Cara Menghapus Halaman atau Spasi dari Word

Tidak terlalu sulit untuk menghapus halaman atau bahkan spasi di Word, tetapi tidak melakukannya tampaknya menyebabkan cukup banyak masalah, terutama jika Anda memiliki tabel atau gambar yang tidak muat di akhir halaman.

Beberapa metode bekerja untuk memperbaiki masalah spasi putih, tetapi semuanya secara efektif berakhir dengan tujuan yang sama. Jika Anda merasa frustrasi dengan lembar kosong di dalam dokumen yang diasah dengan sempurna, memiliki halaman nakal di tengah, atau memiliki celah kosong di dalam halaman, baca terus untuk mengetahui cara menghapus halaman dan spasi kosong di Microsoft Word.

Cara Paling Sederhana untuk Menghapus Kosong Halaman di Word

Cara paling sederhana untuk menghapus halaman di Word melibatkan penempatan kursor dan tombol hapus.
Untuk Windows, tempatkan kursor Anda di bagian paling akhir dokumen, setelah titik atau gambar apa pun, dan tekan tombol “Hapus” sampai kosong halaman menghilang. Di Mac, Anda menekan “fn + delete.” Anda juga dapat pergi ke lokasi kursor posisi terakhir pada halaman kosong dan menggunakan “Backspace” untuk Windows atau “hapus” untuk Mac. Perhatikan bahwa jika halaman kosong hanya muncul saat Anda mencetak dokumen dan Anda tidak dapat melihatnya di layar, Anda mungkin perlu memeriksa pengaturan printer Anda.

Gunakan Tanda Paragraf untuk Menghapus Halaman di Word

Cara paling efektif dan aman untuk menghapus halaman kosong adalah dengan mengaktifkan tanda paragraf. Proses ini memudahkan untuk memvisualisasikan apa yang Anda hapus dan apa yang menyebabkan kesenjangan. Karakter menunjukkan area awal dari semua paragraf, apakah mereka memiliki konten atau tidak.
Di Windows, tekan “Ctrl+Shift+8” untuk mengaktifkan tanda paragraf. Di Mac, tekan “tombol perintah (⌘) + 8.” Untuk menghapus paragraf kosong, tempatkan kursor sebelum tanda paragraf. Tekan “delete” di Windows atau “fn + delete” di macOS. Untuk menghapus page break, pilih page break dan tekan “delete.”
Jika Anda menggunakan ‘Word Online,’ Anda tidak dapat menggunakan tanda paragraf, tetapi Anda masih dapat menghapus halaman kosong, seperti yang dijelaskan pada opsi pertama di atas.

Menghapus Halaman di Word Menggunakan Panel Navigasi
Pilih tab “Tampilan” lalu centang kotak di samping “Panel Navigasi”. Pilih thumbnail halaman kosong yang ditemukan di panel sebelah kiri dan tekan tombol “hapus” untuk menghapus halaman itu dari daftar.
Hapus Spasi Putih di Word Saat Menggunakan Tabel atau Gambar

Setiap kali sebuah tabel dimasukkan ke dalam dokumen Word, ruang kecil menjadi ditambahkan di bawahnya. Jika tabel berada di ujung dokumen dan memaksa sebagian ke halaman baru, menghapus area lembar kosong atau spasi kosong menjadi sulit. Untuk mengatasi masalah penempatan tabel, coba salah satu atau kedua metode di bawah ini.

Opsi 1: Kurangi Ukuran Font untuk Memperbaiki Spasi Putih setelah Tabel/Gambar di MS Word

Prosedur ini membantu mencegah tabel dipindahkan ke halaman berikutnya karena spasi putih di bawahnya.
Di Windows, tekan “Ctrl+Shift+8” untuk mengaktifkan tanda paragraf. Di Mac, tekan “tombol perintah (⌘) + 8.” Klik kanan simbol paragraf di sebelah ruang yang ingin Anda hapus, dan ketik secara manual ukuran font serendah mungkin (biasanya 1 pt). Langkah ini mengecilkan baris kosong ke bawah untuk memberikan lebih banyak ruang pada halaman.
Opsi 2: Sesuaikan Spasi Paragraf untuk Memperbaiki Spasi Putih setelah Tabel/Gambar di MS Word
Jika opsi 1 di atas tidak berfungsi, ubah spasi paragraf. Buka bagian “Paragraph”, pilih ikon “Line and Paragraph Spacing”, lalu pilih “Remove Space After Paragraph.” Tabel Anda diharapkan tetap berada di satu halaman, tepat sebelum page break.
Option 3: Hide Whitespace to Prevent Table /Gambar dari Pemisahan ke Halaman Berikutnya

Jika Anda mengalami area spasi putih di dokumen Word dari tabel atau gambar yang tidak pas di bagian bawah halaman, Anda dapat membiarkan tabel berada di halaman berikutnya dan menghilangkan spasi di halaman sebelumnya. Berikut cara melakukannya.
Klik “Layout -> Margins -> Custom Margins.” Ubah margin Atas dan Bawah menjadi “0.” Kembali ke dokumen Word Anda dan klik dua kali celah antara jeda halaman.
Langkah di atas menghilangkan spasi antar halaman sehingga gambar Anda muncul seolah-olah berada di bawah konten di atas dengan benar. Namun, Anda mungkin perlu menambahkan jeda halaman juga.

Berikut adalah contoh judul (tanda paragraf diaktifkan) diikuti dengan gambar yang awalnya tidak muat di bagian bawah halaman. Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, kedua item muncul bersama tanpa spasi.

Apa pun perubahan yang Anda buat pada konten, Pratinjau Cetak selalu menampilkan spasi putih. Adapun halaman kosong, Anda telah berhasil menghapusnya, sehingga tidak muncul dalam cetakan atau PDF yang diekspor. Printer umumnya tidak dapat mencetak ke tepi halaman karena tinta lebih cepat habis dan membuat printer cepat aus. Petunjuk dalam artikel ini hanya berlaku untuk manfaat melihat dokumen, bukan pencetakan. Namun, terkadang, Anda hanya perlu menambahkan jeda halaman di dalam konten untuk membuatnya lebih dekat. Jika tidak ada yang membantu, istirahatkan halaman!

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: