Cara Mengganti Host di Google Meet

Device Links
AndroidiPhoneMacWindowsDevice Missing?
Host Google Meet harus hadir selama rapat karena mereka memiliki kontrol atas fitur-fitur penting. Mungkin Anda membuat Meet untuk seseorang, dan bukan Anda yang menyelenggarakannya. Jika demikian, mungkin bijaksana untuk mentransfer kepemilikan kepada orang yang bertanggung jawab. Tapi bagaimana tepatnya Anda melakukannya?

Artikel ini akan mencoba menjawab pertanyaan Anda tentang prosesnya. Kami akan membahas langkah-langkah mendetail tentang cara mengubah host Google Meet di perangkat PC, Android, dan iPhone. Sebagai bonus, Anda juga akan belajar cara mengubah setelan pengajar di Google Classroom.

Cara Mengubah Host Google Meet di PC

Google Meet memungkinkan pengajar mengatur cara fitur digunakan selama acara. Pemilik rapat memiliki kontrol lebih besar atas kapan peserta dapat bergabung ke rapat, dapat memblokir berbagi layar atau obrolan, dan banyak lagi. Semua kontrol host terletak di bawah ikon perisai dengan kunci. Pemilik rapat dapat mengaktifkan atau menonaktifkan berbagai fitur selama rapat.

Mungkin Anda membuat rapat untuk sekelompok orang, tetapi Anda tidak akan bertanggung jawab atas acara itu sendiri. Dalam hal ini, yang terbaik adalah menetapkan kepemilikan kepada orang yang akan menghadiri atau memimpin rapat, sehingga mereka dapat mengubah setelan sesuai kebutuhan.

Perhatikan bahwa hanya orang yang memiliki Akun Google yang dapat menjadi host Google Meet. Selain itu, perubahan kepemilikan rapat hanya dapat dilakukan jika rapat dijadwalkan di Google Kalender.

Berikut cara menjadikan orang lain sebagai pemilik rapat:
Buka Google Kalender dan klik nama acara dari kisi.Ketuk tiga titik horizontal (Lainnya) dan gulir ke bagian bawah menu tarik-turun. Klik “Ubah pemilik.” Masukkan detail orang yang ingin Anda jadikan host. Anda harus mengetikkan nama dan email mereka. Ketuk nama mereka di daftar peserta untuk memilih mereka. Pilih “Ubah pemilik.”
Perhatikan bahwa mereka harus menerima transfer dengan mengklik tautan di email mereka. Anda akan menjadi tuan rumah sampai mereka melakukannya.

Cara Mengubah Tuan Rumah di Google Meet di Aplikasi iPhone

Jika Anda mengadakan Google Meet melalui iPhone, Anda dapat mengubah tuan rumah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Luncurkan aplikasi Google Kalender di iPhone Anda dan temukan acaranya. Ketuk untuk membuka informasi tentangnya. Ketuk pada tiga titik horizontal dan navigasikan ke bagian bawah menu. Pilih “Ubah pemilik.” Masukkan nama dan alamat email orang yang Anda inginkan untuk membuat tuan rumah. Dalam daftar, ketuk nama mereka. Pilih “Ubah pemilik.” Orang tersebut akan menerima undangan kepemilikan. Setelah mereka menerimanya, Anda tidak akan lagi menjadi tuan rumah Google Meet.
Perhatikan bahwa tuan rumah Google Meet harus memiliki akun Google.

Cara Mengubah Tuan Rumah di Google Meet di Aplikasi Android

Melakukan acara Google Meet yang sukses tidak mungkin tanpa tuan rumah. Jika Anda tidak akan berpartisipasi dalam acara yang Anda buat, sebaiknya ganti tuan rumah sebelum rapat dimulai. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya di perangkat Android Anda:
Luncurkan Google Kalender dan temukan acara Google Meet. Ketuk, lalu pilih tiga titik horizontal. Gulir ke bawah menu dan ketuk “Ubah pemilik.” Ketik nama dan email alamat orang yang ingin Anda jadikan host. Ketuk “Ubah pemilik.” Orang tersebut akan menerima undangan melalui email. Setelah mereka menerima, Anda tidak akan menjadi tuan rumah Meet lagi.
Cara Mengubah Tuan Rumah di Google Meet Classroom?

Anda dapat mentransfer kepemilikan kelas ke orang lain dan menjadikan mereka pengajar utama di Google Classroom. Berikut cara melakukannya:
Kunjungi classroom.google.com.Buka kelas yang ingin Anda ubah guru utamanya. Arahkan ke “Orang” dan klik tiga titik di samping guru utama yang baru.Klik “Buat kelas pemilik.”Pilih “Undang.”
Mereka sekarang akan menerima undangan kepemilikan kelas melalui email. Setelah mereka mengonfirmasi, Anda tidak akan lagi bertanggung jawab atas kelas tersebut, dan pengajar utama yang baru akan memiliki semua materi kelas. Ini termasuk folder Google Drive, materi folder template kelas, dan tugas siswa.

Setelah pengajar baru menerima undangan, Anda akan menjadi rekan pengajar. Berhati-hatilah untuk tidak menghapus akun guru utama Anda sebelum mentransfer kepemilikan kelas. Jika ya, beberapa fitur kelas mungkin tidak berfungsi.

FAQ Tambahan
Dapatkah Anda Memiliki Lebih dari Satu Host di Google Meet?

Pada Juni 2021, pembaruan Google Meet baru memungkinkan penambahan co-host. Fitur yang telah lama ditunggu-tunggu ini akhirnya tiba, dan platform sekarang siap untuk tahun ajaran baru. Selain guru, asisten guru juga dapat menyelenggarakan rapat dan berbagi hak istimewa yang hampir sama.

Fitur ini dapat diaktifkan dengan mengubah apa yang disebut opsi Manajemen Tuan Rumah. Setelah Pengelolaan Host diaktifkan, beberapa host Workspace dapat menambahkan hingga 25 co-host ke Google Meet. Ruang Kerja ini mencakup standar bisnis, bisnis plus, kebutuhan pokok, kebutuhan perusahaan, standar perusahaan, perusahaan plus, dan Ruang Kerja untuk edisi pendidikan.

Anda dapat mengaktifkan Manajemen Tuan Rumah saat Anda sedang rapat, dan seseorang dapat menjadi tuan rumah bersama sekali mereka memasuki acara tersebut. Selain itu, Anda tidak dapat menunjuk seseorang sebagai co-host saat mereka berada di Breakout Room. Mereka harus kembali ke ruang utama untuk mendapatkan hak hosting.

Berikut cara mengaktifkan Manajemen Host di PC:

1. Bergabunglah dengan rapat dan klik “Keamanan Rapat.”

2. Panel samping akan muncul. Aktifkan “Manajemen Host” toggle.

3. Anda dapat menonaktifkannya dengan mengaktifkan kembali.

Untuk menambahkan co-host, lanjutkan dengan langkah-langkah berikut di PC:

1. Saat Anda sedang rapat, klik ikon “Tampilkan semua orang” dari kanan bawah.

2. Cari orang yang ingin Anda tetapkan tugas co-host dari daftar peserta.

3. Klik pada tiga titik vertikal di sebelah name.

4 mereka. Pilih “Berikan kontrol host.”

5. Mereka sekarang akan melihat ikon keamanan Rapat ditampilkan di bagian bawah layar mereka.

Jika Anda ingin mengaktifkan manajemen host di perangkat Android dan iPhone Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Saat sedang rapat, ketuk tiga titik vertikal (Menu.)

2. Navigasikan ke “Keamanan rapat” dan aktifkan Pengelolaan Host.

Untuk menambah atau menghapus rekan penyelenggara melalui perangkat Android atau iPhone Anda, lakukan hal berikut:

1. Ketuk layar rapat.

2. Ketuk nama rapat dari sudut kiri atas.

3. Temukan orang yang ingin Anda jadikan co-host dari tab “Orang”.

4. Ketuk tiga titik vertikal di sebelah nama mereka dan pilih “Tambahkan sebagai co-host.”

Catatan: Pada saat penulisan (Agustus 2021), fitur Manajemen Host masih belum diluncurkan ke semua akun. Namun, hal itu diharapkan segera dilakukan.

Mengubah Host Google Meet Dijelaskan

Host Google Meet memegang kendali penuh atas siapa yang memiliki akses ke rapat, dan banyak fitur lainnya. Karena alasan ini, penting bagi mereka untuk ditunjuk sebagai tuan rumah sebelum sesi dimulai. Cara teraman untuk mengubah tuan rumah adalah dengan mengubah pengaturan di Google Kalender tempat acara dijadwalkan.

Artikel ini telah memberi Anda petunjuk mendetail tentang cara mengubah tuan rumah di Google Meet melalui perangkat PC, Android, dan iPhone. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang prosesnya, jangan ragu untuk memberi kami komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: