Cara Mengetahui Siapa yang Memiliki Situs Web atau Domain

Ada saat-saat ketika Anda melihat sesuatu dan bertanya-tanya siapa yang membuatnya. Hal yang sama berlaku untuk situs web. Baik Anda menemukan sumber pendidikan online atau situs web gosip, Anda mulai memikirkan siapa yang memiliki ide untuk membuatnya. Anda juga mungkin tertarik untuk membeli nama domain. Bagaimanapun, pembuatnya tidak selalu pemiliknya. Website bisa dijual sepanjang waktu. Oleh karena itu, situs web dimiliki oleh pembuat atau pembeli.

Mengidentifikasi kepemilikan situs web berasal dari berbagai alasan. Ini membantu Anda memahami mengapa situs web dibuat, berapa banyak situs yang dimiliki seseorang atau bisnis, dan banyak lagi. Untuk posting politik dan kontroversial, mengetahui pencipta dapat memberikan beberapa konteks yang sangat dibutuhkan. Apa pun alasannya, bagaimana Anda bisa melihat pemilik situs web sejak awal? Mari kita uraikan.

Gunakan WHOIS untuk Mengidentifikasi Pemilik Situs Web

Anda mungkin bertanya-tanya apa itu WHOIS. Sederhananya, istilah ini digunakan setiap kali seseorang ingin mengakses informasi tentang situs web. Setiap kali seseorang mendaftarkan domain web, informasi yang relevan menjadi bagian dari basis data publik.

Jika Anda mencari nama domain, alamat IP, atau bahkan alamat dan nomor kontak, WHOIS akan berfungsi sebagai sahabat Anda.

Situs web WHOIS:
GoDaddy WHOIS Lookupwhois .netwhois.icann.orgwhois.comwhois.domaintools.comwho.iswhois-search.com
Semua situs web WHOIS sangat mirip, berikan atau ambil beberapa pengecualian. Secara umum, inilah yang akan Anda temukan:
RegistrantRegistrarStatus pendaftarTanggal relevanServer namaAlamat IPASNDstatus domainRiwayat WHOISRiwayat IPRiwayat pendaftarRiwayat hostingServer WHOISKode respons situsSkor SEO situsSkor Situs webIstilah situsGambar situsTautan situsRekor WHOIS
Memverifikasi Data WHOIS yang terbaik

organisasi mereka selalu dapat menjadi kesalahan dan informasi palsu. Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) mengetahui bahwa informasi WHOIS harus akurat.

Berkat RAA 2013, pendaftar sekarang harus memverifikasi bidang data WHOIS. Persyaratan ini berarti bahwa nomor kontak dan alamat harus selalu diperbarui. Untuk menilai status data WHOIS, ICANN melakukan studi ekstensif tentangnya.

Menggunakan WHOIS
Kunjungi situs web mana pun dengan fungsi WHOIS.Masukkan URL situs web di bilah pencarian.Lihat hasilnya.
Idealnya, Anda akan mendapatkan semua informasi yang Anda butuhkan. Detailnya mencakup nomor telepon, alamat, detail pendaftar, dan bahkan nama pendaftar (biasanya nama bisnis).

Masalah Pendaftaran Pribadi

Untuk pemilik domain situs web paling terkemuka dan mereka yang umumnya menghargai privasi, alat pencarian WHOIS tidak cukup untuk Anda. Skenario ini karena pendaftar nama domain memberi pemilik situs web opsi privasi domain untuk mengamankan informasi pribadi mereka. Meskipun GoDaddy memiliki fitur WHOIS, mereka juga mengizinkan pelanggannya mendapatkan perlindungan Privasi Domain.

Ada alasan bagus mengapa pemilik domain menyembunyikan informasi:
Mencegah menerima spam dan pesan tidak diinginkan lainnyaHindari meningkatkan kemungkinan diretasCegah penawaran pembelian pada domain yang ingin mereka pertahankan
Sehingga , tidak heran mengapa orang membayar lebih untuk privasi domain. Ini menghemat waktu mereka menghapus spam, dan menjaga situs web mereka tetap aman dari kemungkinan eksploitasi.

Terlepas dari apa pun, Anda bisa mendapatkan gambaran tentang berapa banyak domain yang memiliki pemilik yang sama dengan menggunakan metode lain.

Untuk mencari informasi lebih lanjut meskipun fitur privasi domain ini, Anda harus beberapa opsi:

Hubungi Pencatat Domain jika Ingin Membeli Domain

Karena informasi pemilik situs web bersifat pribadi, pencatat menyimpan detail yang Anda butuhkan. Sayangnya, Anda harus berkomunikasi dengan registrar, dan mereka akan menyampaikan informasi tersebut kepada pemilik situs web. Situs web WHOIS harus memiliki detail kontak pendaftar, seperti nomor telepon atau alamat email. Cukup sebutkan bahwa Anda tertarik dengan domain tersebut jika dan kapan tersedia. Beberapa pemilik nama domain bersedia menjualnya, sementara yang lain mungkin tidak tertarik untuk menutup kesepakatan. Lainnya berencana menjatuhkan nama setelah kedaluwarsa.

Pencarian IP Terbalik

Opsi lain adalah melakukan pencarian IP Terbalik. Ini sangat mirip dengan cara Anda melakukan pencarian WHOIS. Faktanya, situs yang melakukan pencarian Reverse IP hanya membutuhkan nama domain.
Buka ke spyonweb.comMasukkan nama domain atau alamat IP di bilah pencarianLihat hasilnya
Meskipun tidak mengejutkan melihat alamat IP memiliki lima domain, yang kemungkinan besar berarti hanya memiliki satu pemilik, satu yang menunjukkan ratusan domain kemungkinan besar berarti bahwa pemilik domain hanya menggunakan host bersama. Host bersama berarti bahwa pemilik domain tidak memiliki kendali atas situs web lain di bawah alamat IP yang sama.

Mencari Pemilik Situs Web dan Domain

Sebagai penutup, Anda tidak perlu heran ketika melakukan pencarian WHOIS dan melihat bahwa pemilik domain sebenarnya tidak t diposting karena alat Privasi Domain. Jika Anda ingin mengetahui berapa banyak domain yang mungkin dimiliki seseorang, Anda dapat melakukan empat pencarian terbalik yang disediakan di atas.

Lihat artikel kami tentang perintah whois jika Anda ingin mempelajari cara menggunakannya.

Bagikan pemikiran dan pengalaman Anda tentang pencarian situs web dan pemilik domain di bawah ini.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: