Cara Menghapus Grup di WhatsApp

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsPerangkat Hilang?
Grup WhatsApp ideal untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan teman sekaligus. Mereka juga menyediakan platform yang sangat baik untuk mendistribusikan informasi ke banyak orang pada satu waktu, seperti merencanakan sebuah acara.

Namun, pada titik tertentu, Anda mungkin ingin meninggalkan grup WhatsApp. Mungkin itu menjadi membosankan atau Anda menemukan obrolan terus-menerus antara peserta mengganggu. Atau mungkin acara yang Anda rencanakan sudah berakhir, dan Anda tidak lagi membutuhkan grup tersebut.

Apa pun alasan Anda ingin keluar dari grup WhatsApp, kabar baiknya bisa dilakukan dengan mudah. Pada artikel ini, kita melihat cara menghapus grup WhatsApp dari perangkat yang berbeda. Kami juga membahas cara menghapus pesan dan media dari grup dan bagaimana Anda dapat menyembunyikan grup dari pandangan Anda tanpa benar-benar keluar.

Cara Menghapus Grup di WhatsApp di iPhone

Menghapus grup di WhatsApp relatif mudah. Anda dapat melakukannya sebagai admin atau sebagai anggota. Berikut cara menghapus grup di salah satu peran ini.

Menghapus Grup sebagai Admin
Buka obrolan WhatsApp dari grup yang ingin Anda hapus. Ketuk nama grup di bagian atas layar. Ketuk nama setiap anggota Anda ingin menghapus dan memilih “Hapus Dari Grup” dari pop-up. Pilihan untuk “Keluar dari Grup” akan muncul di bagian bawah layar. Ketuk opsi ini. Opsi untuk “Hapus Grup” akan muncul. Klik untuk mengonfirmasi pilihan Anda.
Menghapus Grup sebagai Anggota

Untuk menghapus grup sebagai anggota, ikuti langkah berikut:
Buka grup WhatsApp yang ingin Anda hapus. Ketuk bilah atas dengan nama grup. Menu “Info Grup” akan terbuka. Ketuk “Keluar Grup” di bagian bawah layar. Konfirmasikan pilihan Anda jika diminta. Ketuk “Hapus Grup” untuk menghapus grup secara permanen.
Menghapus grup sebagai anggota tidak akan berpengaruh pada peserta lain yang akan terus menggunakan grup seperti biasa.

Cara Menghapus Grup di WhatsApp di Aplikasi Android

To menghapus grup WhatsApp di Android, ikuti langkah-langkah sederhana ini:

Menghapus Grup sebagai Admin:
Buka grup WhatsApp. Ketuk nama grup di bagian atas layar. Di daftar peserta, ketuk nama peserta yang Anda inginkan hapus dan pilih “Hapus.” Setelah selesai, gulir ke bagian bawah halaman dan ketuk “Keluar Grup.” Konfirmasikan pilihan Anda dengan mengklik “Keluar.” Ketika opsi “Hapus Grup” muncul, ketuk lalu konfirmasikan pilihan Anda dengan memilih “Hapus” di kotak konfirmasi yang muncul.
Menghapus Grup sebagai Anggota
Buka WhatsApp dan arahkan ke grup yang ingin Anda hapus. Ketuk grup untuk membuka obrolan. Klik nama grup di bagian atas layar. Gulir ke bawah ke bawah dan ketuk “Keluar dari Grup.” Pilih “Keluar” dari kotak pop-up konfirmasi. Pilih opsi “Hapus Grup” yang muncul. Konfirmasikan pilihan Anda dengan memilih “Hapus.”
Cara Menghapus Grup di WhatsApp di PC

WhatsApp juga didukung di PC dan memungkinkan Anda melakukan semua fungsi yang sama seperti yang Anda lakukan di ponsel. Misalnya, ini adalah bagaimana Anda akan menghapus grup di WhatsApp dari PC Anda:
Masuk ke akun “web.whatsapp.com” Anda. Pindai kode QR dengan ponsel Anda. Klik pada grup yang ingin Anda hapus. Klik di bilah atas obrolan tempat nama grup ditampilkan. Ketika menu dengan info grup muncul, gulir ke bawah dan klik “Keluar dari Grup.” Konfirmasikan dengan mengklik “Keluar” pada kotak pop-up. Opsi “Hapus Grup” akan muncul di bagian bawah menu “Info Grup”. Klik ini dan konfirmasi dengan memilih “Hapus” dari jendela pop-up.
Cara Menghapus File Media Grup

Aspek lain dari grup WhatsApp yang mungkin menjadi masalah adalah banyaknya jumlah file gambar, GIF, dan video yang terkadang menyertainya . Media ini terakumulasi dengan cepat dan dapat menghabiskan banyak penyimpanan di ponsel Anda. Akibatnya, Anda mungkin tidak ingin menghapus grup tetapi menghapus media dari grup ini; begini caranya:
Buka WhatsApp. Ketuk tiga titik di kanan atas layar. Dari menu baru, pilih “Pengaturan.” Selanjutnya, pilih opsi “Penyimpanan dan Data”. Klik “Kelola Penyimpanan.” Gulir daftar untuk menemukan grup dari mana Anda ingin menghapus media. Klik pada grup untuk melihat semua media untuk grup tertentu. Anda dapat memilih gambar dan video satu per satu (dengan menekannya untuk memeriksanya), atau “Pilih Semua” di kanan atas layar. Setelah memilih, klik ikon tempat sampah di kanan atas layar. Klik “Hapus” untuk mengonfirmasi pilihan Anda.
Menghapus media ini akan menghapusnya dari obrolan grup untuk Anda, tetapi tidak untuk peserta lain.

Cara Menghapus Pesan Grup, tetapi Bukan Grup Itu Sendiri?

Jika obrolan grup Anda menjadi agak panjang dan menyebabkan masalah penyimpanan, Anda memiliki opsi untuk menghapus pesan dari grup dan mengosongkan ruang penyimpanan tanpa meninggalkan atau menghapus grup. Berikut adalah cara menghapus pesan Anda:

Menghapus Pesan di Android
Buka grup yang ingin Anda hapus. Klik ikon tiga titik di kanan atas layar. Pilih opsi berjudul “Lainnya.” Ketuk “Hapus Obrolan. ”Jendela konfirmasi akan muncul. Centang atau hapus centang pada kotak “Hapus Media di Obrolan Ini”, tergantung pada preferensi Anda. Ketuk “Hapus” untuk mengonfirmasi keputusan Anda.
Menghapus Pesan di iPhone
Buka grup tempat Anda ingin menghapus pesan. Ketuk bilah di bagian atas layar dengan nama grup. Ketuk opsi “Hapus Obrolan” di bagian bawah dari halaman “Info Grup”. Centang atau hapus centang pada kotak di jendela sembul yang menanyakan apakah Anda ingin menghapus media dalam obrolan. Klik “Hapus” untuk mengonfirmasi pilihan Anda.
Cara Menghapus Grup Dari Tampilan Anda Tanpa Meninggalkan

Jika Anda memiliki grup yang tidak ingin Anda ikuti tetapi tidak ingin membuat kekacauan dengan keluar, Anda dapat membisukan dan mengarsipkan grup tersebut. Tindakan ini mencegah ponsel Anda berbunyi setiap kali seseorang berkontribusi pada obrolan dan menghapus grup dari registri obrolan Anda. Begini caranya:
Buka grup WhatsApp yang dimaksud. Ketuk bilah yang menampilkan nama grup di bagian atas layar. Gulir ke bawah menu “Info Grup” “Bungkam” atau “Nonaktifkan Pemberitahuan”. Alihkan untuk mengaktifkannya. Di kotak pop-up, tunjukkan berapa lama Anda ingin membisukan grup. Pastikan kotak “Tampilkan Pemberitahuan” tidak dicentang. Ketuk “OK.”
Sekarang Anda telah menonaktifkan grup; sekarang saatnya untuk mengarsipkannya:
Dalam daftar obrolan di WhatsApp, temukan grup yang ingin Anda arsipkan. Tekan dan tahan obrolan ini. Di bagian atas layar, ketuk ikon “Arsip” (folder dengan panah mengarah ke bawah). Setelah Anda mengarsipkan grup ini, grup ini tidak akan lagi ditampilkan dalam daftar obrolan Anda.
Menghapus Grup Selesai

Menghapus grup, pesan, atau media di WhatsApp relatif mudah setelah Anda tahu apa yang harus dilakukan. Ikuti petunjuk sederhana dalam artikel ini, dan segera, Anda akan dapat mengelola grup WhatsApp Anda dengan mata tertutup.

Apakah Anda telah menghapus grup di WhatsApp?Apakah Anda menggunakan proses yang serupa dengan yang ditunjukkan dalam artikel ini? Jika sudah, beri tahu kami dengan meninggalkan komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: