Cara Menghapus Halaman di Microsoft Word

Microsoft Word adalah program produktivitas yang sangat kuat dan populer. Dari mencatat catatan hingga membuat draf komunikasi, menjalankan laporan, dan banyak lagi, Word dapat digunakan untuk menyelesaikan sejumlah tugas harian.

Jika Anda perlu menghapus halaman di Microsoft Word, tutorial ini cocok untuk Anda. Meskipun Microsoft Word adalah pengolah kata yang sangat kuat dan memiliki fitur untuk hampir semua hal, tidak ada cara cepat untuk menghapus halaman.

Sebaliknya, kita harus sangat hati-hati memotong, menyalin, dan menempel, memastikan salinannya pas itu dimaksudkan. Tentu, ini masih lebih mudah daripada hari-hari mesin tik dahulu kala, tetapi juga sangat mudah untuk menghapus hal yang salah secara tidak sengaja.

Jika Anda kesulitan menghapus halaman, mari kita lihat cara yang sangat sederhana untuk melakukannya.

Cara Menghapus Halaman di Microsoft Word

Word membuatnya lebih sulit daripada yang Anda harapkan untuk menghapus satu halaman.

Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk menghapus halaman dari Word. Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan Word 2016; namun, langkah-langkahnya harus kurang lebih sama untuk versi apa pun.

Dengan mengingat hal itu, berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus halaman di Word:
Pilih ruang kosong di halaman.Pilih tab Beranda dan pilih Temukan.Pilih Ke (Anda dapat melewati langkah 1-3 dengan menekan Ctrl + G untuk Windows atau Option + CMD + G untuk Mac). Ketik nomor halaman di kotak teks dan klik Go To. Ketik halaman dan klik Go To. Ini akan menyorot seluruh halaman. Pilih Tutup untuk keluar dari kotak dialog. Tekan Backspace atau Delete.
Halaman ekstra Anda sekarang akan hilang. Periksa kembali apakah Backspace tidak secara tidak sengaja menghapus karakter dari dokumen dan kemudian simpan perubahannya.

Cara Lain untuk Menghapus Halaman di Word

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa metode lain yang dapat Anda coba untuk melihat mana yang cocok untuk Anda dan gaya pengeditan Anda.

Pertama, Anda juga dapat menggunakan panel Navigasi. Ikuti langkah-langkah ini untuk melakukannya:
Navigate to View dan centang opsi Print Layout yang terletak di paling kiri.Buka tab Navigation Pane, lalu pilih tab PagesGulir ke bawah untuk menemukan halaman yang ingin Anda hapus.Klik dua kali pada halaman itu untuk memunculkannya. Jika halaman tampak kosong, tekan Ctrl + Shift + 8 (CMD + 8 di Mac) untuk melihat tanda paragraf. Ini dapat membantu Anda menentukan apakah ada entri yang tidak diinginkan pada halaman. Menekan hapus hingga halaman menghilang akan memperbaiki kesalahan ini.
Metode ini sangat berguna untuk halaman kosong yang tampaknya muncul entah dari mana, atau bahkan untuk bagian teks yang lebih panjang yang ingin Anda periksa sebelum Anda menghapusnya.

Metode ini berguna jika halaman tidak dapat dihapus menggunakan Backspace atau metode lainnya. Jika Anda melihat beberapa jeda paragraf di halaman kosong, kemungkinan besar itu tidak akan dihapus. Hapus jeda dan hapus halaman.

Anda dapat mencapai hasil yang sama dengan proses Shift + klik:
Tempatkan kursor di awal halaman yang ingin Anda hapus.Tahan Shift dan letakkan kursor di akhir halaman yang Anda inginkan untuk menghapus. Teks sekarang semua harus disorot. Pilih Hapus lalu Backspace untuk menghapus halaman.
Terakhir, jika Anda ingin menghapus halaman di akhir dokumen tetapi Word tidak mengizinkannya, ada cara untuk mengatasinya. Word menambahkan jeda paragraf permanen di akhir dokumen yang tidak akan hilang begitu saja. Bergantung pada tata letak Anda, ini dapat membuat halaman kosong di bagian akhir yang tidak dapat Anda hapus.
Tekan Ctrl + Shift + 8 untuk menampilkan jeda paragraf. Pilih jeda paragraf terakhir. Kecilkan ukuran font menjadi 1.
Ini akan menghapus halaman kosong terakhir itu dari dokumen Anda dan masukkan jeda terakhir itu ke halaman terakhir Anda.

Final Thoughts

Microsoft Word adalah alat produktivitas hebat dan menawarkan beberapa fitur hebat untuk membantu kami menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin. Namun, betapapun hebatnya, Word bukannya tanpa kesalahan, dan ketidakmampuan untuk menghapus halaman dengan cepat adalah salah satunya.

Untungnya, dengan menggunakan salah satu metode yang disebutkan dalam artikel ini, Anda dapat menghapus halaman di Word tanpa terlalu banyak masalah, memungkinkan Anda untuk melanjutkan pekerjaan Anda secepat mungkin.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: