Cara Menghapus OneDrive Dari File Explorer

Windows 10 memiliki OneDrive yang sudah diinstal sebelumnya, tetapi jika Anda tidak ingin menggunakannya, ada berbagai cara untuk menonaktifkannya terlebih dahulu, lalu menghapus layanan cloud ini. Metode yang Anda gunakan untuk melakukannya sangat bergantung pada iterasi Windows 10 yang Anda gunakan, dan beberapa tindakan lebih sederhana daripada yang lain. Namun, Anda tidak perlu sangat paham teknologi untuk berhasil menyingkirkan OneDrive.

Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini, dan Anda akan menyelesaikan tindakan secara efisien.

Cara Menghapus OneDrive Dari File Explorer

Jika Anda menginstal Creators Perbarui, OneDrive terinstal seperti program lain di Windows. Namun, itu hanya berlaku untuk edisi Windows 10 Home. Jika Anda menggunakannya, lakukan tindakan berikut.
Buka Control Panel dan pilih “Programs. “Pilih” Hapus Instalasi Program atau Pengaturan. “Klik “Aplikasi,” lalu “Aplikasi & Fitur,” dan OneDrive akan muncul dalam daftar. Sorot OneDrive dan pilih “Copot pemasangan.”
Layanan cloud akan segera dihapus, dan pemberitahuan ikon daerah menghilang. Namun, itu akan tetap ada di File Explorer, meskipun foldernya kosong.

Untuk menghapusnya, Anda perlu menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal, yang agak lebih sulit digunakan. Tetapi seharusnya tidak ada masalah jika Anda mengikuti langkah-langkah di bagian di bawah ini.

Menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal

Metode ini seperti ekstensi bagi mereka yang menggunakan Windows 10 Home. Tetapi mereka yang tidak menggunakan edisi Beranda harus tetap menggunakan Editor Kebijakan Grup. Dan metode ini berlaku untuk:
Windows 10 EnterpriseWindows 10 EducationWindows 10 Professional
Perhatikan bahwa Editor adalah alat yang ampuh, dan jika Anda menggunakan perangkat perusahaan, Anda harus berkonsultasi dengan admin apakah Anda dapat melakukannya. Terkadang ada kebijakan grup yang mungkin mengesampingkan permintaan Anda untuk menghapus OneDrive.

Begitu mungkin, inilah yang harus dilakukan.
Klik Mulai, dan tulis “gpedit.misc”, lalu tekan “Enter. “Editor Kebijakan Grup Lokal muncul, dan Anda akan melihat Konfigurasi Komputer di panel kiri. Pilih “Konfigurasi Komputer,” lalu “Templat Administratif.” Klik “Komponen Windows” dan pilih “OneDrive.” Arahkan ke “Mencegah penggunaan OneDrive untuk penyimpanan file” dan “Aktifkan” opsi.Klik “OK” untuk mengonfirmasi.
Melakukan yang menonaktifkan OneDrive dan menghapusnya dari File Explorer Anda. Itu berarti pengguna tidak dapat meluncurkan layanan atau bahkan mengaksesnya.

Perhatikan bahwa Anda juga tidak akan dapat mengakses OneDrive dari Windows Store. Dan Anda tidak dapat mengunggah gambar ke sana menggunakan fitur kamera.
Catatan Penting
Seperti yang disebutkan, dengan metode di atas, Anda tidak perlu menghapus instalasi OneDrive dari Pengaturan atau Panel Kontrol karena folder akan tetap berada di File Explorer.

Namun, terkadang folder folder mungkin muncul bahkan ketika Anda menggunakan metode kebijakan grup. Ketika itu terjadi, Anda harus masuk ke folder sistem dan menginstal ulang OneDrive untuk membuat folder tersebut menghilang.

Untuk mengembalikan perubahan, lakukan hal berikut:
Buka Editor Kebijakan Grup Lokal. Arahkan ke OneDrive di panel kiri dan pilih. Di bawah “Mencegah penggunaan OneDrive untuk penyimpanan file,” klik “Tidak Dikonfigurasi.”
Terakhir, Windows 10 tidak menampilkan pengaturan registri DisableFileSync dan DisableFileSyncNGSC. Ini bekerja dengan Windows 8.1, tetapi mereka tidak ada di Windows 10.

Metode Alternatif

Seperti yang dibahas, pengguna Windows 10 Home cukup menghapus OneDrive, tetapi menghapus folder dari File Explorer membutuhkan lebih banyak pekerjaan. Dan alih-alih menggunakan Editor Kebijakan Grup untuk menghilangkannya, Anda dapat mengedit registry.

Untuk menekankan, metode alternatif ini untuk Windows 10 Home. Iterasi Pro dan Perusahaan dari perangkat lunak berfungsi paling baik dengan metode Editor Kebijakan Grup.
Klik Mulai dan ketik “regedit” untuk mengakses Editor Registri. Tekan “Enter” dan berikan izin editor untuk mengubah pengaturan. Buka bilah sisi kiri dan temukan yang berikut ini key.HKEY_CLASSES_ROOTCLSID{018D5C66-4533-4307-9B53-224DE2ED1FE6}Temukan System.IsPinnedToNameSpaceTree di panel kanan dan klik dua kali. Atur Value Data ke nol dan pilih “OK” untuk konfirmasi.
64-Bit Windows – Langkah Tambahan

Selain dari apa yang sudah dibahas, Windows 10 64-bit perlu mengambil beberapa langkah tambahan.
Buka kunci berikut di bilah sisi kiri.HKEY_CLASSES_ROOTWow6432NodeCLSID{018D5C66-4533-4307-9B53-224DE2ED1FE6}Temukan Sistem. IsPinnedToNameSpaceTree, ada di panel kanan. Di bawah Value Data, setel nilai ke nol dan konfirmasikan perubahan.
Setelah itu, OneDrive segera dihapus dari File Explorer. Jika tindakan tidak berhasil, reboot PC Anda, dan PC Anda akan hilang.

Cara Menginstal Ulang OneDrive

Anda mungkin ingin menginstal ulang layanan cloud di masa mendatang. Tetapi bagaimana Anda melakukannya karena aplikasi hilang dari komputer Anda dan Windows Store?

Anda perlu melakukan penggalian dan menemukan aplikasi di ceruk jauh folder sistem. Namun, penginstalan ulang tidak serumit kelihatannya, meskipun langkahnya sedikit berbeda untuk perangkat lunak versi 32- dan 64-bit.

Windows 10 32-Bit
Buka C:WindowsSystem32.Find OneDriveSetup.exe dan double- klik di atasnya.Instalasi otomatis, dan Anda hanya perlu mengikuti wizard di layar.
Windows 10 64-Bit
Navigasi ke C:WindowsSysWOW64Klik dua kali file OneDrive .exe dan ikuti wizard penginstalan.
Catatan: Apapun dari versi Windows 10, Anda mungkin perlu me-restart PC agar perubahan diterapkan.

Cara Membatalkan Tautan OneDrive?

Membatalkan tautan OneDrive tidak mengakibatkan hilangnya file, dan ternyata sangat mudah dilakukan.
Buka bilah menu atau bilah tugas dan pilih ikon OneDrive (berwarna biru atau putih). Klik Help&Settings, lalu pilih Settings. Di bawah Account, pilih “Unlink this PC,” lalu klik “Unlink Account.”
OneDrive Be Gone

Ya, dibutuhkan beberapa langkah untuk menghapus sepenuhnya OneDrive dari komputer Anda. Di dunia yang ideal, Anda dapat menyelesaikan aksi hanya dalam beberapa langkah. Tetapi dengan begitu banyak versi Windows yang berbeda, tidak mengherankan bahwa tindakannya bisa sangat rumit.

Namun demikian, artikel ini telah memberi Anda metode yang telah dicoba dan diuji untuk menghapus layanan cloud dari komputer Anda. Dan jangan mencoba salah satu peretasan yang mungkin Anda lihat diiklankan secara online. Ini mungkin membuka pintu untuk malware dan jarang melakukan apa yang mereka janjikan.

Apakah Anda menggunakan OneDrive? Apa layanan cloud favorit Anda?

Beri tahu kami selengkapnya di bagian komentar di bawah.

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: