Cara Menggunakan VPN untuk Mengubah Lokasi Anda [PC, Ponsel, Perangkat Streaming]

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsApple TVFire TVRokuPerangkat Hilang?
Menggunakan VPN memberi Anda banyak fitur seperti privasi dan keamanan, tetapi VPN juga memungkinkan Anda mengubah lokasi IP. Misalnya, jika Anda tinggal di Inggris Raya, Anda dapat menggunakan VPN agar terlihat seolah-olah Anda berada di AS, Jepang, atau Afrika Selatan. Meskipun menggunakan VPN mungkin terdengar menantang, prosesnya relatif mudah. Jika Anda ingin mengubah lokasi IP Anda, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Pada artikel ini, kami menunjukkan cara mengubah lokasi Anda menggunakan VPN di berbagai perangkat.

Cara Menggunakan VPN untuk Mengubah Lokasi Anda di Firestick

Tersedia berbagai penyedia VPN. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal dari VPN Anda, sebaiknya gunakan penyedia yang memiliki reputasi baik, seperti Express VPN.

Menghubungkan Firestick Anda ke ExpressVPN untuk mengubah lokasi Anda dengan cepat dan mudah:
Daftar ke ExpressVPNBuka Amazon App Store di perangkat Firestick Anda dan cari ExpressVPN.Unduh dan instal aplikasi ExpressVPN.Masuk ke aplikasi ExpressVPN. Aplikasi akan menanyakan apakah Anda ingin membagikan informasi anonim untuk membuat aplikasi lebih andal. Tentukan pilihan Anda untuk melanjutkan. Layar prompt kemudian akan meminta Anda untuk menerima permintaan koneksi ExpressVPN. Klik “OK.” Untuk memilih lokasi Anda, klik ikon tiga titik di sebelah bilah “Lokasi Pintar”. Buka tab “Semua Lokasi”. Pilih benua, negara, dan kota pilihan Anda. Hubungkan ke VPN server dan ubah lokasi IP Anda dengan mengklik tombol koneksi besar. Tunggu hingga pesan “Connected” muncul. Setelah itu, Anda dapat menavigasi ke aplikasi yang Anda pilih.
Cara Menggunakan VPN untuk Mengubah Lokasi Anda di Perangkat Streaming Roku

Menyiapkan VPN di perangkat streaming Roku sedikit berbeda. Pertama, Anda perlu membuat akun ExpressVPN jika Anda belum memilikinya. Karena Roku tidak mendukung VPN secara langsung, Anda harus menerapkan VPN ke router Anda. Anda dapat membaca panduan kami tentang topik ini di sini untuk pengaturan khusus merek.

Setiap router sedikit berbeda dan masing-masing memiliki serangkaian petunjuk unik yang harus Anda ikuti, jadi pastikan Anda menemukan dan menggunakan yang benar. Setelah melalui langkah-langkah ini, ikuti instruksi di bawah ini untuk mengubah lokasi IP yang ditampilkan oleh perangkat Roku Anda:
Daftar untuk akun ExpressVPNDi komputer yang terhubung ke router yang dilindungi VPN, buka situs web ExpressVPN resmi dan masuk ke akun Anda. Sebuah layar akan terbuka dan menunjukkan koneksi server Anda saat ini. Jika Anda ingin mengubah lokasi ini, klik “Pilih Lokasi Lain” dan pilih lokasi server baru Anda. Pastikan akun Roku Anda disetel ke negara yang sama dengan server VPN yang baru saja Anda pilih untuk mencegah konflik apa pun. Jika Anda sudah memiliki akun Roku dan pengaturan lokasi tidak cocok, kami sarankan untuk membuat akun Roku kedua yang baru dan memilih lokasi untuk akun ini agar sesuai dengan VPN Anda. Setelah lokasi Anda cocok, buka perangkat Roku Anda, dan pergi ke “Pengaturan.” Pilih “Jaringan.” Pilih “Atur Koneksi.” Pilih koneksi Wi-Fi dari router yang sekarang terhubung ke ExpressVPN. Ketik kata sandi Wi-Fi Anda.
Router Anda sekarang membuat koneksi dari perangkat Roku ke ExpressVPN, menampilkan lokasi baru.

Cara Menggunakan VPN untuk Mengubah Lokasi Anda di Apple TV

Apple TV adalah platform lain yang tidak mendukung program VPN. Dalam hal ini, menggunakan VPN di perute Anda akan membantu Anda menyiasatinya.

Sebelum memulai, Anda memerlukan akun ExpressVPN dan perute yang mendukung penyedia ini. Setiap model router memiliki serangkaian instruksi khusus yang harus Anda ikuti untuk menginstal VPN. Pertama, daftar akun ExpressVPN dan ikuti instruksi kami. Setelah Anda menyelesaikan pengaturan ini, gunakan instruksi ini untuk mengubah lokasi geografis IP di Apple TV Anda:
Pada PC atau perangkat seluler yang terhubung ke router yang dilindungi VPN, buka situs web ExpressVPN resmi dan masuk. Halaman yang terbuka akan menunjukkan server tempat Anda terhubung saat ini. Untuk mengubah lokasi ini, klik “Pilih Lokasi Lain.” Pilih lokasi server baru Anda. Di Apple TV, buka “Pengaturan” diikuti oleh “Jaringan.” Di menu “Jaringan”, temukan koneksi Wi-Fi yang terkait dengan router Anda yang dilindungi VPN dan pilih. Nyalakan ulang Apple TV Anda.
Cara Menggunakan VPN untuk Mengubah Lokasi Anda di PC

Mengubah lokasi Anda di PC menggunakan VPN hanya membutuhkan waktu beberapa menit:
Pastikan Anda memiliki akun ExpressVPN.Luncurkan aplikasi di PC Anda dan masuk. Pilih ikon dengan tiga titik di sebelah bilah “Lokasi Pintar”. Pilih tab di bagian atas yang disebut “Semua Lokasi.” Pilih benua, negara, dan kota pilihan Anda. Klik pada ikon besar Tombol “Hubungkan”.
Ketika cincin di sekitar tombol berubah menjadi hijau, Anda akan terhubung ke server lokasi baru ini dan menunjukkan lokasi IP baru Anda.

Cara Menggunakan VPN untuk Mengubah Lokasi Anda di iPhone

Apakah Anda ingin mengubah lokasi di iPhone untuk bermain game atau streaming acara favorit Anda , Anda dapat menggunakan VPN. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:
Mendaftar untuk akun ExpressVPNUnduh aplikasi ExpressVPN dari App Store, instal di iPhone Anda dan buat akun jika Anda belum melakukannya.Masuk ke akun Anda.Pada layar yang terbuka, ketuk ikon tiga titik di samping bilah “Lokasi Pintar”. Ketuk tab “Semua Lokasi” untuk memilih lokasi tertentu. Layar “Beranda” akan muncul setelah Anda memilih lokasi. Tekan tombol “Hubungkan” yang besar di layar.
Ketika ikon berubah menjadi hijau, lokasi baru alamat IP Anda disetel ke lokasi baru yang Anda pilih, dan VPN Anda diaktifkan.

Cara Menggunakan VPN untuk Mengubah Lokasi Anda di iPad

Mengubah lokasi Anda di iPad menggunakan VPN mirip dengan cara Anda melakukannya di iPhone. Jika Anda baru menggunakan ExpressVPN, mulailah langkah-langkahnya dari awal. Namun, jika Anda sudah memiliki aplikasinya, lewati ke Langkah 3 di bawah ini:
Daftar akun ExpressVPNBuka App Store dan unduh serta instal ExpressVPN di iPad Anda.Buat akun.Masuk ke ExpressVPN.Di aplikasi ExpressVPN, Anda akan lihat bilah “Lokasi Pintar” yang menyarankan lokasi. Ketuk ikon dengan tiga titik di sebelah bilah untuk lokasi baru. Tekan tab “Semua Lokasi”. Pilih benua, negara, dan kota untuk memilih server yang ingin Anda gunakan. Pilih tombol “Hubungkan” untuk menghubungkan Anda ke VPN dan lokasi IP baru Anda.
Cara Menggunakan VPN untuk Mengubah Lokasi Anda di Ponsel Android

Menyetel perangkat Android Anda untuk menampilkan lokasi baru menggunakan VPN hanya membutuhkan beberapa langkah cepat:
Daftar untuk akun ExpressVPNArahkan ke Google Play Store dan unduh aplikasi ExpressVPN jika Anda belum melakukannya.Membuat akun baru atau dan masuk ke akun yang sudah ada.Temukan bilah “Lokasi Pintar” dan ikon kecil dengan tiga titik di layar Utama. Ketuk ikon tiga titik untuk memanggil menu “Lokasi”. Pilih tab “Semua Lokasi” di menu. Pilih lokasi server Anda sesuai dengan benua, negara, dan kota. Layar utama akan muncul kembali. Tekan tombol besar “Hubungkan”.
Saat terhubung, cincin di sekitar ikon ini akan berubah menjadi hijau, dan perangkat Android Anda akan menampilkan lokasi IP baru Anda.

Menggunakan VPN untuk mengubah lokasi Anda bermanfaat karena berbagai alasan.

Anda dapat menggunakan alat ini untuk streaming acara dari negara lain di platform seperti Netflix. Ini memungkinkan Anda untuk melihat acara yang benar-benar ingin Anda lihat alih-alih membatasi Anda pada acara yang berlisensi untuk ditampilkan di negara Anda. Selain itu, menggunakan VPN untuk geo-spoofing memungkinkan Anda menemukan kecocokan di berbagai lokasi pada aplikasi seperti Raya atau Tinder.

Set Lokasi

Menyiapkan VPN di perangkat Anda untuk mengubah lokasi mungkin tampak sulit. Namun, mengikuti langkah-langkah mudah dalam panduan ini membuatnya sederhana, dan Anda akan segera dapat mengakses game dan streaming acara yang paling ingin Anda lihat terlepas dari lokasi fisik Anda.

Sudahkah Anda mengubah lokasi di perangkat Anda menggunakan VPN? Apakah Anda menggunakan metode yang mirip dengan yang ditunjukkan dalam artikel ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: