Cara Menghapus Izin Akses Bersama untuk Seseorang di File Excel

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneMacWindowsOffice 365Perangkat Hilang?
Pada titik tertentu, Anda mungkin ingin mencabut akses pengguna lain ke file Excel Anda. Excel memberi Anda opsi untuk berhenti membagikan buku kerja Anda kapan pun. Anda dapat menghapus akses setiap pengguna secara manual atau menghapus izin semua orang sekaligus.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara menghapus izin berbagi di Excel di berbagai perangkat.

Cara Menghapus Izin di Excel di PC

Cara termudah dan tercepat untuk menghapus atau mengubah akses terbatas pada Excel di komputer. Saat Anda mengerjakan buku kerja Excel, Anda memiliki opsi untuk membagikannya dengan pengguna lain melalui OneDrive. Saat Anda ingin membatasi izin seseorang untuk mengakses file Excel, inilah yang Anda lakukan:
Luncurkan Excel di desktop Anda. Klik tab “File” di sudut kiri atas layar. Pilih “Open” lalu “OneDrive – Pribadi.” Temukan buku kerja Excel dan buka. Catatan: Buku kerja yang Anda buka di Excel harus memiliki kata “[Dibagikan]” di judulnya. Buka tombol “Bagikan” di sisi kanan atas Excel, atau klik pada tab “File” di menu atas dan lanjutkan ke “Bagikan” di bilah sisi kiri. Temukan pengguna yang akses bersamanya ingin Anda hapus di panel kanan. Klik kanan pada pengguna dan pilih “Hapus Pengguna” dari menu drop-down. Lanjutkan ke tab “Review” di bagian atas layar. Klik tombol “Share Workbook (Legacy)”. Ini akan membuka jendela baru. Hapus centang pada kotak “Izinkan perubahan oleh lebih dari satu pengguna pada waktu yang sama”. Pilih “OK.” Setelah Anda mengikuti langkah-langkah ini, siapa pun yang memiliki izin untuk mengakses file Excel Anda akan dihapus . Cara lain untuk menghapus akses terbatas di Excel adalah dengan memilih opsi “Ubah Izin” pada bilah kuning di bagian atas buku kerja. Perhatikan bahwa Anda hanya dapat membatasi akses ke file Excel jika Andalah yang membuatnya.

Perlu diingat bahwa metode ini tidak berlaku untuk versi Excel terbaru, di mana fitur “Bagikan Buku Kerja” tidak tersedia di tab “Tinjau”. Sebagai gantinya, Microsoft telah memperkenalkan fitur berbagi baru yang disebut co-authoring.

Jika Anda menggunakan Excel 365, dan Anda ingin memulihkan fitur berbagi ke Bilah Alat Akses Cepat, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka “File” di bagian atas- sudut kiri layar dan pilih “Opsi.” Pilih “Bilah Alat Akses Cepat” pada menu tarik-turun. Di bawah “Pilih perintah dari,” pilih “Semua perintah.” Temukan “Bagikan Buku Kerja (Legacy)” pada daftar dan klik pada tombol “Tambah” di samping. Ulangi langkah yang sama untuk “Lacak Perubahan (Legacy),” “Lindungi Berbagi (Legacy),” dan “Bandingkan dan Gabungkan Buku Kerja.” Pilih “OK.”
Sekarang Anda memiliki ” Bagikan Buku Kerja”, Anda dapat memberi orang lain akses ke buku kerja Excel Anda dan menghapusnya juga. Jika Anda menggunakan versi Excel terbaru, sebaiknya gunakan fitur penulisan bersama daripada fitur berbagi, karena lebih mudah dan nyaman digunakan.

Cara Menghapus Izin di Excel 365 Melalui Browser

Jika Anda mau menggunakan versi online Excel 365, Anda masih bisa menghapus izin melalui OneDrive.
Buka OneDrive di browser Anda.Masuk ke akun OneDrive Anda.Klik file atau folder Excel yang ingin Anda hentikan berbaginya.Navigasikan ke “i” ikon di sudut kanan atas browser.Catatan: Tombol informasi “i” hanya akan muncul setelah Anda memilih satu atau lebih dokumen. Buka “Kelola Akses” pada bilah “Detail”. Temukan pengguna yang akses bersamanya Anda ingin dihapus.Klik panah ke bawah di sebelah nama mereka dan pilih “Berhenti berbagi”.Konfirmasi bahwa Anda ingin menghapusnya.
Ketika Anda membuka bagian “Kelola Akses”, Anda akan dapat melihat tiga jenis ikon – untuk orang, tautan, dan email. Ini menandakan apakah Anda telah membagikan file Excel Anda dengan pengguna OneDrive lainnya, melalui tautan, atau email. Selain menghapus akses bersama untuk file Excel, Anda juga dapat mengatur kata sandi dan kedaluwarsa tautan. Semua ini dapat dilakukan dengan fitur “Edit tautan halaman”.

Cara Menghapus Izin di Excel pada iPhone

Anda juga memiliki opsi untuk menghapus atau mengubah akses bersama di Excel pada aplikasi seluler. Inilah cara Anda melakukannya di iPhone:
Buka aplikasi Excel di iPhone Anda. Pilih “Buka” di sudut kanan bawah aplikasi. Lanjutkan ke opsi “Satu Drive – Pribadi”. Temukan dokumen bersama dan ketuk itu.Pilih ikon bagikan di sudut kanan atas dokumen.Pilih “Dibagikan Dengan” dari menu tarik-turun.Temukan orang yang ingin Anda hapus dan ketuk namanya.Pilih “Hapus.”
Itu saja adalah untuk itu. Jika Anda ingin menghapus lebih banyak pengguna sekaligus, Anda harus mengulangi proses ini untuk setiap pengguna. Pastikan Anda memiliki koneksi internet saat Anda menghapus akses bersama dari pengguna lain di Excel. Anda juga harus masuk ke akun Microsoft Anda untuk melakukan ini.

Cara Menghapus Izin di Excel di Perangkat Android

Jika Anda pengguna Android, proses menghapus atau mengubah akses bersama ke file Excel kurang lebih serupa . Begini caranya:
Buka aplikasi Excel di Android Anda. Lanjutkan ke “Buka buku kerja lain” di bilah sisi kanan. Catatan: Jika Anda langsung dibawa ke dokumen lain (yang terakhir Anda lihat), Anda perlu mengetuk tombol “ File” terlebih dahulu. Setelah itu, buka bagian “Buka” di bilah sisi. Pilih “OneDrive – Pribadi” pada daftar opsi. Temukan dokumen bersama yang ingin Anda batasi aksesnya. Lanjutkan ke ikon “Bagikan” di sudut kanan atas dari layar. Ketuk “Kelola” dan kemudian pergi ke “Mengedit.” Temukan orang yang ingin Anda hapus dan ketuk panah tarik-turun. Pilih “Berhenti Berbagi.”
Melakukan ini akan segera menghapus pengguna dari dokumen bersama .

Cara Menghapus Izin di Excel di iPad

Beberapa pengguna Excel lebih suka bekerja di iPad karena layarnya lebih besar dan lebih mudah diakses. Jika Anda ingin menghapus akses bersama dari pengguna lain di Excel di iPad, inilah yang perlu Anda lakukan:
Menjalankan aplikasi Excel di iPad Anda. Arahkan ke tab “Buka” di sudut kiri bawah. Pilih “OneDrive – Pribadi .”Temukan dokumen yang ingin Anda hapus akses bersamanya.Buka ikon orang di sudut kanan atas layar.Lanjutkan ke “Berbagi Dengan.”Temukan pengguna yang ingin Anda hapus dari file ini.Ketuk di nama pengguna mereka dan pilih “Hapus.”
Anda telah berhasil menghapus akses bersama dari seseorang di Excel di iPad Anda. Setelah Anda berhenti berbagi file, Anda dapat mengeditnya dengan cara apa pun yang Anda inginkan.

Kembalikan Kepemilikan File Anda di Excel

Berbagi buku kerja Excel Anda dengan pengguna lain bisa sangat berguna saat Anda perlu mengerjakan proyek bersama. Namun, ketika Anda tidak lagi membutuhkan masukan dari rekan kerja Anda, atau ketika Anda sudah selesai melakukannya, Anda dapat mencabut akses mereka ke file tersebut. Meskipun Anda dapat menggunakan berbagai perangkat untuk melakukan ini, jika Anda menggunakan Excel di desktop, Anda akan dapat menghapus akses bersama dari setiap pengguna, serta seluruh tim sekaligus.

Pernahkah Anda menghapus akses bersama dari seseorang di file excel sebelumnya? Perangkat mana yang Anda gunakan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: