Cara Menghapus Hari Ini Kemarin Dari File Explorer di

Dengan pembaruan Windows 10 terbaru, dokumen diatur menurut tanggal terakhir diubah di File Explorer, seperti “Hari ini,” “Kemarin,” dll. Meskipun menawarkan gambaran umum yang nyaman dari semua file Anda, beberapa pengguna Windows 10 mungkin merasa menjengkelkan. Untungnya, ada cara untuk menghapus pengaturan berbasis waktu ini atau mengaturnya dengan cara yang sama sekali berbeda.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara menghapus “Hari ini”, “Kemarin”, “Awal bulan ini”, dan sejenisnya grup garis waktu di File Explorer. Selain itu, kami akan menunjukkan cara mengatur File Explorer Anda dengan lebih efisien.

Cara Menghapus Hari Ini Kemarin Dari File Explorer

Ketika Anda membuka File Explorer di Windows 10, Anda akan melihat bahwa dokumen Anda dipisahkan oleh entri tanggal yang berbeda, seperti “Hari ini”, “Kemarin”, “Minggu lalu”, “Awal bulan ini”, “Bulan lalu”, dan bahkan “Awal tahun ini” dan “Sudah lama sekali”. Bahkan jika Anda mengklik kolom “Nama” di atas untuk mengubah urutan abjad file, grup garis waktu akan tetap ada di sana.

Judul-judul ini membagi dokumen Anda berdasarkan terakhir kali Anda mengeditnya. Meskipun klasifikasi ini mungkin sangat berguna ketika Anda perlu menemukan file yang Anda unduh lebih dari sebulan yang lalu, itu juga bisa mengganggu dan mengganggu.

Salah satu alasan mengapa sistem penyortiran ini mungkin tidak disukai semua orang adalah tidak memungkinkan Anda mencari file hanya dengan menekan huruf pertama dokumen pada keyboard. Misalnya, jika Anda ingin mencari file bernama “Laporan keuangan September 2021”, yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan huruf “F”, dan itu akan membawa Anda ke dokumen pertama yang dimulai dengan huruf itu. Ini mungkin bukan dokumen yang tepat tetapi masih akan menghemat waktu Anda karena Anda tidak perlu menelusuri setiap dokumen.

Tetapi dengan organisasi “Tanggal diubah”, opsi pencarian ini tidak memungkinkan.

Untungnya, Anda dapat mengubah file ini jenis organisasi atau cukup hapus semuanya. Terlebih lagi, itu hanya akan memakan waktu beberapa saat. Untuk menghapus “Hari ini,” “Kemarin,” dan grup garis waktu lainnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka folder File Explorer dengan mengklik ikon file di menu bawah Anda. Catatan: Jika File Explorer tidak ada di menu pita, cari di bilah pencarian di sudut kiri bawah layar Anda. Buka tab “Lihat” di sudut kiri atas folder. Lanjutkan ke folder tertentu (seperti Unduhan) yang ingin Anda atur. Klik pada tab “Kelompokkan menurut” di sisi kanan menu atas. Anda akan melihat item yang berbeda dalam daftar, seperti “Nama”, “Tanggal”, “Jenis”, “Ukuran”, dan lainnya. Akan ada titik di sebelah tab “Tanggal Dimodifikasi”, yang berarti bahwa itu diaktifkan. Klik pada item “(Tidak Ada)” pada menu tarik-turun.
Grup garis waktu akan segera menghilang dari Folder File. Perhatikan bahwa ini hanya akan mengubah sistem penyortiran di folder tempat Anda berada saat ini. Dari titik ini, Anda dapat membiarkannya apa adanya, atau Anda dapat mengaturnya dengan mengklik tab “Nama”. klasifikasi lama, yang perlu Anda lakukan adalah kembali ke tab “Kelompokkan menurut” dan pilih “Tanggal Dimodifikasi” lagi. Jika Anda ingin file diatur sesuai dengan tanggal mereka diunduh atau dibuat, lalu pilih “Tanggal Diambil” atau “Tanggal Dibuat.”

Cara Mengatur Dokumen Anda di File Explorer

Ada berbagai cara untuk mengatur dokumen Anda di File Explorer. Anda harus memilih klasifikasi yang paling sesuai untuk Anda, dan itu akan membantu Anda menemukan dokumen Anda dengan cepat. Kategori klasifikasi file yang tersedia mencakup tanggal terakhir diubah, jenis file, dan ukurannya.

Cara termudah untuk mengatur semua file Anda adalah dengan membuka tab “Kelompokkan menurut” di pita atas. Di sana, Anda akan melihat kategori berikut: nama, tanggal, jenis, ukuran, tag, tanggal dibuat, tanggal diubah, tanggal pengambilan, dimensi, peringkat, panjang, dan (tidak ada). Anda juga dapat memilih apakah file akan ditampilkan dalam urutan menaik dan menurun di setiap kategori (misalnya, tanggal terlama ke tanggal terbaru atau sebaliknya).

Satu cara lagi untuk mengatur dokumen Anda di File Explorer adalah dengan mengklik “Nama” tab di atas dokumen pertama. Dengan mengkliknya sekali, Anda akan mengaturnya dalam urutan A-ke-Z, dan dengan mengkliknya untuk kedua kalinya, Anda akan mendapatkan kebalikannya – urutan Z-ke-A.

Anda juga dapat memilih jenis informasi lain yang akan ditampilkan di sebelah nama. Ini dapat dicapai dengan mengklik kanan pada “tab Nama.” Anda dapat menyertakan status, jenis, judul, penulis, tanggal pembuatan, ukuran, kategori, tag, dan sejenisnya. Jika Anda mengklik opsi “Lainnya …”, Anda akan dibawa ke jendela baru dengan semua jenis detail. Bahkan lebar setiap kolom dapat diubah.

Jadikan File Explorer Anda Dapat Diakses

Pengelolaan dan pengaturan semua file dan dokumen Anda di File Explorer mungkin tidak penting bagi semua orang. Tetapi bagi mereka yang ingin memiliki desktop yang terorganisir dan gambaran umum spesifik dari semua file mereka, mengetahui cara mengurutkan File Explorer Anda dapat membuat perbedaan besar. Itulah mengapa penting untuk mengetahui cara menghapus detail yang tidak perlu dari File Explorer Anda.

Pernahkah Anda menghapus “Hari ini”, “Kemarin”, dan grup garis waktu lainnya dari File Explorer Anda sebelumnya? Apakah Anda mengatur semua dokumen Anda dengan cara lain? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: