Cara Menggunakan Komputer PC atau Laptop Anda sebagai Router Nirkabel

Bisakah Saya Menggunakan Laptop Saya sebagai Router Nirkabel?

Ya, Anda bisa! Untuk mengatur laptop Mac atau Windows sebagai perute nirkabel, Anda dapat menggunakan aplikasi yang akan melakukan semuanya untuk Anda atau mengaturnya secara manual di dalam sistem operasi. Untuk membuat laptop Anda menjadi hotspot, perlu menggunakan adaptor Wi-Fi Anda. Oleh karena itu, Anda tidak dapat mengakses Internet menggunakan perangkat yang sama. Namun, Anda dapat menggunakan adaptor Wi-Fi USB sehingga Anda memiliki dua (satu untuk hotspot dan satu untuk Internet.) Apapun itu, ethernet adalah pilihan terbaik untuk digunakan jika Anda bisa, terutama karena lebih cepat dan lebih dapat diandalkan sebagai source.

Menggunakan Laptop sebagai Router Berkabel di Windows 10 dan Windows 8

Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda dapat mengubah laptop Anda menjadi hotspot WiFi dengan mudah, berkat pengaturan yang telah disertakan sebelumnya. Pembaruan Ulang Tahun menambahkan kemampuan untuk membagikan koneksi jaringan Anda, yang merupakan tambahan yang disambut baik. Inilah yang Anda lakukan.
Buka menu Pengaturan di Windows 10.Pilih Jaringan & Internet > Hotspot seluler dari menu sebelah kiri.Toggle Share my Internet connection with other devices ke on.Aktifkan Wi-Fi di perangkat lain dan cari jaringan .Bergabunglah dengan jaringan yang dibuat oleh laptop Anda. Nama jaringan tercantum di jendela “Bagikan koneksi internet saya”. Ketikkan kata sandi jaringan di perangkat lain, yang juga terdaftar di jendela “Bagikan koneksi internet saya”.
Anda seharusnya sekarang dapat mengakses internet menggunakan laptop Anda sebagai hotspot Wi-Fi.

Jika Anda menggunakan Windows 8, Anda masih dapat membuat hotspot Wi-Fi, tetapi perlu sedikit lebih banyak konfigurasi.
Arahkan ke Control Panel > Network Connections.Klik kanan adaptor Wi-Fi Anda dan pilih Properties .Pilih Berbagi dan centang kotak di samping “Izinkan pengguna jaringan lain untuk terhubung melalui koneksi Internet komputer ini.” Buka prompt perintah sebagai Administrator. Ketik berikut ini: netsh wlan set hostnetwork mode=allow ssid=”” key=”” dan , tekan Enter. YOURSSID adalah nama jaringan dan PASSWORD adalah kata sandi jaringan. Sekarang, ketik: netsh wlan mulai hostnetwork dan tekan Enter. Kemudian, ketik: netsh wlan show hostnetwork untuk memeriksa apakah semuanya berfungsi dengan benar.
Anda sekarang dapat bergabung dengan jaringan Windows 8 di perangkat Anda yang lain. Cari dan hubungkan, seperti biasa, memasukkan SSID dan kata sandi saat diminta.

Hotspot Windows 8 atau Windows 10 Tidak Bekerja?

Jika Anda mencoba langkah-langkah di atas untuk menggunakan laptop Windows 8 atau Windows 10 Anda sebagai router nirkabel dan gagal berfungsi, ada bisa beberapa alasan. Berikut adalah masalah hotspot windows yang paling umum.

Masalah #1: Koneksi Kabel Jaringan Buruk

Kabel dapat terlihat barang di luar tetapi rusak di dalam, terutama karena kabelnya rapuh dan tipis, dan ujungnya bisa lepas atau aus.

Masalah #2: Router Lama

Router lama yang hampir tidak kompatibel dengan perangkat keras dan driver Wi-Fi laptop Anda dapat terputus atau tidak terhubung sama sekali setiap kali Anda menggunakan adaptor Wi-Fi kedua untuk sumber internet Anda.

Masalah #3: Tethering dari Ponsel Cerdas Anda

Kapan menggunakan ponsel cerdas Android atau Mac Anda sebagai perangkat tethering di windows 8 atau 10, itu tidak diidentifikasi sebagai sumber internet di bawah aplikasi atau driver tertentu. Ya, itu berfungsi, tetapi beberapa aspek Windows tidak mengenali USB ethernet sebagai koneksi internet yang valid, meskipun pada tingkat tertentu. Ini karena aplikasi tethering yang digunakan seperti pdaNet dan EasyTether tidak menawarkan pengalamatan IP otomatis atau mengelola banyak IP seperti yang dilakukan oleh Wi-Fi aplikasi dan fungsi hotspot ponsel. Jadi, Windows menjadi bingung karena pembatasan komunikasi dan pertukaran data di antara keduanya. Lagi pula, tethering benar-benar dirancang untuk terhubung ke satu perangkat saja.

Penting untuk dicatat bahwa Anda BISA membagikan koneksi ethernet Anda saat menggunakan opsi aplikasi pihak ketiga. Misalnya, pdaNet menawarkan Wi-Fi langsung (hotspot sebenarnya menggunakan sinyal data ponsel Anda), Wi-Fi Share (Beta), yang secara otomatis mengatur hotspot di laptop Anda yang terhubung menggunakan koneksi tether yang ada, dan fungsi internet Bluetooth.

Untuk berbagi Wi-Fi dengan smartphone Samsung, lihat artikel tentang cara menggunakan Wifi-Hotspot di Samsung Galaxy S9 atau S9 Plus.

Menggunakan Laptop Apple sebagai Wireless Router

Jika Anda ingin menggunakan MacBook atau MacBook Pro sebagai hotspot WiFi, Anda bisa. Batasan yang ditemukan di Windows 8 dan 10 juga berlaku untuk laptop Apple, yang memerlukan koneksi ethernet untuk Internet dan adaptor Wi-Fi Anda untuk hotspot. Inilah cara melakukannya.
Pilih logo Apple dan kemudian System Preferences.Pilih Berbagi dan kemudian kata-kata “Berbagi Internet” dari daftar di sebelah kiri. JANGAN klik kotak dulu. Klik kata-kata sebagai gantinya. Pilih Ethernet sebagai sumber dan Wi-Fi di kotak “Ke komputer yang menggunakan”. Pilih bagaimana perangkat lain akan terhubung ke Mac Anda di baris berikutnya. Kembali ke Berbagi > Berbagi Internet dan centang kotak. Klik Mulai di jendela sembulan yang muncul. Klik OK di semua petunjuk jika berlaku. Pindai jaringan yang tersedia di perangkat Anda yang lain dan gunakan nama jaringan dan kata sandi dari Langkah 4.
Gunakan DD-WRT x86 untuk Mengubah PC Anda menjadi Router Nirkabel

Diakui, ini seseorang membutuhkan sedikit lebih banyak pengetahuan, tetapi itu bisa sepadan dengan usaha dan kemungkinan frustrasi yang terlibat dalam pengaturan dan pemecahan masalah. DD-WRT adalah firmware open source berbasis Linux yang dirancang untuk router dan sistem tertanam, tetapi memiliki versi x86 yang berjalan di PC.

Untuk instruksi lengkap, lihat halaman wiki dd-wrt terperinci.

Kekuatan PC

Kedua Windows dan sistem operasi Mac mendukung beberapa adaptor Wi-Fi, tetapi Anda mungkin mengalami masalah saat menggunakan metode ini. Anda perlu mengonfigurasi kedua adaptor Wi-Fi secara manual dengan alamat IP yang berbeda dan menggunakannya hanya untuk akses lokal. Ini memberi tahu OS untuk memilih satu untuk lalu lintas internet dan satu untuk lalu lintas IP lokal.

Jika Anda menggunakan Apple, Anda juga perlu menempatkan adaptor WiFi berkemampuan internet di paling atas, sehingga memprioritaskannya. Selain menggunakan aplikasi atau program pihak ketiga untuk mengaktifkan perutean hotspot nirkabel, ini adalah satu-satunya cara untuk menyelesaikan pekerjaan.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: