anda juga dapat menggunakannya untuk menyiapkan tugas untuk Anda atau sekelompok orang. Dengan fungsi seperti itu, semacam pengingat akan sangat berguna.

Dengan panduan ini, Anda akan mempelajari cara menyertakan pengingat di Google Spreadsheet, serta beberapa kiat tambahan yang mungkin berguna bagi Anda.

Menyiapkan Pengingat

Opsi ini bukan bagian dari perangkat lunak bawaan, tetapi mendapatkannya mudah dan gratis. Untuk mendapatkan add-on:
Buka G Suite Marketplace dan telusuri Tambahkan Pengingat. Sekarang, tekan tombol Instal.
Add Reminders akan mengevaluasi spreadsheet dan akan mengirimi Anda pengingat untuk setiap baris. Anda hanya perlu mengatur tanggal, dan add-on akan secara otomatis mengatur pengingat. Untuk menyetel pengingat:
Buka dokumen baru di Google Spreadsheet.Klik Add-on di menu utama.Klik Tambah Pengingat.Buka Setel/Edit pengingat.Tulis tugas, tanggal, dan alamat email di setiap kolom. Add-on akan otomatis mengisi spreadsheet kosong, jadi Anda bisa mengganti sendiri informasinya.Klik tombol Add a New Reminder.
Sekarang Anda dapat memilih salah satu opsi ini.

Deadline Column

Ini hanya akan menampilkan kolom dengan tanggal yang valid, jadi buat yakin Anda memiliki semuanya ditulis dengan benar. Jika Anda mengubah sesuatu dari baris pertama, Anda harus memulai ulang pengaya.

Anda dapat mengklik sel dan kalender akan muncul.

Kirim Pengingat

Ini akan memungkinkan Anda mengirim pengingat sebelum atau sesudah tanggal yang ditetapkan. Cukup pilih opsi yang sesuai untuk Anda.

Opsi Penerima

Dengan opsi ini, Anda dapat memilih penerima.
Notify Me – Jika Anda memilih opsi ini, Anda akan menambahkan email Anda ke bilah TO. Ini akan mengirimi Anda email balasan yang mengonfirmasi bahwa email telah dikirim. Beri tahu Orang Masuk – Pilih opsi ini, lalu Anda dapat memilih kolom dengan email yang akan dikirimi email. Baris pertama tidak akan disertakan.CC People In – Ini akan menyisipkan orang di CC email. Pilih kolom dengan email, seperti pada opsi sebelumnya.
Email Customization

Menekan opsi ini akan membuka jendela baru.

Subject – Memungkinkan Anda menulis subjek pengingat email Anda.

Add Spreadsheet Link – Opsi ini akan menyertakan link ke sheet di email.

Email Body – Opsi ini menambahkan teks ke bagian utama email.

Setelah memilih opsi yang Anda inginkan, klik tombol Done. Bilah sisi akan muncul, klik Selesai lagi.

Sekarang Anda dapat menutup spreadsheet. Add-on akan melakukan pemeriksaan setiap jam, dan mengirimkan email pada waktu yang tepat.

Tips Google Sheet Lainnya

Ada banyak trik yang dapat membuat pengalaman Google Sheets Anda lebih lancar dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa yang paling berguna.

Kirim Email dengan Mengomentari

Anda dapat mengirim email ke seseorang saat Anda menambahkan komentar ke Google Spreadsheet. Ini adalah cara yang bagus untuk memberi tahu orang-orang bahwa sesuatu yang baru telah ditambahkan ke spreadsheet.

Anda dapat mengirim email dengan mengetik @ diikuti dengan email penerima. Email akan dikirim saat Anda mengetik di komentar.

Terapkan Filter

Anda dapat menggunakan filter untuk menelusuri sekelompok sel dengan sifat yang sama. Ini memungkinkan Anda menemukan informasi dengan cepat bahkan jika Anda memiliki banyak data yang tersimpan di sheet.
Klik tombol Filter.Sekarang, klik tombol Filter dari baris utama di spreadsheet untuk memilih nilai yang ingin Anda lihat.Anda juga memiliki pilihan untuk menyimpan filter. Cukup tekan Buat Tampilan Filter Baru dengan memilih tombol Filter.
Block Cells

Jika Anda memiliki sekelompok besar orang yang mengerjakan satu spreadsheet, Anda dapat memblokir beberapa info agar tidak diubah. Ini akan membuat kesalahan lebih kecil kemungkinannya terjadi.

Anda dapat memblokir sel tertentu atau seluruh kolom.
Pilih Izin Pengeditan Rentang.Anda juga dapat mengaturnya sehingga peringatan ditampilkan saat seseorang mencoba mengedit sel. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Google Spreadsheet Tidak Terlupakan

Google Spreadsheet adalah perangkat lunak yang sangat kompleks dan ada begitu banyak opsi yang akan membantu Anda bekerja lebih cepat dan efisien. Pengingat, misalnya, bisa menjadi penyelamat.

Pernahkah Anda menggunakan fitur pengingat di Google Spreadsheet? Apakah itu membantu? Beri tahu kami di komentar!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: