Cara Menghapus Facebook Secara Permanen dan Mendapatkan Data Anda Kembali

Facebook, pada suatu waktu, adalah platform yang sangat baik di mana teman dan keluarga dapat terhubung kembali, tetap berhubungan, dan berbagi petualangan mereka dengan orang lain. Dalam budaya hiper-politisasi saat ini, banyak pengguna Facebook telah membawa platform media sosial ke dimensi lain yang kurang menyenangkan.

Selain dari hal negatif dan kejengkelan terus-menerus dari informasi yang berlebihan, banyak pengguna mulai mempertanyakan privasi dan keamanan online mereka. Facebook tidak asing dengan kontroversi, seperti yang terlihat dengan bencana Cambridge Analytica.

Jika Anda ingin menghapus akun Facebook Anda secara permanen dan semua data yang dimiliki perusahaan tentang Anda, artikel ini akan membantu!
Cara Menonaktifkan Sementara Facebook

Beberapa pengguna sudah lama memiliki akun Facebook. Itu banyak kenangan, teman, meme, dan informasi penting lainnya untuk mengucapkan selamat tinggal. Jika Anda khawatir Anda akan kehilangan akun Anda atau membutuhkan sesuatu darinya nanti, Anda dapat menonaktifkan akun Anda untuk sementara.
Klik menu akun di kanan atas halaman Facebook mana pun. Pilih ‘Pengaturan & Privasi’ lalu, ‘Pengaturan’ lagi.Klik ‘Informasi Facebook Anda’ di menu sebelah kiri. Di samping ‘Penonaktifan dan Penghapusan’ klik ‘Lihat .’Pastikan bahwa opsi ‘Nonaktifkan Akun’ dicentang lalu klik ‘Lanjutkan ke Penonaktifan Akun’. Jika Anda menonaktifkan akun, profil Anda tidak akan terlihat lagi. Anda tidak akan lagi muncul di daftar Teman Anda, dan orang tidak akan dapat mencari Anda. Namun, akun Facebook Messenger Anda akan tetap utuh.
Untuk mengaktifkan kembali akun kapan saja, Anda dapat masuk kembali ke akun Anda di perangkat apa pun. Jika Anda tidak ingin mengaktifkan kembali akun Anda secara tidak sengaja, Anda harus keluar dari semua perangkat, termasuk aplikasi seluler.
Mengontrol Privasi Facebook

Jika masalah Anda dengan Facebook berasal dari perspektif privasi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol informasi apa yang dibagikan perusahaan dengan perusahaan lain.

Selain mematikan izin lokasi dan menjelajahi penyamaran situs media sosial, Facebook memberi pengguna beberapa kekuatan atas data mereka di dalam situs web.

Jika Anda ingin lebih mengontrol privasi Anda di Facebook, lakukan ini:
Ikuti langkah-langkah di atas dengan mengklik ikon panah di sudut kanan atas. Kemudian, klik ‘Pengaturan & Privasi.’ Klik ‘Pintasan Privasi.’ Klik ‘Kelola informasi Anda.’ Sebuah halaman web baru akan terbuka. Di sini, Anda dapat mengikuti jalur ‘Facebook’ > ‘Saya ingin mengelola data saya’.
Beberapa opsi hanya memberi Anda tautan ke petunjuk atau kebijakan privasi Facebook. Tetapi, yang lain mengizinkan Anda mengontrol aplikasi yang terhubung, preferensi iklan, dan berbagi informasi yang disimpan/dibagikan oleh perusahaan.

Untuk membantu Anda melindungi data Anda secara online tanpa menghapus Facebook, Adblock Plus memiliki fitur alat yang memungkinkan Anda menonaktifkan media sosial (Suka) tombol tertanam di situs di luar jaringan sosial. Tombol-tombol ini memungkinkan Facebook melacak perilaku penjelajahan pengguna di luar Facebook, dan data ini dapat dibuka untuk pengiklan.
Cara Menghapus Facebook Secara Permanen 

Ada beberapa cara untuk membuka tombol ‘Hapus Akun Anda’. Pertama, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk menonaktifkan akun Anda dan memilih opsi ‘Hapus Akun’.

Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah di bagian ‘Mengontrol Privasi Facebook’ dan memilih opsi Hapus Akun di bagian bawah halaman. Namun, jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut, berikut adalah petunjuk yang lebih spesifik:
1. Masuk ke Facebook

Untuk alasan keamanan, Anda harus masuk untuk menghapus akun Facebook Anda. Jika Anda menghapus akun yang sudah lama tidak Anda gunakan dan lupa kata sandi Anda; Anda perlu menyetel ulang.
Buka Laman Temukan Akun Anda.Ketik email, nomor telepon, nama lengkap, atau nama pengguna yang terkait dengan akun Anda, lalu klik ‘Telusuri.’Ikuti panduan langkah demi langkah.Jika Anda bisa ‘t mendapatkan kode verifikasi, klik pada Tidak lagi memiliki akses ke ini? pilihan di bagian bawah jendela pop-up. Kemudian, ikuti langkah-langkah untuk memulihkan informasi login Anda.
Petunjuk lengkap tentang cara mengatur ulang kata sandi Facebook Anda dapat ditemukan di sini.
2. Unduh data Facebook Anda

Saat Anda ingin menghapus Facebook secara permanen, Anda mungkin ingin menyimpan data Anda terlebih dahulu. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik panah bawah di sudut kanan atas layar dan memilih Settings.

Anda akan disajikan daftar pengaturan akun umum. Di bagian bawah ada tautan untuk “mengunduh salinan data Facebook Anda”, tempat Anda dapat melakukannya.

Catatan: Penting untuk melakukan ini sebelum melanjutkan untuk menghapus akun Anda. Setelah akun Anda dihapus, Anda harus mengaktifkannya kembali untuk mengunduh data Facebook Anda. Setelah periode penyimpanan 30 hari, data Facebook Anda hilang selamanya.
3. Nonaktifkan Akun Facebook Anda Secara Permanen

Sekarang Anda masuk ke akun Facebook Anda, dan Anda telah menyimpan semua data Anda, saatnya untuk menonaktifkan akun Anda. Inilah yang harus dilakukan:
Buka Facebook dan klik ikon panah di sudut kanan atas. Kemudian, klik ‘Pengaturan & Privasi’. Klik lagi ‘Pengaturan’. Klik ‘Informasi Facebook Anda’ di sisi kiri. Klik ‘Lihat’ di sebelah ‘Penonaktifan dan Penghapusan’. Klik gelembung di sebelah ‘Hapus. ‘ Kemudian, klik ‘Lanjutkan ke Penonaktifan Akun.’
Sebuah jendela pop-up akan muncul yang berbunyi: “Jika Anda tidak berpikir Anda akan menggunakan Facebook lagi dan ingin akun Anda dihapus, kami dapat menanganinya untuk Anda. Ingatlah bahwa Anda tidak dapat mengaktifkan kembali akun Anda atau mengambil konten atau informasi apa pun yang telah Anda tambahkan. Jika Anda masih ingin akun Anda dihapus, klik “Hapus Akun Saya.”

Anda sekarang akan mendapatkan jendela pop-up yang memperingatkan Anda, sekali lagi, bahwa ini adalah keputusan permanen. Untuk menghapus Facebook secara permanen, masukkan kembali kata sandi Anda. Anda juga harus memasukkan CAPTCHA, lalu klik “OK.”

4. Periode pendinginan

Mengklik OK pada pop-up hapus bukanlah akhir dari proses. Pop-up sebelumnya akan diganti dengan pesan ini: “Akun Anda telah dinonaktifkan dari situs dan akan dihapus secara permanen dalam waktu 30 hari. Jika Anda masuk ke akun Anda dalam 30 hari ke depan, Anda akan memiliki opsi untuk membatalkan permintaan Anda.”

Setelah mengklik OK pada pesan ini, Anda memiliki waktu 30 hari untuk berubah pikiran. Setelah waktu itu, akun Anda akan hilang selamanya tanpa ada cara untuk mengaktifkannya kembali atau mengambil data apa pun yang tidak Anda simpan.

Untuk mengaktifkan kembali akun Anda, masuk kembali ke akun Anda.

Pertanyaan Umum

Menghapus akun Facebook Anda secara permanen adalah masalah besar. Itulah mengapa kami menyertakan bagian ini untuk memastikan Anda dapat membuat keputusan yang tepat sebelum mengklik tombol ‘Hapus’.
Berapa lama Facebook menyimpan informasi saya setelah saya menghapus akun saya?

Kata resmi Facebook tentang masalah ini adalah bahwa mereka menyimpan informasi selama 30 hari setelah mengonfirmasi penghapusan akun.

Apakah Facebook aman?

Meskipun situs web cukup aman jika Anda memiliki kata sandi yang kuat dan pengaturan otentikasi dua faktor, Facebook belum tentu aman.

Situs web/aplikasi memiliki beberapa masalah yang terbuka Anda untuk ancaman yang tidak diketahui (seperti hampir semua hal lain di internet). Jika Anda pernah membaca salah satu panduan keamanan online kami untuk layanan lain, maka Anda pasti akrab dengan filosofi bahwa akun Anda hanya seaman yang Anda buat. Ini berarti bahwa banyak keamanan Anda ada di tangan Anda sendiri terlepas dari strategi privasi brilian yang disertakan oleh developer.

Pertama, Facebook kurang aman karena perusahaan memang membagikan informasi Anda dengan perusahaan lain. Meskipun Facebook mungkin tidak membuat informasi ini menjadi publik, perusahaan lain mungkin memiliki kerentanan keamanan yang membuatnya mudah untuk mengakses data pribadi Anda. Ini termasuk informasi tentang lokasi Anda, perangkat Anda, dan banyak lagi.

Selanjutnya, berbagi secara berlebihan dapat menjadi masalah serius. Mungkin teman Anda berbagi bahwa Anda sedang berada di restoran lokal, atau Anda memposting foto dengan latar belakang sekolah anak Anda. Berhati-hatilah dengan semua yang Anda posting di Facebook (termasuk di latar belakang foto Anda) untuk mengurangi kemungkinan seseorang mengetahui sesuatu tentang Anda sehingga Anda lebih suka merahasiakannya.

Bagaimana cara menghapus Facebook Messenger?

Seperti yang disebutkan di atas, ketika Anda hapus akun Facebook Anda, akun Facebook Messenger Anda tetap ada. Untuk menghapus akun Messenger Anda, lakukan ini:

1. Buka Facebook Messenger dan ketuk ikon profil Anda di menu kanan atas untuk mengakses opsi tarik-turun.

2. Klik pada ‘Hukum & Kebijakan.’

3. Klik ‘Nonaktifkan Messenger.’

4. Masukkan kata sandi Anda.

5. Klik ‘Nonaktifkan.’

Bagaimana cara menghapus akun Facebook saya jika saya tidak bisa masuk?

Jika, karena alasan tertentu, Anda tidak dapat masuk ke akun Facebook Anda, langkah pertama adalah mencoba mengatur ulang kata sandi Anda dan mendapatkan akses. Skenario kasus terbaik dalam situasi ini adalah Anda dapat masuk dan menyelesaikan langkah-langkah di atas.

Namun, jika akun Anda telah diretas atau dibajak, Anda dapat memperoleh kembali akses dengan melaporkan akun Anda sendiri ke tim Dukungan Facebook. Kunjungi situs web ini untuk menyelesaikan langkah-langkah yang diperlukan untuk melaporkan akun Anda. Setelah masuk kembali, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk menghapus akun Anda secara permanen.

Apakah Anda mempertimbangkan untuk menghapus akun Facebook Anda secara permanen? Apakah tutorial kami membantu Anda mencapai tujuan Anda? Beri tahu kami di komentar di bawah!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: