Cara Menghapus Cache di Perangkat Android

Saat ini, smartphone lebih dari sekadar perangkat untuk melakukan panggilan telepon. Kami menggunakannya untuk mengambil dan menyimpan foto, mengirim dan menerima dokumen, dan memutar musik favorit kami. Kelemahannya adalah perangkat ini hanya menawarkan begitu banyak ruang penyimpanan. Ini mungkin berarti bahwa Anda mungkin sering perlu mengosongkan ruang di ponsel agar berfungsi dengan baik.

Jika Anda mengalami masalah ini dengan perangkat Android, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami membahas cara mengosongkan sampah di Android dan memberi Anda beberapa opsi sederhana untuk melakukannya.

Cara Menghapus Cache di Androdi

Meningkatkan Kinerja dengan Mengosongkan Sampah di Android

Anda mungkin mendapati bahwa aplikasi di perangkat Anda berjalan lebih lambat daripada biasa atau Anda tidak memiliki cukup ruang untuk membuat video baru atau menyimpan foto. Dalam kasus terakhir, perangkat Android Anda akan meminta Anda untuk “Mengosongkan penyimpanan.”

Menghapus item dari ponsel Anda tidak hanya memungkinkan Anda untuk menyimpan barang baru tetapi juga mengosongkan memori, memungkinkan perangkat Anda berjalan lebih efisien.

Ada beberapa perbedaan solusi untuk membersihkan file dari ponsel Anda untuk mengosongkan ruang. Mari kita lihat.

Menghapus Data Cache

Data cache adalah informasi yang disimpan di perangkat Anda setelah Anda mengunjungi situs web. Data ini memungkinkan Anda memiliki pengalaman menjelajah yang lebih cepat dan membantu situs memuat lebih cepat saat Anda mengunjunginya lagi. Namun, data yang di-cache ini juga memakan ruang di perangkat Android Anda. Menghapusnya akan membantu membebaskan memori. Berikut adalah cara menghapus data yang di-cache:
Arahkan ke ikon “Pengaturan” Anda di layar beranda dan ketuk. Buka tab “Penyimpanan” di menu “Pengaturan”. Temukan “Data Cached” dan tekan di atasnya. Anda akan disajikan dengan opsi untuk menghapus data yang di-cache. Pilih opsi itu.
Anda juga memiliki opsi untuk menghapus data cache dari aplikasi tertentu. Ini berguna untuk program yang menyimpan banyak informasi, seperti aplikasi media sosial. Berikut adalah cara melakukannya:
Buka “Pengaturan” pada perangkat Anda dan buka ikon. Dari menu, pilih “Aplikasi.” Pilih aplikasi dari daftar dan ketuk di atasnya. Gulir menu info aplikasi untuk menemukan “Penyimpanan ” dan ketuk. Ketuk “Hapus Cache.”
Anda dapat mengulangi metode ini untuk berbagai aplikasi di ponsel untuk mengosongkan memori.

Copot Pemasangan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang Anda instal di perangkat Android menghabiskan lebih banyak ruang daripada yang mungkin Anda sadari. Menghapus aplikasi yang tidak digunakan adalah cara terbaik untuk mengosongkan ruang di perangkat Anda. Ikuti langkah-langkah ini untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan:
Temukan ikon “Pengaturan” di perangkat Anda dan ketuk untuk membukanya. Temukan opsi “Aplikasi” dan pilih. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dan tekan. Pilih “Copot pemasangan” opsi di bagian atas layar.
Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini untuk setiap aplikasi yang tidak lagi Anda perlukan.

Hapus File Unduhan yang Tidak Diinginkan

Menghapus file yang diunduh adalah cara lain untuk mengosongkan sampah di perangkat Android. Jika Anda menelusuri file yang diunduh di ponsel Anda, Anda mungkin menemukan bahwa ada banyak file yang tidak Anda butuhkan atau bahkan mungkin Anda lupakan. Item seperti menu restoran, file PDF lama, dokumen kerja, formulir, semuanya memakan ruang dan dapat disimpan ke lokasi lain.

Menghapus file yang diunduh sederhana:
Arahkan ke ikon “File Saya” di perangkat Anda dan buka. Ketuk pada Opsi “Unduhan”. Gulir file yang Anda unduh untuk menemukan yang ingin Anda hapus. Kemudian, tekan dan tahan salah satunya. Melakukan ini akan memeriksa file dan memungkinkan Anda untuk memilih orang lain pada saat yang sama. Ketika Anda telah memilih semua file yang ingin Anda hapus, ketuk ikon “Hapus”. Sebuah pop-up akan meminta Anda untuk mengonfirmasi pilihan Anda. Pilih “Hapus.”
Hapus Foto Duplikat

Cara lain untuk mengosongkan ruang di perangkat Anda adalah dengan menghapus duplikat atau foto yang tidak diinginkan. Seringkali, jika Anda mengambil foto di kamera perangkat Anda dan kemudian membagikannya di WhatsApp atau Instagram, perangkat akan membuat duplikat dari gambar ini. Menghapus gambar-gambar ini membutuhkan beberapa langkah cepat:
Buka “Galeri” di perangkat Anda dan pilih foto yang tidak lagi Anda perlukan. Ketuk “Pindahkan ke Recycle Bin.” Di menu utama galeri, ketuk ikon tiga titik di bagian atas layar. Pilih “Recycle Bin” dari menu drop-down. Di bagian atas layar terdapat opsi untuk “Empty.” Ketuk itu. Sebuah pop-up akan meminta Anda untuk mengkonfirmasi pilihan Anda. Pilih “Empty Recycle Bin.”
Jika Anda tidak ingin mengosongkan semua foto dari recycle bin sekaligus, Anda dapat mengikuti langkah berikut:
Di “Recycle Bin”, tekan dan tahan satu gambar yang ingin Anda hapus. Ini akan memilih gambar dan memungkinkan Anda untuk memilih orang lain yang ingin Anda hapus. Ketika Anda telah memilih gambar untuk dihapus, ketuk “Hapus.” Sebuah pop-up akan meminta Anda untuk mengonfirmasi pilihan Anda. Pilih “Hapus.”
Gunakan Kartu SD Dengan Perangkat Android Anda

Jika perangkat Android Anda mengizinkannya, menggunakan kartu SD yang dapat dilepas dapat bermanfaat. Ini menambahkan ruang penyimpanan ekstra ke ponsel Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menyimpan foto, video, dan dokumen tambahan lainnya tanpa memperlambat pengoperasian perangkat Anda. Banyak aplikasi (tetapi tidak semua) memungkinkan Anda untuk menyimpan data aplikasi di kartu SD, yang selanjutnya akan mengosongkan ruang dan memori perangkat. Menggunakan kartu SD juga berguna karena Anda dapat mentransfernya dari satu perangkat ke perangkat lain.

Mencadangkan File ke Lokasi Berbeda

Mencadangkan file ke lokasi berbeda memungkinkan Anda menghapus file dari perangkat dan membuat lebih banyak ruang. Beberapa lokasi ini termasuk Google Drive, Samsung Cloud, atau bahkan PC Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menyimpan foto, video, dokumen, dan file audio tanpa mengganggu efisiensi perangkat.

Cache Dihapus!

Menghapus file, gambar, dan item lain yang tidak diinginkan dari perangkat Android Anda dapat menimbulkan tantangan karena tidak ada folder sampah tunggal untuk mengosongkan. Namun, jika Anda menggunakan petunjuk langsung dalam artikel ini, Anda akan menemukan bahwa menciptakan lebih banyak ruang dan mengosongkan memori perangkat Anda tidak sesulit kelihatannya. Sebentar lagi ponsel Android Anda akan rapi dan beroperasi secara optimal.

Sudahkah Anda membersihkan sampah di perangkat Android Anda sebelumnya? Sudahkah Anda menggunakan proses yang serupa dengan yang disediakan dalam panduan ini? Beri tahu kami tentang hal itu di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: