Cara Mengatur Ulang Kata Sandi Gmail Anda

Tidak pernah ada waktu yang salah untuk mengubah kata sandi Gmail Anda. Itu selalu baik untuk secara rutin mengganti kata sandi Anda untuk tujuan keamanan. Selain itu, Anda tidak pernah tahu kapan pelanggaran keamanan akan terjadi atau jika peretas telah menyusupi akun Anda di balik layar.

Untuk memastikan pesan Gmail dan setelan akun Anda tetap pribadi, ubah sandi Gmail Anda setiap beberapa bulan. Bahkan jika Anda melakukan ini, terkadang Anda mungkin lupa kata sandi Anda karena sering diubah.

Cara Menyetel Ulang Kata Sandi Gmail Anda Jika Anda Lupa

Jika Anda tidak dapat mengingat kata sandi Gmail Anda dan berpikir bahwa Anda telah mencoba memasukkan setiap kemungkinan kombinasi di bawah matahari, mungkin sudah waktunya untuk mengatur ulang jika Anda ingin mengakses kembali email-email berharga itu.

Untuk mengatur ulang kata sandi Gmail Anda yang terlupakan, Anda harus memiliki email cadangan atau nomor ponsel yang terdaftar di akun Anda. Jika tidak, Google tidak dapat mengirim kode konfirmasi untuk menyetel ulang.

Tanpa salah satu dari dua persyaratan tersebut, Google meminta Anda untuk mencoba masuk lagi, yang membuat Anda terhenti. Satu-satunya pengecualian adalah jika Google mendeteksi bahwa Anda telah masuk ke perangkat itu sebelumnya, ini akan menampilkan opsi kata sandi baru secara otomatis, apakah Anda memasukkan kata sandi yang sebenarnya atau tidak. Berikut cara menyetel ulang kata sandi Anda yang tidak diingat.
Arahkan ke “Pemulihan Akun Google.” Masukkan alamat email yang Anda coba akses dan klik “Berikutnya.” Pada prompt yang muncul, klik “Coba cara lain.”Minta verifikasi kode ke nomor ponsel Anda yang ditautkan atau email cadangan. Jika Anda hanya memiliki salah satu dari keduanya, maka secara otomatis akan mengirimkan kode ke opsi yang terdaftar. Masukkan kode dan klik “Selanjutnya.” Di layar “Ubah Kata Sandi”, buat kata sandi baru Anda, konfirmasikan, lalu klik “Simpan kata sandi.” Setelah menyimpan kata sandi baru Anda, layar Pemeriksaan Keamanan muncul. Klik “Lanjutkan.” Sekarang Anda akan melihat halaman “Akun Google”, dan kata sandi baru Anda sekarang aktif.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, langkah-langkah di atas memerlukan email cadangan terdaftar, nomor telepon, atau keduanya. Jika Anda tidak menyetel salah satu opsi keamanan, Anda tidak dapat mengubah sandi yang terlupa kecuali Google mendeteksi bahwa Anda pernah masuk sebelumnya di perangkat tersebut. Agar Google mendeteksi kejadian login sebelumnya, lewati mengklik “Coba cara lain,” seperti yang ditunjukkan di atas pada Langkah 3, dan tebak kata sandi Anda saat ini atau yang lebih lama sebagai gantinya.

Cara Mengubah Kata Sandi Gmail Anda Saat Anda Mengetahuinya

Jika Anda sudah mengetahui kata sandi Anda saat ini dan dapat mengakses akun Anda, mengatur ulangnya semudah mengklik tautan.
Masuk ke myaccount.google.com.Klik “Keamanan” di sebelah kiri menu, gulir ke bawah ke bagian “Masuk ke Google”. Klik “Kata Sandi,” lalu masukkan kata sandi Anda saat ini jika diminta. Masukkan kata sandi baru Anda dan konfirmasi, lalu klik “UBAH PASSWORD.”
Cara Mencegah Masuk Gmail Issues

Misalkan Anda tidak dapat mengingat detail keamanan Anda, seperti email pemulihan tertaut, atau Anda tidak lagi memiliki akses ke nomor telepon Anda. Dalam hal ini, akan sangat sulit untuk mengatur ulang kata sandi Anda.

Kami merekomendasikan dua hal jika skenario di atas terjadi.

Pertama, pastikan Anda mengatur otentikasi dua faktor dan alamat email Anda ditautkan ke nomor telepon yang akan selalu Anda gunakan use.

Kedua, berinvestasi dalam pengelola kata sandi gratis atau berbayar yang baik yang akan menjaga kata sandi Anda tetap aman dan dapat diakses terus-menerus. Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan kata sandi lagi dan dapat dengan mudah menemukannya menggunakan application.

Terakhir, atur fungsi kode cadangan dan simpan di tempat yang aman. Google memungkinkan pengguna untuk memiliki sepuluh kode cadangan sekaligus. Langkah ini berguna ketika Anda terkunci. Jika Anda kehilangan kode kapan saja, mendapatkan yang baru akan menghapus yang lama untuk keamanan tambahan.

Tips saat Menggunakan Pemulihan Akun Google

Sayangnya, akun Gmail yang diretas dapat sulit diakses karena penyusup mungkin telah mengubah informasi telepon atau alamat email cadangan Anda, yang memengaruhi proses pengaturan ulang kata sandi di atas.

Dengan semua fitur keamanan Gmail, termasuk Google 2-Factor Authentication (2FA), pengalaman mengajarkan bahwa akun Gmail tidak dapat ditembus.

Hal pertama yang harus dilakukan (dengan asumsi Anda sudah mencoba petunjuk reset password di atas) adalah kembali ke halaman Account Recovery seperti yang Anda lakukan pada proses pertama (Cara Reset Password Gmail Anda jika Anda Lupa). Kemudian, gunakan tips berikut saat mencoba lagi.

Tips lain untuk membantu Anda mendapatkan kembali akun menggunakan Alat Pemulihan:
Gunakan perangkat yang sudah dikenal, baik itu ponsel cerdas, browser di komputer, atau bahkan tablet. Jika Anda telah menggunakan akun Gmail di perangkat itu, kembali ke perangkat tersebut untuk pemulihan. Saat memilih untuk menggunakan sandi terakhir, Google akan meminta sandi terakhir yang Anda gunakan, tetapi banyak orang mendapati bahwa sandi lama juga berfungsi dengan baik untuk membantu Anda melalui proses penyetelan ulang sandi. Saat menggunakan akun email pemulihan, gunakan email pemulihan yang sama seperti yang Anda lakukan sebelum akun diretas.
Perlu diingat bahwa Anda dapat menggunakan Pemulihan Akun Google lebih dari sekali. Jika Anda gagal pertama kali, coba lagi.

Frequently Asked Questions
Seberapa sering saya harus mengganti kata sandi Gmail saya?

Beberapa pakar keamanan menyatakan bahwa Anda harus mengganti kata sandi setiap tiga bulan. Anda mungkin bertanya-tanya apakah itu berlebihan.

Meskipun ini bukan ide yang buruk, Anda tidak perlu terlalu banyak mengubah kata sandi akun Anda.

Sebagai permulaan, hentikan penggunaan kata sandi yang sama untuk setiap akun. Jika satu akun diretas, semuanya akan diretas. Gunakan kata sandi unik yang terdiri dari lima belas karakter, angka, dan huruf. Anda juga dapat membuat algoritme untuk setiap kata sandi, sehingga lebih mudah diingat.

Selanjutnya, harap perbarui semua informasi kontak Anda dan periksa secara berkala. Setelah peretas masuk ke akun Anda, mereka tidak akan memiliki akses lama. Dengan notifikasi, alamat email cadangan, 2FA, dan peringatan teks, Anda akan segera mendapatkan notifikasi selama info kontak Anda terbaru.
Saya tidak bisa mendapatkan kode 2FA, jadi apa lagi yang bisa saya lakukan?

Jika Anda tidak bisa menerima kode ‘2FA’, alat pemulihan akun akan memandu Anda sebagai pengganti. Perlu dicatat bahwa Google menyarankan untuk membuat akun Gmail yang sama sekali baru jika alat pemulihan akun tidak berfungsi. Sayangnya, Anda harus memperbarui kredensial pada setiap layanan eksternal yang Anda gunakan yang lama (login akun, perbankan, dll.).
Bagaimana saya bisa menghubungi Google?

Google tidak memiliki tim dukungan untuk membantu dengan akun gratis ( dalam hal ini, akun Gmail Anda). Jadi, TIDAK sesederhana menelepon untuk meminta bantuan. Masalah ini tidak berarti Anda tidak perlu khawatir, tentu saja.

Google menyediakan dua tautan untuk bantuan tambahan masuk. Yang pertama adalah pusat bantuan, dan yang kedua adalah formulir pemulihan. Meskipun keduanya tidak akan membawa Anda ke orang yang aktif, keduanya dapat membantu memberikan opsi pemulihan akun khusus untuk kebutuhan Anda.
Saya tidak memiliki kata sandi, nomor telepon, atau email cadangan saya. Adakah hal lain yang bisa saya lakukan?

Pertanyaan ini tersebar luas yang membutuhkan pemikiran yang out-of-the-box. Langkah pertama adalah memeriksa perangkat Anda kecuali Anda dapat menavigasi pertanyaan keamanan Google, termasuk tanggal pasti Anda membuat akun. Apakah akun masih aktif di smartphone, laptop, atau tablet lama? Jika masuk di perangkat lain, Anda tidak dapat menggunakan opsi tersebut, tetapi Anda dapat memperbarui pengaturan keamanan.

Selanjutnya, apakah Anda tidak dapat mengakses email cadangan Anda? Baik Anda menggunakan akun Gmail atau klien email lain, selesaikan proses penyetelan ulang sandi pada akun tersebut dan coba akses kembali Gmail Anda.

Memang, ada cara lain untuk masuk kembali ke akun Anda, tetapi mungkin perlu kreativitas di pihak Anda . Jika tidak, Anda harus membuat akun Gmail baru.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: