Cara Menggunakan Mouse dengan Perangkat Android Anda

Menggunakan jari Anda untuk mengontrol semua yang ada di ponsel cerdas atau tablet Anda tidak ideal untuk semua orang. Mengirim SMS dan browsing biasanya tidak menjadi masalah. Tetapi jika Anda ingin menggambar, mengedit, dan melakukan hal-hal lain yang membutuhkan akurasi pin-point, menggunakan angka Anda tidaklah mudah.

Sementara pengguna ponsel cerdas muda tumbuh di era touchpad, masih banyak orang yang terbiasa dengan tepercaya. kombinasi keyboard dan mouse. Dan apa yang tidak disukai? Mouse memberi Anda tingkat kontrol yang belum dilakukan oleh touchpad.

Jika Anda adalah pengguna perangkat Android, Anda dapat menggunakan mouse dengan perangkat Anda. Berikut adalah beberapa tips dan trik tentang cara melakukannya.

Masalah Menghubungkan Mouse ke Perangkat Android Secara Langsung

Apa alasan utama mengapa Anda tidak dapat menggunakan mouse hanya dengan mencolokkannya ke perangkat Android Anda? Jawabannya sederhana – incompatibility.

Smartphone dan tablet dilengkapi dengan port micro-USB, tetapi mouse standar Anda akan menampilkan konektor USB berukuran penuh atau standar yang cocok dengan kebanyakan laptop dan komputer.

Menghubungkan Mouse ke Perangkat Android dengan Adaptor

Hal pertama yang bisa Anda coba adalah adaptor USB OTG. OTG singkatan dari On-the-Go, dan ini sangat berguna untuk sering bepergian yang menyimpan data berharga di ponsel mereka.

Karena bertindak sebagai jembatan antara dua perangkat, adaptor USB OTG akan memiliki dua ujung. Satu dicolokkan ke port micro-USB perangkat Android Anda, sementara yang lain dilengkapi dengan ujung konektor USB perempuan. Di sinilah Anda dapat mencolokkan mouse atau keyboard Anda.

Namun sayangnya, tidak semua perangkat mendukung perangkat keras ini. Sebelum Anda membeli adaptor OTG, Google model ponsel Anda dan cari tahu apakah itu mendukung koneksi.

Periferal Didukung oleh Beberapa Perangkat Android

Saat menghubungkan mouse melalui OTG, Anda dapat menggunakan kursor sebagai pengganti digit dan menavigasi antarmuka Android dengan mengklik alih-alih penyadapan. Biasanya tidak ada masa tunggu untuk menginstal driver, dan Anda juga mungkin tidak perlu mengotak-atik direktori root.

Hal yang sama berlaku untuk menghubungkan keyboard ke ponsel Anda menggunakan adaptor. Ini sangat berguna jika Anda suka bekerja di jalan tetapi Anda tidak suka membawa laptop besar. Keyboard kecil dapat meningkatkan kecepatan kata per menit Anda.

Yang menarik adalah saat Anda menghubungkan mouse atau keyboard ke perangkat Android, Anda masih dapat menggunakan jari dan touchpad jika Anda mau. Sebagai catatan tambahan, beberapa gamepad dan pengontrol juga dapat digunakan untuk menavigasi antarmuka Android, bahkan di luar aplikasi game.

Cara Membuat Koneksi

Langkah-langkah yang melibatkan membuat koneksi yang benar dan berfungsi melalui adaptor OTG sederhana:
Hubungkan OTG ke Anda Perangkat Android.Sekarang, colokkan mouse/keyboard/controller Anda.Tunggu notifikasi “perangkat keras baru terdeteksi”.Mulai menggunakan perangkat.
Anda dapat mengetahui bahwa mouse Anda berfungsi jika penunjuk muncul di layar. Untuk keyboard dan pengontrol, Anda harus menekan beberapa tombol untuk mengetahui apakah koneksi berfungsi dengan baik.

Menggunakan Mouse di Perangkat Android dengan Bluetooth

Mengingat prevalensi Bluetooth, tidak mengherankan jika Anda dapat menggunakannya untuk menghubungkan mouse ke perangkat Anda. perangkat Android. Jika belum, Anda harus mengaktifkan Bluetooth di Android.
Buka menu Pengaturan ponsel Anda. Sekarang, ketuk lama pada Bluetooth atau buka menu, bervariasi berdasarkan versi Android. Kemudian, ketuk Pasangkan perangkat baru, jika Anda tidak melihatnya, Anda mungkin perlu mengetuk Pindai perangkat. Selanjutnya, buat mouse Anda dapat ditemukan, ini biasanya melibatkan menekan tombol Memasangkan, tetapi mungkin berbeda untuk model Anda.
Menggunakan Aplikasi untuk Hubungkan Mouse ke Android

Jika perangkat Anda tidak mendukung koneksi langsung melalui adaptor USB OTG, mungkin masih ada harapan yang tersisa.

Anda dapat menggunakan aplikasi seperti DeskDock, yang tersedia di Google Play store. Aplikasi ini tersedia baik gratis maupun dalam versi berbayar. Jika Anda ingin menggunakannya secara gratis, Anda tidak akan dapat menggunakan keyboard bersama dengan mouse Anda.

Tetapi aplikasi ini tidak melakukan persis seperti yang dilakukan koneksi OTG. Sebagai gantinya, DeskDock memungkinkan Anda menggunakan komputer dan periferalnya untuk mengontrol berbagai aplikasi dan antarmuka di perangkat Android Anda. Ini berarti Anda tidak akan dapat menggunakannya saat bepergian.

Menggunakan aplikasi memerlukan pemahaman menyeluruh tentang tutorial konfigurasi dan terbatas dalam hal penggunaan. Sisi baiknya, aplikasi ini tidak memerlukan akses root.

Jangan Lupa Mengurangi Kekacauan

Jika Anda berencana melakukan pengeditan saat itu juga untuk bekerja atau untuk proyek yang Anda minati, cobalah membawa mouse nirkabel bersama Anda. Saat ini, adaptor untuk periferal nirkabel berukuran kuku atau lebih kecil. Menyiapkan koneksi Bluetooth adalah pilihan yang nyaman, karena Anda tidak perlu khawatir membawa kabel, periferal besar, dan pengontrol di sekitar Anda.

Sebagai catatan terakhir, banyak adaptor OTG memiliki fungsi pembaca kartu microSD yang terpasang. Ini memungkinkan Anda menonton film di ponsel cerdas atau tablet Anda tanpa memengaruhi ruang penyimpanan Anda secara negatif, jadi sebaiknya Anda selalu menyimpannya setiap saat.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: