Cara Menggunakan Papan Tulis di Zoom

Terlepas dari seberapa besar atau kecil, sebagian besar perusahaan bergantung pada teknologi untuk membuat semuanya berjalan semulus mungkin. Banyak layanan, seperti platform konferensi video, Zoom, membantu memfasilitasi proses tersebut.

Namun, Zoom melakukan lebih dari sekadar membuat rapat kerja menjadi lebih efisien; itu juga merupakan alat yang sangat baik untuk pembelajaran online. Banyak universitas menggunakan Zoom, dan ini adalah cara terbaik untuk menyelenggarakan webinar dalam bentuk apa pun. Manfaat ini disebabkan (tidak sedikit) oleh fitur Whiteboard. Tapi apa itu Zoom Whiteboard, dan bagaimana tepatnya Anda menggunakannya? Artikel ini menunjukkan kepada Anda apa yang dapat Anda lakukan dengan papan tulis Zoom dan cara menggunakannya.

Cara Mengakses Papan Tulis Zoom

Salah satu hal terbaik tentang Zoom adalah betapa mudahnya berbagi layar Anda dengan semua peserta atau peserta. Salah satu hal yang dapat Anda bagikan adalah Papan Tulis. Ini sama dengan papan tulis tradisional yang ditemukan di ruang kelas atau ruang konferensi mana pun; hanya itu virtual.

Jika selama rapat, Anda perlu menulis atau menggambar sesuatu di Papan Tulis, yang perlu Anda lakukan hanyalah:
Pilih “Bagikan Layar” pada panel kontrol Zoom. Anda akan melihat tab Dasar, Lanjutan, dan File. Pilih tab “Basic”. Klik pada jendela “Whiteboard” dan pilih “Share.” Setelah selesai, klik “Stop Sharing.”
Ketika Anda membuka Whiteboard, Anda akan segera melihat alat anotasi. Anda dapat menyembunyikannya atau mengungkapkannya lagi jika Anda menekan opsi Papan Tulis pada kontrol rapat Zoom. Anda juga akan melihat kontrol halaman di sudut kanan bawah layar. Opsi ini berarti Anda dapat membuat halaman baru dan beralih di antara yang sudah ada.

Dan inilah masalahnya, jika Anda mengaktifkan fitur dua monitor, Anda dapat memiliki lebih dari satu Papan Tulis berbagi layar secara bersamaan. Jadi, seperti di banyak ruang konferensi dan ruang kelas, ada dua Papan Tulis yang berdampingan. Fitur berbagi Dasar mencakup Papan Tulis, tetapi Anda juga dapat berbagi presentasi PowerPoint atau layar desktop Anda.

Alat Anotasi Papan Tulis

Anda dapat menggunakan alat anotasi saat Anda berbagi layar seperti Papan Tulis dengan peserta ruang Zoom lainnya. Perhatikan bahwa jika Anda adalah tuan rumah, Anda dapat menonaktifkan fitur ini. Alat anotasi termasuk memasukkan teks, gambar, catatan, pilih, stempel, sorotan, panah, hapus, dan fitur berharga lainnya. Anda juga dapat mengubah warna Whiteboard.

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan “Simpan”, yang berarti Anda akan mendapatkan tangkapan layar layar Whiteboard saat ini, yang diunduh ke lokasi yang ditentukan. Tetapi penting untuk diingat bahwa Anda harus mengaktifkannya di portal web Zoom sebelum menggunakan anotasi.

Mengaktifkan Portal Web Zoom
Buka portal web Zoom dan masuk ke akun Anda. Pilih “Manajemen Akun” dan kemudian “Pengaturan Akun.” Verifikasi bahwa “Anotasi” “diaktifkan” di bawah “Rapat”.
Sekarang Anda bebas untuk memulai Sesi papan tulis dengan semua alat anotasi yang Anda inginkan.

Pro Tip: Anda dapat menggunakan fitur Smart Recognition Drawing di Zoom Whiteboard. Gambar lingkaran, misalnya, dan Zoom akan mengenali bentuk dan menghaluskan garis.

Fitur Berbagi Tingkat Lanjut

Whiteboard adalah salah satu fitur layar berbagi paling populer di Zoom. Tetapi beberapa opsi berbagi lainnya bersembunyi di bawah tab “Lanjutan” ketika Anda mengklik ikon “Bagikan Layar” pada panel rapat Zoom. Inilah hal lain yang dapat Anda bagikan dengan Zoom.

Porion of Screen

Ini melakukan apa yang dikatakannya. Ini memungkinkan Anda berbagi hanya sebagian dari layar Anda di Zoom. Saat Anda memilih opsi ini, Anda akan melihat persegi panjang yang kemudian dapat Anda pindahkan. Pada gilirannya, Anda dapat secara tepat membentuk dan meregangkan untuk memilih seberapa banyak layar Anda yang ingin dilihat oleh peserta lain. Fitur ini berguna saat Anda sedang terburu-buru dan tidak terlalu ingin mendeklarasikan desktop Anda.

Hanya Suara Komputer

Ada fitur nyaman lain yang dikenal sebagai “Hanya suara komputer”. Terkadang tidak perlu membagikan video sama sekali, karena klip audio sudah cukup. Dengan memilih opsi ini, Anda dapat mengirimkan audio dari komputer Anda sambil mengabaikan bagian yang terlihat.

Konten dari Kamera ke-2

Jika Anda memiliki webcam terintegrasi di laptop Anda, akan sulit untuk mengelola video. Itulah mengapa Zoom memungkinkan Anda beralih dari satu kamera ke kamera lainnya dengan mudah. Jadi, selain dari webcam terintegrasi, Anda dapat meminta kamera lain menampilkan gambar yang Anda inginkan tanpa harus bergerak di sekitar laptop.

Manfaatkan Zoom Whiteboard

Tidak ada yang seperti kanvas kosong. Ini penuh dengan kemungkinan. Dan ketika seseorang membagikan Papan Tulis mereka, mereka siap membantu Anda memvisualisasikan berbagai hal dengan lebih baik. Mungkin itu soal matematika di kelas, atau mungkin cara menggambar buku komik terbaik, atau grafik gambar tangan yang Anda pikirkan saat inspirasi.

Ada baiknya memiliki Papan Tulis Zoom saat Anda membutuhkannya. Jika Anda memiliki sistem monitor ganda, Anda dapat memiliki dua Papan Tulis, dan hal-hal dapat menjadi sangat menarik. Apakah Anda pernah menggunakan fitur Whiteboard di Zoom?

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: