Cara Mengelola Subtitle di Disney Plus [Semua Perangkat Utama]

Tautan Perangkat
TeleponMacFire TVRokuPerangkat Hilang?
Sejak awal, Disney Plus menggebrak industri streaming. Langkah ini tidak mengejutkan, mengingat jumlah dan cakupan konten yang disertakan, dan semuanya datang dengan harga yang terjangkau.

Dalam hal penyesuaian, ada sedikit yang tidak dapat Anda lakukan dengan Disney Plus. Artikel ini membahas semua nuansa subtitle dan memberikan tips untuk menyesuaikannya dengan preferensi tontonan Anda.
Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Subtitle Disney Plus

Mengaktifkan dan menonaktifkan subtitle di Disney Plus sangatlah mudah. Bagian berikut memberikan panduan singkat untuk berbagai perangkat, termasuk ponsel cerdas dan Smart TV.
Disney Subtitles di Perangkat Firestick
Pilih film atau acara yang ingin Anda tonton dan putar. Dengan pemutaran aktif, klik tombol Atas pada remote Anda untuk membuka ikon menu, dan pilih. Opsi Subtitle muncul di menu, navigasikan ke sana, dan tekan tombol pilihan untuk memilih antara On dan Off. Setelah selesai, Anda perlu menekan tombol kembali untuk keluar ke pemutaran. Subtitle Disney di Perangkat Roku
Sekali lagi, Anda mulai dengan memilih konten yang ingin Anda tonton. Kemudian, lanjutkan ke halaman deskripsi konten dan pilih Opsi atau Audio & Subtitle. Tentu saja, Anda menavigasi menggunakan remote Roku atau mengklik ikon yang sesuai melalui klien desktop atau aplikasi. Dalam menu, pilih Subtitle atau Closed Captioning On atau Off dan tekan tombol kembali untuk kembali.
Atau, Anda dapat mengelola subtitle Anda untuk semua aplikasi dari menu Pengaturan Roku, begini caranya.
Di beranda Roku, gulir ke bawah dan pilih Pengaturan. Selanjutnya, gulir ke bawah menu Pengaturan dan klik Aksesibilitas. Dari sini Anda dapat memilih mode Teks, bahasa pilihan Teks, dan gaya Teks. Misalnya, untuk mengelola subtitle cukup klik pada Captions Mode dan pilih dari Off, On always, dan On replay. Dua opsi lainnya memungkinkan Anda untuk memilih bahasa subtitle yang diinginkan, dan tampilan.
Ada beberapa opsi untuk dipilih, mungkin perlu beberapa menit untuk membiasakan diri dengan menu.
Disney Subtitles di Rokus Baru – Tip TombolTekan tombol Atas atau Tombol bawah pada remote untuk mengakses menu lainnya dan pilih Audio & Subtitle di sana. Tindakan lainnya sama, dan ini adalah cara yang lebih cepat.
Anda juga harus tahu bahwa Rokus yang lebih baru memungkinkan Anda menonaktifkan subtitle selama pemutaran.
Disney Subtitles di Android atau iPhone
Putar film atau acara dan ketuk layar perangkat. Langkah ini berlaku untuk semua perangkat Android dan iOS – termasuk iPad. Setelah itu, pengguna Android akan melihat ikon menu di bagian kiri layar. Untuk pengguna iOS, ada berbagai ikon di bagian kanan atas layar. Anda dapat mengetuk ikon dan memilih opsi Subtitle dan Audio, lalu ketuk menu di bawah Subtitle untuk mematikan dan menghidupkannya. Tekan X di bagian kanan atas layar untuk kembali ke pemutaran. Subtitle Disney di PC atau Mac

Metode ini mengasumsikan Anda mengakses Disney Plus melalui browser. Jika demikian, layanan streaming memiliki antarmuka yang sama, terlepas dari sistem operasi dan komputer yang Anda gunakan.

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan subtitle, Anda perlu mengklik ikon menu, yang terletak di bagian kanan atas jendela utama . Proses ini membawa Anda ke menu Audio & Subtitle, di mana Anda juga dapat memilih bahasa yang diinginkan.

Jika Anda ingin mematikan subtitle, pastikan untuk mengklik opsi yang sesuai di bawah Subtitles.
Disney Subtitles di Smart TV (Samsung, LG, Panasonic, Sony, Vizio)

Mampu menginstal dan menggunakan Disney Plus langsung di Smart TV Anda adalah hal yang bagus, tetapi bagaimana Anda mengelola subtitle? Di bawah ini, Anda akan mendapatkan kiat untuk beberapa merek Smart TV paling populer.
Samsung
Luncurkan aplikasi Disney Plus, pilih konten yang ingin Anda tonton, dan tekan tombol putar. Sekarang, tekan panah atas dua kali untuk membuka kotak bahasa, yang terletak di bagian kanan atas layar, dan navigasikan melalui remote.

Di sana, tekan tombol pilih dan buka menu Audio dan Subtitle. Di bawah Subtitle, pilih Off atau pilih bahasa subtitle yang ingin Anda gunakan.
LG
Dapatkan remote LG Anda dan tekan tombol Home. Roda gigi pengaturan akan muncul di bagian kanan atas layar. Pilih dan lanjutkan ke Aksesibilitas, lalu pilih Subtitle.

Pastikan bagian Subtitle disorot, lalu pilih untuk menonaktifkan atau mengaktifkan subtitle. Tindakan ini mengaktifkan subtitle untuk TV. Selanjutnya, Anda perlu meluncurkan aplikasi untuk konten apa pun yang ingin Anda tonton dan ulangi langkah-langkahnya.
Panasonic
Mengaktifkan dan menonaktifkan subtitle dilakukan melalui remote Panasonic. Ada tombol khusus, dan diberi label STTL/AD atau STTL. Penempatan tombol dapat bervariasi, tetapi biasanya di tengah remote, tepat di atas rocker Vol dan CH.

Menekan tombol dapat langsung mengaktifkan dan menonaktifkan subtitle. Tetapi dengan beberapa model yang lebih baru, ini mengaktifkan menu subtitle dengan lebih banyak opsi. Jika Anda hanya ingin menonaktifkan atau mengaktifkannya, navigasikan ke bagian yang sesuai dan buat pilihan.

Terakhir, pastikan subtitle dalam Disney Plus juga diaktifkan.
Sony
Ambil remote dan tekan tombol beranda, lalu pilih Pengaturan. Opsi subtitle ada di bagian bawah layar. Untuk beberapa alasan, Sony lebih suka menggunakan ikon tas kerja daripada roda gigi standar. Setelah masuk, pilih opsi Pengaturan Digital dan tekan tombol tengah untuk mengonfirmasi. Arahkan ke Pengaturan Subtitle dan tekan tombol tengah lagi. Anda sekarang dapat mengatur preferensi subtitle untuk Smart TV dan melanjutkan untuk melakukan hal yang sama dengan Disney Plus.

Jika Anda ingin kembali ke sumber konten terakhir, tekan tombol Home dua kali.
Vizio
Untuk mengaktifkan subtitle, tekan tombol Menu pada Remote Vizio, biasanya terletak di atas tombol navigasi di bagian atas perangkat.

Gunakan panah untuk mencapai opsi Teks Tertutup dan tekan tombol OK untuk mengonfirmasi. Di dalam menu, Anda dapat menggunakan panah kiri dan kanan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan subtitle.

Menu Teks Tertutup juga dilengkapi Teks Tertutup Analog dan Digital serta Gaya Digital. Untuk maksud dan tujuan Anda, sebaiknya simpan ini sebagai default.

Ada juga tombol CC di remote, dan itu akan mengaktifkan atau menonaktifkan subtitle dalam sekali tekan. Namun demikian, jangan lupa untuk mengaktifkan subtitle di aplikasi Disney Plus itu sendiri.

FAQ Tambahan

Sekarang, jelas betapa mudahnya mengaktifkan atau menonaktifkan subtitle Disney Plus di perangkat apa pun. Terlebih lagi, opsi ini biasanya berfungsi tanpa kesalahan. Namun, ada beberapa penyesuaian khusus dan opsi pemecahan masalah yang harus Anda ketahui.
Bisakah Saya Mengubah Bahasa Subtitle?

Jawaban cepatnya adalah ya, Anda bisa dan Anda sudah tahu cara melakukannya. Saat Anda masuk ke dalam menu Audio & Subtitle, gunakan tombol panah pada remote untuk menavigasi ke kanan. Kemudian pilih bahasa yang diinginkan dari daftar dan pastikan sudah dicentang.

Sebagian besar konten Disney Plus mendukung lebih dari dua puluh bahasa subtitle yang berbeda. Namun, beberapa font dan huruf eksotis mungkin tidak tersedia.

Bagaimanapun, Anda akan melihat pratinjau bahasa subtitle segera setelah Anda memilih.

Subtitel Terus Datang Kembali. Apa yang Dapat Saya Lakukan?

Setelah dinonaktifkan selama pemutaran, subtitle akan tetap mati. Tapi ini tidak selalu terjadi, terutama dengan gadget streaming tertentu dan Smart TV.

Untuk menemukan pelakunya, Anda harus memeriksa ulang pengaturan dalam aplikasi. Artinya, pastikan subtitle Disney Plus dimatikan. Kemudian lanjutkan untuk memeriksa opsi di Roku, Firestick, atau gadget streaming lainnya yang mungkin Anda miliki.

Setelah itu, Anda dapat melanjutkan pemutaran untuk menentukan apakah subtitle hilang. Terkadang ini tidak membantu dan Anda perlu mengubah pengaturan TV.

Ingat, mematikan subtitle pada perangkat streaming dan TV berlaku di seluruh papan, bukan hanya konten tertentu. Dan aplikasi Disney Plus harus dapat menimpanya untuk mencegah masalah yang mengganggu.

Dapatkah Ukuran Teks Disesuaikan?

Ya, ukuran teks dapat disesuaikan. Dalam menu Subtitel/Teks Tertutup, Anda akan dapat menemukan berbagai ukuran teks yang dinyatakan dalam persentase. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih persentase yang diinginkan dan subtitle akan secara otomatis menskalakannya. Namun ada kendala.

Tergantung pada perangkat yang Anda gunakan, teks mungkin tampak terlalu besar atau terlalu kecil. Ini adalah kejadian umum dengan smartphone Android tertentu, misalnya.

Di sisi lain, jika perangkat streaming Anda memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran teks secara keseluruhan, Anda tidak perlu mengutak-atik pengaturan Disney Plus.

Misalnya, jika Anda menggunakan perangkat iPhone atau Android, buka Pengaturan Aksesibilitas di perangkat Anda. Dari sini Anda dapat menyesuaikan font, ukuran, dan bahkan warna subtitle Anda dalam banyak kasus. Hal yang sama dapat dilakukan pada Xbox dan PS4/5 di bawah pengaturan ‘Teks Tertutup’.

Dapatkah Ukuran Font Diubah?

Tentu, Anda dapat dengan mudah mengubah ukuran font dari pengaturan Audio & Subtitle Disney Plus. Tidak hanya itu, menu ini memungkinkan Anda untuk mengubah warna font, opacity, dan gaya tepi.

Untuk mengakses opsi ini, navigasikan ke Audio & Subtitle dan pilih Settings. Pilih Ukuran Font yang Anda suka di bawah tab yang sesuai dan periksa pratinjau di jendela di bagian atas menu.

Untuk beberapa perangkat, seperti Xbox One, Anda mungkin perlu menggunakan font yang jauh lebih besar dari aslinya.

Subtitle Saya Tidak Disinkronkan dengan Benar. Apa yang Dapat Saya Lakukan?

Langsung saja, ini bukan masalah umum dengan Disney Plus. Semua konten memiliki subtitle pada kecepatan bingkai yang sesuai dengan kecepatan bingkai video. Oleh karena itu, memulai ulang pemutaran dengan cepat atau aplikasi itu sendiri biasanya menangani masalah tersebut.

Beberapa perangkat streaming mungkin juga memungkinkan Anda mengubah kecepatan bingkai secara manual, dan ini dapat memperbaiki masalah untuk sementara. Tetapi saat video berlangsung, subtitle mungkin tidak sinkron lagi. Ini berlaku dua kali lipat jika Anda mencoba menggunakan subtitle pihak ketiga.

Saat streaming konten melalui perangkat seluler, Anda harus memastikan bahwa sistem operasi dan aplikasinya mutakhir. Jika tidak, subtitle mungkin tertinggal di belakang audio dan sebaliknya.

Binge Streaming – Subtitle On

Dalam hal manajemen subtitle, Disney Plus tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat. Aksesnya mudah, terlepas dari perangkat yang Anda gunakan. Plus, menu kustomisasi sulit untuk disaingi. Satu-satunya batasan adalah ukuran teks pada perangkat tertentu.

Konten Disney Plus apa yang paling Anda sukai? Apakah Anda mengalami masalah saat memuat subtitle? Bagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: