Cara menggunakan Chromecast di PC atau Laptop

Mengalirkan acara TV dan musik dari ponsel cerdas atau tablet Anda sangat bagus – dan untuk apa Chromecast dirancang – tetapi Anda juga dapat menggunakan Chromecast untuk mengalirkan konten dari PC atau laptop Anda juga.

Ada beberapa hal yang membuat Chromecast lebih unggul daripada metode streaming lainnya. Salah satunya adalah Anda tidak perlu membeli kabel konversi HDMI khusus. Hal lain yang membuat Chromecast hebat adalah Anda dapat membawanya ke mana pun Anda pergi. Dan akhirnya, Chromecast memungkinkan Anda untuk mengatur fitur Mode Tamu yang sangat baik untuk presentasi dan sejenisnya.

Sejak diluncurkan, Chromecast telah berkembang dalam popularitas dan kompatibilitas. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana Anda dapat mentransmisikan konten dari PC atau laptop ke perangkat Chromecast Anda.

Hal yang Perlu Diketahui

Pertama, kami akan membahas beberapa tugas dasar yang harus Anda lakukan sebelum ini berhasil, dan tidak, itu tidak memerlukan peralatan khusus. Hanya browser web, ekstensi, dan koneksi wifi yang layak.

Pertama, mungkin lebih mudah untuk melakukan ini dari Google Chrome karena Chromecast adalah perangkat Google, tetapi Anda dapat meneliti ekstensi untuk Mozilla Firefox atau browser lain untuk melakukannya.

Jika Anda menggunakan Chrome, cukup ketuk ikon menu di sudut kanan atas (tiga titik vertikal atau ikon panah tergantung pada apakah browser diperbarui), lalu klik kanan pada ‘Cast.’

Sekarang Anda akan melihat tombol cast secara permanen di sudut kanan atas Chrome .

Setelah ikon pemeran siap digunakan, saatnya untuk memeriksa koneksi internet Anda. Untuk memasangkan PC atau laptop Anda dengan perangkat Chromecast Anda, mereka harus berada di jaringan wifi yang sama. Meskipun ini mungkin tampak cukup sederhana, berhati-hatilah karena banyak router menawarkan banyak pita, jadi pastikan kedua perangkat terhubung ke pita 2,4Ghz atau 5Ghz.

Dari ponsel cerdas atau tablet Anda, buka Aplikasi Google Home. Ketuk ‘Pengaturan,’ lalu ketuk ‘Jaringan WiFi.’ Sekarang Anda dapat menghubungkannya ke pita internet yang ingin Anda gunakan.

Catatan: Anda mungkin harus melupakan jaringan yang ada untuk menyambung ke jaringan baru.

Sekarang, Anda perlu menghubungkan PC atau laptop ke jaringan yang sama. Cukup klik ikon Jaringan di sudut kanan bawah layar Anda dan daftar jaringan yang tersedia akan muncul. Klik salah satu yang telah Anda gunakan di Aplikasi Google Home dan masukkan informasi keamanan yang diperlukan.

Melakukan tugas ini sebelum mencoba menyambung akan membantu Anda menghindari frustrasi dan kesalahan konektivitas.

Cara Menggunakan Chromecast di PC atau Laptop Anda.

Untuk layanan seperti Netflix dan Spotify, prosesnya sama seperti di ponsel atau tablet Anda: Cukup klik ikon ‘Cast’ yang telah kami ulas di atas.

Meskipun tidak ada kompatibilitas Cast dalam pemutar video, Anda masih dapat menggunakan Chromecast untuk mengalirkan konten, dan ada beberapa cara untuk melakukannya.

Cara termudah adalah melakukan streaming tab dari browser internet Chrome. Tab mungkin berisi video, audio, gambar – Anda bahkan dapat menggunakannya untuk mencerminkan presentasi dalam keadaan darurat. Apa pun di internet, dengan kata lain.

Berikut cara melakukannya:
Nyalakan browser Chrome Anda dan instal ekstensi Google Cast dari Chrome Web Store. Klik ikon Google Cast di sebelah kanan bilah alamat dan pilih Chromecast Anda dari daftar. Tab sekarang akan muncul di TV. Anda dapat mentransmisi dari tab lain kapan saja dengan mengklik ekstensi Cast dan memilih Cast tab ini, dan selesaikan dengan memilih Hentikan transmisi. Bahkan dimungkinkan untuk melakukan streaming file video yang disimpan di PC atau laptop, cukup dengan menyeret file ke tab Chrome dan mengeklik tombol layar penuh pada pemutar video untuk mengisi layar TV Anda.
Segera setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah ini, pencerminan dimulai. Ini berarti tidak ada lagi yang harus dilakukan, konten Anda akan ditampilkan secara otomatis.

Apa yang harus dilakukan jika Komputer Anda Tidak Dapat Terhubung

Jika Chromecast Anda tidak muncul di komputer Anda, kemungkinan karena koneksi internet Anda di salah satu perangkat adalah penyebabnya.

Cukup gunakan Aplikasi Google Home dan ikon jaringan komputer Anda untuk memastikan keduanya terhubung ke koneksi wifi yang sama persis. Ini biasanya memperbaiki masalah apa pun dari perangkat yang tidak muncul hingga jenis kesalahan yang gagal berpasangan.

Tapi, jika tidak, Anda harus mengatur ulang router Anda. Tergantung pada pabrikan router Anda, mungkin ada tombol reset lubang pin kecil. Jika ya, gunakan benda tipis seperti anting untuk menekan dan menahan tombol selama 10 detik. Biarkan router mengatur ulang dan menyambungkan kembali.

Masalah Chromecast Anda juga dapat dikaitkan dengan sambungan listrik Anda. Umumnya, ini mudah terlihat karena Chromecast Anda tidak akan menyala tanpa daya. Namun, jika PC atau laptop Anda tidak menemukan perangkat Anda, periksa sambungan kabel dan pastikan Chromecast Anda menyala.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: