Cara Menghapus Obrolan Perselisihan

Kemampuan untuk menghapus obrolan Discord adalah salah satu fitur platform yang paling banyak diminta. Namun setelah bertahun-tahun permintaan, kami masih tidak memiliki kemampuan untuk menghapus obrolan lama dengan mudah atau menghapus secara massal yang lebih baru. Ada beberapa opsi dan saya akan memandu Anda melaluinya.

Jika Anda mengelola saluran Discord, housekeeping adalah salah satu tugas inti Anda. Anda dapat melakukannya secara manual atau menggunakan bot untuk membantu. Jika tidak ada yang berhasil, Anda dapat mengkloning saluran Anda dan menutup yang lama.

Hapus Obrolan Discord Secara Manual

Ini jelas merupakan cara yang panjang dan membosankan untuk menghapus obrolan Discord. Itu memang memberi Anda lebih banyak kontrol atas apa yang dihapus. Jika Anda memiliki beberapa obrolan berguna yang ingin Anda simpan lebih lama, penghapusan manual akan berguna.

Kiat teratas untuk menghapus obrolan secara manual adalah dengan menahan Shift saat Anda melakukannya karena ini akan melewati kotak konfirmasi mengganggu yang muncul setiap kali Anda menghapus.

Inilah yang dapat Anda lakukan untuk menghapus obrolan menggunakan proses penghapusan bawaan di Discord.
Navigasi ke Saluran yang ingin Anda hapus.Arahkan kursor ke setiap pesan sambil menahan tombol Shift.Klik ikon tempat sampah merah untuk menghapus pesan.
Discord tidak akan meminta konfirmasi apa pun bahwa Anda ingin menghapus obrolan, pesan akan langsung menghilang. Sebaiknya mulai dari atas jika Anda akan menggunakan metode ini. Karena pesan berikutnya akan segera menggantikannya, Anda dapat menghemat banyak waktu dengan menjaga kursor di satu posisi, menggunakan tombol Shift, dan mengklik ikon tempat sampah.
Hapus Discord chat dengan bot

Sejauh ini cara termudah untuk membersihkan Anda saluran adalah dengan menggunakan bot. Ada bot untuk segala sesuatu di Discord dan tugas-tugas rumah tangga seperti ini adalah cara klasik untuk menggunakannya. Ada beberapa chatbot tetapi yang paling umum adalah menggunakan Bot Mee6.

Untuk menambahkan bot ke Discord, Anda harus menjadi Administrator atau memiliki izin Kelola Server di peran Anda. Jika tidak, Anda tidak akan dapat menambahkan bot apa pun. Untuk memeriksa apakah Anda memiliki izin, lakukan ini:
Step 1

Pilih server yang akan ditambahkan bot.
Step 2

Pilih Pengaturan Server dari menu di sebelah kanan (panah di sebelah kanan nama Server Anda).
Step 3

Pilih Peran dan pastikan Administrator atau Kelola Server diaktifkan.

Jika Anda tidak melihat Pengaturan Server atau tidak dapat mengaktifkan Administrator atau Kelola Server, Anda tidak memiliki izin yang memadai dan perlu berbicara dengan pemilik server. Jika Anda memiliki izin dan salah satu pengaturan tersebut diaktifkan, Anda dapat menambahkan bot.

Menambahkan Bot

Untuk tujuan artikel ini, kami akan menggunakan bot Mee6. Bot serbaguna dan tepercaya ini dapat digunakan untuk melakukan banyak tugas administratif di Discord. Termasuk, menghapus obrolan.

Untuk menambahkan bot, lakukan ini:
Langkah 1

Buka situs web ini dan pilih Tambahkan ke Perselisihan. Biarkan halaman tetap terbuka.
Langkah 2

Otorisasi bot di saluran Anda.
Langkah 3

Pilih server yang ingin Anda hapus.
Langkah 4

Otorisasi bot untuk server itu.
Langkah 5

Kembali ke halaman web MEE6.
Langkah 6

Pilih bot ke server yang baru saja Anda tambahkan di pojok kanan atas jika belum, klik opsi ‘Moderator’ dan pilih ‘Ya’ saat diminta.
Step 7

Kembali ke server Anda dan ketik ‘!clear’, ‘!Clear10’, ‘! Clear100’ atau apa pun yang paling cocok.

Anda juga dapat menghapus obrolan dari individu jika perlu. Ini berguna jika seseorang telah berubah menjadi racun atau memiliki kata-kata kasar yang tidak ingin dilihat siapa pun. Gunakan perintah ‘!clear @NAME’ untuk menghapus ratusan pesan sebelumnya dari pengguna yang namanya Anda ganti dengan NAME.

Ada bot lain yang dapat membersihkan obrolan. Bot lain yang bermanfaat dan populer adalah CleanChat. Ini bekerja dengan cara yang hampir sama. Dengan cara itu Anda menyimpan pengguna dan pengaturan utama Anda tetapi menyingkirkan riwayat obrolan dan kekacauan. Ini adalah cara yang berbelit-belit untuk membersihkan obrolan tetapi berhasil. Anda dapat secara manual mengkloning server Anda atau menggunakan bot.

Untuk mengkloning server secara manual lakukan ini:
Pilih server yang ingin Anda klon di Discord.Klik kanan dan pilih Clone.Name atau ganti nama klon.Hapus yang asli.
Anda dapat menggunakan bot untuk melakukan ini juga jika Anda mau. Ada beberapa dari mereka di sekitar yang akan mengkloning server. DiscordServerCloner di GitHub telah direkomendasikan beberapa kali, seperti halnya Cloner. Kedua bot akan menyimpan salinan server Anda agar Anda dapat memulihkannya seperti yang diperlukan.

Apa pun metode yang Anda gunakan, Anda perlu menambahkan kembali bot apa pun yang Anda miliki di server asli, tetapi yang lainnya harus sesuai keinginan Anda.

Dari semua ini, bot penghapus obrolan mungkin yang paling mudah. Mereka terbatas karena mereka hanya dapat menghapus obrolan dari 14 hari sebelumnya tetapi melakukan pekerjaan singkat untuk menyelesaikan obrolan dan pembersihan umum. Jika Anda cukup beruntung memiliki server yang hidup, saya sangat merekomendasikan untuk memiliki salah satu bot ini.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang memoderasi obrolan Discord, kami memiliki jawabannya di sini!
Dapatkah saya menghapus seseorang dari server?

Jika Anda seorang administrator, Anda mungkin perlu melarang atau menendang seseorang yang secara konsisten melanggar standar Server Anda. Dengan mengunjungi profil pelanggar, Anda dapat mengklik opsi untuk memblokir orang itu.

Dapatkah saya memiliki beberapa Bot di satu server?

Tentu saja! Bot memudahkan untuk menyesuaikan dan mengelola server Anda di Discord. Anda dapat menambahkan beberapa, masing-masing dengan peran dan tugas yang berbeda, untuk pengalaman yang lebih lancar.

Dapatkah saya menghapus hanya satu pesan?

Ya, cari pesan dan klik tiga garis horizontal ke kanan. Pilih ‘Hapus Pesan’ dan itu akan hilang.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: